7

Contoh mLearning Kimia (+5)

Bu Etna @gurutematik May 24, 2014

Selamat Pagi Guraru. Insya Allah semua sehat wal afiat. Pembelajaran kimia melalui mLearning telah saya laksanakan sejak para siswa ada yang memiliki komputer/laptop di rumahnya dan dapat online atau sebagian bersedia ke warnet. Sebagian dari pengalaman mLearning tersebut saya simpan di blog pribadi, salah satunya http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Mengingat sangat pentingnya dukungan terhadap kelancaran pendidikan abad ke 21, maka fokus terhadap pemikiran, pertimbangan, perencanaan,  bukti penerapan mLearning, dan keberhasilannya amat diperlukan. Oleh sebab itu, sesuai dengan tema bulan pendidikan ini saya melanjutkan pembahasan tentang pengalaman menerapkan mLearning kimia.

Setelah mempelajari dan memanfaatkan mLearning yang terdapat di dunia maya, saya menyadari sangat banyak peningkatan wawasan, keterampilan, dan kemampuan yang saya peroleh dari bervariasinya mLearning  di seluruh dunia. Sungguh luar biasa, mLearning benar-benar mendunia.

Ketika secara khusus saya mencari mLearning kimia, ternyata tak ada kata lain yang patut untuk diucapkan, kecuali Subhanallah. Sebab seluruh materi kimia dan segala permasalahan serta solusinya terdapat di network. Berarti semua informasi yang diperlukan siswa tersedia di internet dan Insya Allah mudah diakses. Masihkah guru menjelaskan teori sebelum siswa mencari dan membaca dari internet? Tak inginkah guru meminta siswa mencari dan menemukan sumber belajar sendiri? Tak lelahkah guru harus berceramah dengan suara yang makin parau dan lemah, sedang siswa banyak yang tak mendengar, tak mengerti, dan tak menghiraukan atau hanya berpura-pura diam menghadap guru? Insya Allah kita tak seperti itu. Marilah kita manfaatkan internet, minimal sebagai sumber belajar.  Kita galakkan mLearning.

Guraru, tugas mLearning yang saya berikan kepada siswa, sebagian telah tertulis di blog pribadi. Berikut salah satu tugas untuk siswa kelas XII IPA tentang penerapan larutan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak makanan, minuman, obat-obatan, dan bahan kebutuhan lain yang berupa larutan. Peranan larutan sungguh sangat penting dalam kehidupan kita. Kita ketahui bahwa larutan terdiri atas pelarut dan zat terlarut. Sebagai pelarut, air tergolong pelarut universal, karena air mampu melarutkan banyak zat. Di alam, sulit dijumpai air yang bersih. Air hujan yang sebenarnya berupa air murni, begitu turun hujan dan melewati udara, maka airpun sambil bergerak turun, melarutkan zat-zat kimia yang ada di udara, debu dan bermacam-macam gas. Sebagai akibatnya, beberapa saat hujan turun, udara makin segar. Kandungan air dalam tubuh kitapun lebih dari 75%. Banyak zat dalam tubuh kita berupa larutan. Tugas kalian adalah:

  1. Carilah artikel yang sesuai dengan peranan larutan, boleh dilakukan dalam kelompok.
  2. Kirimkan intisari dari artikel tersebut dengan menuliskannya dalam Komentar yang tersedia di bawah ini. Lakukan secara mandiri.
  3. Sertakan alamat webnya
  4. Simpulkan dan beri respon.
  5. Paling lambat Sabtu, 23 Juli 2011 jam 23.50.

Selamat Bekerja, sukses selalu.

Dari tugas di atas, berikut saya cantumkan salah satu laporan siswa yang diposting di kolom komentar.

No Komen : 46
Dea Aqmarina G. XII IPA5 (11) :: 23-07-2011 22:22:04

Manfaat dan Bahaya Minuman Isotonik
Minuman isotonik sebenarnya adalah air yang dicampur dengan garam. Tidak heran bila sebagian besar minuman isotonik terasa agak asin. Beberapa penelitian mengatakan meengatakan bahwa garam NaCl yang dilarutkan dengan air secara otomatis akan menghasilkan ion Na dan Cl.
Selain dalam hal rasa, yang membedakan air dengan minuman isotonik adalah beberapa zat yang dikandungnya. zat yang terkandung seperti kalsium, magnesium, natrium dan karbohidrat dipercaya dapat dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang terbuang.

Kita harus mewaspadai minuman isotonik yang kita konsumsi. karena selain memberi manfaat, ternyata minuman isotonik juga memberi potensi bahaya. kandungan garam dalam minuman isotonik yang sedikit akan berubah banyak apabila kita mengonsumsi minuman isotonik dalam jumlah besar. kadar garam yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit hipertensi.

Minuman isotonik yang beredar di pasaran merupakan produk pabrikan secara massal. penggunaan bahan pengawet dalam produksi minuman isotonik juga tampaknya sulit dihindarkan. pengawet yang masuk ke dalam tubuh manusia akan menimbulkan penyakit kerusakan hati.

Kesimpulan: Semua hal memiliki manfaat dan kerugian, tidak terkecuali minuman isotonik. Apalagi bila kita mengonsumsinya secara berlebihan. Alangkah baiknya dalam menggunakan sewajarnya saja.

Sumber: http://www.anneahira.com/minuman-isotonik.html

Ananda Dea menulis tentang minuman isotonik yang sudah populer di masyarakat. Pilihan topiknya amat mengena dan dia juga mengingatkan kepada kita bahwa bagaimana pun, harus berhati-hati dalam mengkonsumsi larutan kesehatan isotonik ini.

Setelah siswa memposting artikelnya, kami mendiskusikannya di kelas. Ternyata sebagian dari mereka telah memiliki blog pribadi dan mereka memposting banyak hal tentang kegiatan sekolah dan lain-lainnya.

Berikut saya sertakan beberapa gambar yang menunjang pembahasan mLearning kimia di atas. Insya Allah menginspirasi.

Gambar 1: Chemistry is all around the world and network. Apa artinya? Seluruh alam semesta dan seisinya adalah kimia dan Alhamdulillah semuanya dapat menjadi sumber belajar digital. Siswa dapat belajar apa saja, di mana saja, kapan saja, tentang apa saja, termasuk praktikum, soal-soal online, SBMPTN, proses industri dll, with all Mobile Devices, including HP. Subhanallah.

mLearning chem 01

Gambar 2: Insya Allah sebagian besar pengalaman Mengajar kimia SMA sejak 1973, kisah pendidikan dalam kehidupan sehari-hari dll telah dan akan terus saya posting di blog pribadi. Kimia terapan yang sejak awal selalu saya terapkan, Learning Cycle (siklus belajar) yang terus saya upayakan dalam pembelajaran hingga peningkatan mLearning kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi bangsa.

Chem mLearning 02 (2)

Gambar 3: Pembelajaran melalui mLearning amat disukai siswa, terutama tugas belajar yang bermanfaat bagi mereka, keluarganya dan seluruh bangsa. Mereka selalu menginginkan dan meminta belajar sesuatu yang bermanfaat untuk hidup lebih baik dalam segala hal. Oleh sebab itu ketika kita mengemas pembelajaran melalui mLearning untuk kimia terapan, mereka amat enjoy, rileks, antusias, dan semangat belajar yang berkobar-kobar.

Atas dasar ini saya selalu berupaya untuk melaksanakan CTL, setiap topik kimia selalu disertai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Air sebagai pelarut universal dan larutan isotonik yang merupakan minuman sehat dibahas dan diterapkan dalam hidup serta disosialisasikan oleh para siswa. Sejak itu mereka selalu membawa air/minuman sehat ke mana saja, termasuk ke sekolah. Saya memperbolehkan minum seteguk hingga 3 teguk saat pembelajaran berlangsung. Manfaatnya sungguh luar biasa. Subhanallah.

air minum 1

Gambar 4: Berkat mLearning para siswa memiliki wawasan yang luas. Alhamdulillah saya banyak belajar dari mereka, Masukan hidup sehat yang harus dijalani sehari-hari dalam belajar kimia terapan sungguh membuat belajar makin bermakna. Mereka membahas berbagai minuman isotonic yang dijual di pasaran dan banyaknya orang yang kurang memperhatikan jumlah/jenis minuman isotinik yang menyehatkan

minuman isotonik

Gambar 5: Siswa juga membahas tentang the, kopi, dan jahe. Mereka juga ada yang langsung survey dan sosialisasi ke keluarga dan masyarakat terdekat. Chemistry is our life yang merupakan slogan kimia internasional telah mereka sadari dan diterapkannya dalam hidup sehari-hari.

teh kopi jahe

Gambar 6: Akhirnya pembahasan sampai kepada gerakan sehat alami, khususnya dalam mengkonsumsi minuman. Air kelapal, lidah buaya, dan jus dari berbagai buah juga tak luput dari pembicaraan. Mereka langsung bergerak melakukan sosialisasi ke masyarakat. Alhamdulillah, kimia terapan memang menyenangkan, mudah, dan bermakna bagi kehidupan, apalagi melalui mLearning.

minuman sehat alami

Gambar 7: Setelah siswa berhasil mengerjakan tugas mLearning, diskusi kelompok dan klasikal selalu kami laksanakan. Mereka menyatukan pendapat, sharing mind map yang juga selalu dibuatnya secara mandiri. Mereka menyatakan amat menyukai kimia dan mereka membuktikannya dengan nilai kimia yang tinggi. Semua siswa di kelas ini kuliah dan sebagian dari mereka kuliah di bidang kimia, baik kedokteran, farmasi, teknik, ilmu gizi, kimia murni, dan pendidikan kimia. Alhamdulillah.

mLearning chem 03

 

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (7)

  1. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Saya berikan VOTE +1. Contoh yang bunda sharingkan ini dapat menjadi inspirasi kepada para guraru dalam memanfaatkan m-learning untuk pembelajaran. Oh ya, saya suka dengan foto bunda yang terakhir itu bun pas ngajar. Kalau fotonya dipisah mungkin lebih bagus, lebih besar dan jelas bun. Salam sehat selalu. Amin

  2. Amin ya rabbal alamin. Thx pak Sukani atas respon dan votenya. Iya pak, mLearning sebenarnya amat disukai siswa dan penerapannya fleksibel, open ended, amat bervariasi, bergantung pada kreativitas siswa. Guru malahan dapat masukan super banyak, sebab bisa ikut membaca dan mendengarkan presentasi mereka. IT mereka hebat, bahkan ada yang lebih baik dari kita. Mereka memang cerdas, harus dilayani dengan cara cerdas pula. Tentang foto yang penting kan mereka, saya jadi malu, hehehe. Salam sehat juga.

  3. Amin YRA. Thx responnya pak Nur. Iya pak amat menyenangkan. Selalu kalau mereka disenangkan, maka apapun mereka lakukan, Kadang praktik minuman sehat dll dibawa ke kelas dan saya kebagian, bahkan berlebihan. Lebih bahagia lagi mereka dapat mensosialisasikan hidup sehat ke keluarga dan teman-temannya. Alhamdulillah. Sungguh mLearning bagaikan obat mujarab dan vitamin dalam menerapkan kurikulum di abad ini. Hehehe. Ayo terus menulis pak, walau sedikit dan sederhana, harus dibiasakan dan jangan pernah berhenti pak, memulainya akan sulit lho. Salam sukses.

  4. terimakasih bunda etna ,dan fotonya bagus bunda ,maksud saya dengan kedekatan yang tergambarkan seperti bunda sangat baik terimakasih .dan tetep semangat walau banyak mau mencoreng dunia pendidikan seperti kebocoran soal,dan memberi jawaban untuk anak didik waktu ujian, hal ini sangat tak perlu dicontoh , mereka berbuat seperti itu dengan alasan sudah biasa tiap tahun dan malu kalau nilai lebih jelek dari sekolah lain dan kalau di bantu nilainya semua dapat 100 apa dak bingung…….nah dunia pendidikan baik jeleknya ternyata ada di tangan kita ……….

  5. Thx responnya pak Saleh. Insya Allah kedekatan kita dengan siswa membuat mrk antusias belajar dan pemalu jadictak malu, yg malas malu kslau tak terlibat dlm belajar yg mengasyikkan. Kasih sayang yg selalu kita berikan di saat apapun Insya Allah berbuah manis dan berharga tinggi. Mrk tak ada yg remidi dan ilmu kita termsk pendidikn karakter terpakai terus dlm hdp mrk. Alhamdulillah. Allah Maha Besar. Salam mLearning pak.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar