2

Cara seorang guru tidak menjadi gaptek (gagap teknologi) di masa pandemi Covid-19 (0)

Masroni February 21, 2021

Di masa pandemi Covid-19, kini seorang guru dituntut untuk memahami dan bisa menggunakan sebuah alat teknologi. Hal ini perlu dipahami untuk memudahkan guru dalam mengajar secara online. Oleh karenanya tidak ada alasan bagi guru masih gagap teknologi (gaptek) dan tidak memahami kecanggihan teknologi pendidikan yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

Karen jaman yang cepat berubah secara drastis, setidaknya seorang guru bisa menyikapinya dengan cara-cara yang baik yang dapat meningkatkan kulitas dan komptensi guru itu sendiri dan tidak gagap teknologi.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh seorang guru agar tidak menjadi guru gaptek:

  1. Mengikuti pelatihan online
    Dimasa pandemi ini semua pekerjaan banyak dilakukan di rumah baik bekerja maupun belajar. Sekalipun ada beberapa guru yang mengajar dan bertatap muka dengan para siswanya tetapi dimasa ini seorang guru banyak mengajar dari rumah. Hal ini menjadi alasan kuat untuk seorang guru mengajar menggunakan media digital atau teknologi pendidikan. Namun dalam kenyataan tidak semua guru memahami hal itu, oleh karenanya bagi guru yang tidak memahami bagaimana menggunakan media teknologi maka harus banyak mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan secara online. Pelatihan ini bisa diselenggarakan oleh pemerintahan maupun swasta.
  2. Membiasakan berlatih di rumah
    Belajar bukan hanya kewajiban bagi siswa tapi juga bagi seorang guru agar kompetensinya terus meningkat. Oleh karenanya bagi seorang guru tidaklah cukup untuk mengajar apalagi berdasarkan texbook semata, padahal tuntutan dalam pendidikan adalah semua pengetahuan yang dimiliki siswa harus didasarkan pada tekstual dan kontekstual sehingga apa yang disampaikan oleh seorang guru selalu up to date dengan informasi kekinian dan siswa tidak akan ketinggalan informasi yang sudah difilter oleh guru lantaran guru tersebut kalah cepat dari siswanya dalam mendapatkan pengetahuan. Untuk itulah bagi guru dituntut harus banyak berlatih terus untuk meningkat kompetensi di bidang teknologi pendidikan.
  3. Jangan malu bertanya
    Malu bertanya sesat di jalan. Pepatah ini sering disampaikan oleh guru kepada siswa ketika memberi kesempatan bertanya kepada siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kenyataan, rupanya bukan hanya siswa saja yang kadangkala malu bertanya ketika ia tidak paham dengan pengetahuan yang disampaikan gurunya, tetapi bagi guru pun bisa terjadi hal demikian. Kenapa ini bisa terjadi? karena seorang guru tidak memiliki pengetahuan dasar dalam menggunakan teknologi pendidikan. Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang guru di masa pandemi Covid-19 ini agar kompetensinya meningkat? Caranya adalah guru harus banyak mengikuti forum-forum pembelajaran yang diadakan secara online. Baik melalui grup-grup media sosial, maupun forum-forum online di internet. Hal ini perlu dilakukan agar memberi dampak positif dan nyata bagi guru tersebut untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas dalam mengajar.
  4. Memahami aplikasi pendidikan
    Di era digital ini banyak ditemukan berbagai macam aplikasi yang mendukung untuk pembelajaran. Bukan hanya di internet, tapi di HP seorang guru pun banyak ditemukan aplikasi-aplikasi yang bisa dijadikan sarana dalam memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran. Untuk itu tidak ada alasan bagi guru untuk tidak mencoba dan menggunakan beberapa aplikasi yang memungkinkan sangat berguna dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Sarana dukungan secara elektronik akan memudahkan dalam pengajaran secara online. Dengan memanfaatkan media digital seperti buku elektronik, maka pemahaman terhadap materi pelajaran akan mudah dicapai, disamping ada sarana-sarana dukungan lainnya.
  5. Kolaborasi dengan sesama guru
    Di era digital ini Pemerintah sedang menggalakkan bagaimana masyarakat mampu menggunakan internet untuk berbagai keperluan, salah satunya internet dalam pendidikan. Maka setiap masyarakat dituntut untuk memahami fungsi daripada internet. Peran internet bagi seorang guru adalah memberikan informasi secara luas dan solusi tepat dalam memudahkan penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Mengingat kompleksnya informasi di internet, maka dibutuhkan kompetensi menyaring berbagai informasi di internet, sehingga nanti tidak terjadi kesalahan dalam penyampaian materi. Kemampuan menyaring informasi tidak semua guru memilikinya karena bergantung pada kemampuan cara memahami teknologi internet, oleh karena itu kerjasama antara seorang guru dengan guru lainnya diperlukan untuk mewujudkan sistem kolaborasi yang bertujuan pembelajaran bisa tercapai dengan sebaik-baiknya dan memenuhi kualitas pendidikan. Disamping itu sistem kolaborasi guru didalam pembelajaran untuk mempermudahkan guru dalam menghadapi masalah pendidikan dan dapat menemukan solusi secara cepat dan tepat atas masalah tersebut.

Demikian tips singkat buat para guru yang sampai hari ini masih mengajar dengan pola “begitu-begitu” saja. Mudah-mudahkan dengan kemauan keras untuk meningkatkan kompetensi, menjadi guru di masa mendatang bisa memiliki cara-cara mengajar yang lebih baik dari sebelumnya dan menjadi inspirasi untuk para siswa untuk selalu siap dengan perubahan jaman.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar