3

Daftarkan Sekolah Anda untuk Mengikuti Acer Smart School Awards 2021! (0)

Pengelola Guraru August 16, 2021

Acer for Education hadir untuk mendukung pendidikan di Indonesia dengan solusi ekosistem pendidikan, baik secara online, tatap muka, maupun hybrid yang dilatarbelakangi inovasi teknologi dalam pendidikan dan mendukung program pemerintah Merdeka Belajar. 

Oleh karena itu, Acer for Education menghadirkan Acer Smart School Awards 2021 sebagai dukungan untuk dunia pendidikan di Indonesia dan membantu sekolah agar siap menerapkan sistem pembelajaran digital dalam menghadapi era Edukasi 5.0. 

Penghargaan ini dapat diikuti oleh sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di seluruh provinsi di Indonesia yang telah menerapkan prinsip smart school dengan pendaftaran secara gratis selama tanggal 12 – 14 September 2021.

Setelah melakukan registrasi secara benar, peserta diundang untuk mengikuti pelatihan workshop pembekalan pada tanggal 16 September 2021 untuk membuat proposal. Setelah melalui workshop, juri akan melakukan proses seleksi dan yang lolos akan diundang untuk mempresentasikan proposal tersebut secara daring pada tanggal 7 Desember 2021.

Kategori Pemenang dan Hadiah

Pemenang akan dipilih berdasarkan tiga kategori yaitu Smart School of The Year, Kepala Sekolah Inspiratif dan Guru Kreatif untuk setiap institusi tingkat sekolah. Berikut hadiah untuk setiap kategori tersebut:

  1. Kategori Smart School of The Year (satu pemenang institusi untuk masing-masing tingkat sekolah) mendapatkan satu paket Kelas Digital senilai hingga +/- 100 juta rupiah.
  2. Kategori Kepala Sekolah Inspiratif (satu pemenang institusi untuk masing-masing tingkat sekolah) mendapatkan 1 unit laptop dan uang tunai dengan total hadiah senilai +/- 25 juta rupiah.
  3. Kategori Guru Kreatif (satu pemenang institusi untuk masing-masing tingkat sekolah) mendapatkan 1 unit laptop dan uang tunai dengan total hadiah senilai +/- 10 juta rupiah.

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 Desember 2021 melalui website acerforeducation.id/schoolawards, Facebook @Acer.Indonesia, Instagram @acerid, Twitter @acerID dan LinkedIn PT. Acer Indonesia. Sementara untuk penyerahan penghargaan diadakan bulan Januari 2022 (tanggal dan waktu akan diinfokan lebih lanjut kepada pemenang).

Persyaratan Mengikuti Acer Smart School Awards 2021

Terdapat tiga persyaratan untuk sekolah Anda agar bisa mengikuti Acer Smart School Awards 2021 ini, yaitu:

  1. Sekolah sudah terdaftar di DAPOPIK (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud.
  2. Sekolah sudah mengadopsi pembelajaran digital sebelum pandemi COVID-19.
  3. Sekolah sudah menerapkan model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi.

Kriteria Penilaian untuk Sekolah

Lalu, bagaimana panitia Acer Smart School Awards memilih sekolah SD, SMP, SMA dan SMK yang berhak memenangkan penghargaan ini? Berikut kriterinya:

  1. Kepemimpinan

Memiliki nilai e-leadership (kepemimpinan berbasis digital) dengan melihat sejauh mana pemimpin sekolah memiliki visi dan misi yang jelas serta strategis dalam menerapkan teknologi di sekolah hingga berdampak kepada siswa, staf, guru, yayasan dan masyarakat luas.

  1. Kurikulum dan sumber daya pembelajaran 

Melihat bagaimana teknologi diposisikan untuk mendukung tujuan kurikulum sekolah dan diimplementasikan secara efektif. Termasuk merencanakan dan integrasi lintas kurikulum  hingga pertimbangan teknologi melalui sekolah dan perencanaan yang tepat.

  1. Guru dan pengajaran 

Melihat integrasi teknologi, praktik dan pengembangan pembelajaran bagi siswa dengan memastikan dampaknya pada hasil kerja siswa, pengembangan keterampilan guru dan dorongan memperluas penerapan metode pembelajaran.

  1. Siswa dan orang tua 

Peran sekolah dalam mempertimbangkan keselamatan dan perlindungan siswa dan keluarganya, selain itu juga mempromosikan dan mendukung keterlibatan orang tua yang lebih besar.

  1. Evaluasi dan pengembangan kemampuan siswa 

Melihat bagaimana sekolah memastikan dan menilai kemampuan TIK siswa hingga menggunakan dan terlibat dalam memanfaatkan teknologi. Serta peran teknologi dalam proses penilaian, pelaporan dan pengawasan sekolah.

  1. Manajemen dan aturan operasional

Melihat bagaimana sekolah memiliki pandangan luas dan terkoordinasi dalam menggunakan teknologi di sekolah. Selain itu, memahami dan meminimalisir risiko dan keamanan dalam penggunaan data dengan dukungan teknis yang efektif kepada sekolah, guru, siswa dan orang tua.

Ayo daftar sekarang di acerforeducation.id/schoolawards! Saatnya tunjukkan sekolah Anda berkompeten dalam menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi di Acer Smart School Awards 2021!

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar