13

Contoh Project Based Learning Untuk Matematika (+7)

Bu Etna @gurutematik April 4, 2014

Selamat Sore Guraru. Insya Allah kita selalu sehat wal afiat. Beberapa hari ini beberapa sahabat menyatakan masih sedang mencari ide PBL. Dalam respon artikel juga terungkap bahwa tampaknya PBL untuk matematika agak sulit daripada IPA dan IPS. Oleh sebab itu, berikut saya sematkan video pembelajaran berbasis proyek untuk mata matematika. Insya Allah contoh ini dapat menginspirasi Guraru.

Pada artikel terdahulu saya telah menguraikan bahwa dari beberapa artikel tentang PBL dinyatakan adanya 3 langkah dasar PBL sebagai ciri khas. Tanpa ketiga langkah atau tak lengkapnya langkah dasar tersebut, maka pembelajaran yang bersangkutan tentulah tak dapat digolongkan sebagai PBL. Oleh sebab itu, dalam beberapa artikel saya selalu menekankan 3 langkah dasar yang harus dilaksanakan meliputi:

1. Kegiatan awal merumuskan masalah proyek

2. Perencanaan dan pelaksanaan proyek

3. Pelaporan tertulis dan presentasi

Guraru, untuk menerapkan 3 langkah dasar tersebut, bukan berarti PBL yang Guraru programkan harus ideal sekali. Tidak, bukan begitu. Insya Allah Guraru yang telah membaca artikel dan contoh PBL siswa saya atau siswa guru lain yang telah saya posting dapat memahami hal tersebut. Bagaimanapun bagi pemula, PBL dapat dilaksanakan secara bertahap, namun tetap mengikuti 3 langkah dasar. Proyek dapat dilaksanakan di kelas, siswa bekerja kelompok melakukan kerja praktik. Misal investigasi sederhana.

Pada abad ke 21 ini, seluruh dunia sedang menerapkan PBL. Bahkan tak hanya di lingkungan pendidikan sekolah dasar dan menengah saja. PBL diterapkan juga pada pendidikan tinggi hingga strata 3 (S3). Tak hanya itu, beberapa departemen, pendidikan dan pelatihannya juga menggunakan PBL.

PBL ternyata terdiri atas Project Based Learning dan Problem Based Learning. Di perguruan tinggi dunia, Project BL selalu diikuti dengan test yang sesuai, yaitu Problem BL. Alasannya, karena proyek sendiri selalu menggunakan problem/masalah yang telah dirumuskan. Maksudnya, soal melibatkan Problems rather than questions. Jadi evaluasi ini menyangkut pemecahan masalah, tak sekedar pertanyaan dengan jawaban singkat, apalagi pilihan berganda. Dari uraian di atas, jelaslah bahwa dengan menerapkan PBL dalam pembelajaran, otomatis proses penalaran akan terjadi sejak kegiatan awal hingga akhir. Ini berarti bahwa PBL mengacu pada HOTS (Higher Order Thinking Skills) rather than LOTS (Lower Order Thinking Skills). Pembelajaran tak sekedar di tingkat C-1 s.d. C3, namun hingga C5 dan C6.

Sebagian anak menyatakan bahwa matematika itu pelajaran yang amat menyenangkan. Mereka mampu berhitung dengan cepat. Kemampuan berhitung ini amat berpengaruh pada pelajaran lain yang melibatkan perhitungan. Oleh sebab itu, matematika dinyatakan sebagai alat pada pembelajaran yang lain. Ini berarti bahwa matematika memang diperlukan. Mengapa sebagian anak menyatakan tak suka matematika? Ini tantangan bagi guru matematika. Ayo Guraru, jawablah tantangan tersebut, salah satunya melalui PBL.

math

Berikut contoh video pembelajaran matematika melalui PBL dari sekolah Indonesia di Kuala Lumpur. Pada video ini siswa berada di kelas, bekerja secara kelompok menemukan nilai pendekatan phi dengan menggunakan jangka sorong. Jangka sorong hanya digunakan untuk mengukur benda.

jangka sorong

Silakan putar video berikut, kemasannya bagus sekali. Diskusi kelompok dan diskusi kelasnya patut dicontoh. Investigasi dalam menemukan nilai pendekatan phi juga asyik. Insya Allah dapat menginspirasi.

 

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (13)

  1. Guraru, postingkan PBLnya. Insya Allah sharing bulan April ini dpt membuat kita meningkatkn layanan bangsa di era baru ini dg pembelajaran era baru. Salah satu Peraru yg sesuai adalah PBL. Insya Allah tema ini membuat kita makin siap menghadapi tantangan dlm layanan bangsa. Salam sukses.

  2. Sama-sama pak Rosid. Belajar terus untuk mengajar itu memang hrs menjadi kebiasaan kita. Guraru adalah guru era baru jadi Insya Allah kita smua di sini selalu belajar utk setiap saat dpt menerapkn pembelajaran era baru. Amin. Sharing dan saling respon itu amat penting utk peningkatan layanan bangsa. Thx dan salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar