2

Common Mistakes (2) (0)

FitriyaniElHasan December 24, 2020

Melanjutkan materi beberapa hari yang lalu dengan judul yang sama tentang common mistake bahwa beberapa kesalahan umum dalam penggunaan Bahasa Inggris berikut ini kerap terjadi dan perlu dipelajari agar kita bisa mengekspresikan kalimat yang kita maksud dalam sebuah percakapan bahasa Inggris dengan benar.

Setiap orang yang belajar bahasa terutama bahasa Inggris pasti mengalami kesalahan berbahasa. Sistem bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sangat berbeda, sehingga membuat kita mencampur aduk dua bahasa tersebut. Jangan khawatir, itu hanya sebuah proses menuju hasil yang baik.

Kesalahan umum pada gambar pertama yaitu ketika hendak menggunakan kalimat “menikah dengan….”. Bahasa Inggris kata “dengan” adalah “with”. lalu ketika digabungkan menjadi kalimat atau membuat kalimat seperti contoh akhirnya menggunakan I am married with your son yang artinya aku menikah dengan anak laki-lakimu.

Salah ya?? kurang tepat saja. Benar memang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia. Namun pasangan yang tepat dalam kalimat benarnya menggunakan kata “to”. I am married to your son yang memiliki arti saya menikah dengan anak laki-lakimu.

pada gambar kedua, kesalahan yang terjadi ketika menggunakan kata “away…” yang artinya menjauh. Sudah jelas pada contoh yang dalam pembuatan kalimatnya menggunakan pasangan -from, bukannya -of. Keduanya memiliki arti yang sama, dari.

Namun dalam pengunaan kata away berpasangan dengan kata from. Saya ambil contoh lain: My school is about two kilometres away from my grandmother’s house, yang artinya sekolahku berjarak sekitar 2 kilometer jauh dari rumah nenekku.

Bisa dipahami lebih lanjut dengan contoh yang ada pada gambar. Cukup mudah bukan? InshaAllah iya karena kita cuma hanya mengembangkan ke dalam kalimat yang kita inginkan ketika menggunakan pasangan kata-nya.

Semoga mudah dipahami dan lebih berhati-hati lagi menggunakan pasangan kalimat yang sesuai agar maknanya juga tidak aneh didengar. Semua orang mulai belajar bahasa asing dengan satu tujuan utama untuk belajar berbicara. Dan tugas saya untuk memberi pencerahan bagaimana berbicara Bahasa Inggris dengan benar. 

Masih banyak sekali common mistakes yang dibuat oleh para mistaker, bahkan saya sendiripun terkadang juga salah mengucapkan pasangan yang tepat jika sudah mulai enak berbicara. Disadari atau tidak, kita tentu pernah mengalami hal ini. Dalam proses belajar, melakukan kesalahan adalah hal wajar. Tapi apa gunanya belajar kalau selalu mengulangi kesalahan yang sama?

Setelah diperhatikan, ternyata supaya terhindar dari common mistakes, kita harus juga memperbanyak perbendaharaan kata (vocabulary) kita. Caranya? Banyak membaca, mendengar, membiasakan diri kita dengan Bahasa Inggris. Slow but sure yang penting continue ya.

Intinya memang sulit jika tidak terbiasa menggunakan cara yang benar. Maka dari itu, rubah ke cara yang benar agar terbiasa dalam ucapan maupun tuisan. Kira-kira seperti itu yang bisa saya harapkan dari aspek speaking ataupun writing dalam Bahasa Inggris.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar