1

Dapodik 2014 Belum Rilis, Gambaran Versi Terbaru Lebih Menyulitkan Operator Sekolah (+3)

Hendra Darmawan August 5, 2014

dapodik 2014

Untuk semua operator sekolah masih ingat bahwa pengisian Data Dapodik 2013 mengalami banyak kendala, seperti :

  1. Pengisian Data Peserta didik yang tidak bisa Import dari Excel
  2. Pengisian Data Periodik Peserta Didik yang begitu banyak dan melelahkan
  3. Setiap Tahun Pelajaran baru harus ganti versi aplikasi, serta memperbaharui data-data tambahan Peserta Didik Maupun PTK
  4. Aplikasi Data Dapodik yang terasa berat dan lambat juga menghambat kerja Operator Sekolah
  5. Sinkronisasi yang sering mengalami gangguan akibat server dapodik down karena lonjakan trafic user.
  6. Dualisme sinkronisasi yang tidak saling terkait antara sinkronisasi online dengan sinkronisasi data BSD yang melalui tahapan masuk data ke dinas terlebih dahulu.
  7. Data prefill yang disediakan di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id tidak selalu terupdate dan terkadang tidak bisa didownload.

Pada Aplikasi Dapodik 2014, operator sekolah mungkin akan mengalami hal yang sama pada Dapodik 2013 atau bahkan mengalami kendala tambahan. Hal tersebut dikarenakan di Dapodik 2014 mempunyai fitur sebagai berikut :

  1. NISN Peserta didik hanya akan bisa diinput sekali pada saat pertama kali pengisian data, selanjutnya NISN akan dikunci dan tidak dapat di edit kembali.
  2. Untuk semester 2 pada aplikasi baru tersebut akan ditambahkan menu Pengisian Nilai Raport dan Nilai UN.
  3. Jika terjadi kesalahan dalam input data seperti NISN, maka cara memperbaikinya adalah dengan melakukan verval di website sdm.data.kemdikbud.go.id
  4. Dan mungkin masih banyak lagi.

Yang menjadi pertanyaan kita adalah mengapa setiap ada versi terbaru aplikasi Dapodik bukan semakin membuat mudah (user friendly) malah membuat operator sekolah menjadi galau. Tidak heran karena kebanyakan operator sekolah mempunyai kemampuan komputer sebatas penggunaan aplikasi dan office. Maka jangan heran jika terjadi suatu masalah kantor dinas setempat akan ramai dengan operator sekolah yang berbondong-bondong mencari solusi aplikasi yang mengalami kendala, karena mereka terdesak dengan deadline pengisian data terutama dari guru-guru yang bersertifikasi. Belum lagi kekhawatiran kesalahan input data guru yang berimbas pada tidak cair nya tunjangan sertifikasi.

Data Dapodik memang memiliki tujuan baik sebagai aplikasi manajemen data pendidikan yang terintegrasi, namun setidaknya dapat dibuat dengan sebaik mungkin dan semudah mungkin. Jangan buat operator sekolah menjerit, sudah honor kecil, dimarahin, dikejar-kejar, status honorer bahkan ada yang tidak diberikan honor.

Bagi operator sekolah yang ingin mendownload aplikasi terbaru Dapodik 2014, selalu cek secara rutin website resmi dapo.dikdas.kemdikbud.go.id Karena sampai hari ini penulis belum melihat ada tanda-tanda kelahiran aplikasi Dapodik 2014.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar