5

Cara Mudah Merubah Teks Menjadi Suara Lewat Google Translate (0)

widarso pep October 28, 2020

Sobat Guraru, mungkin anda pernah mendengar suara yang audio-nya seperti “robot” atau intonasinya tidak seperti manusia berbicara secara “normal”.

Ya memang itu bukan suara asli manusia, tapi suara yang dihasilkan dari teks menjadi suara manusia.

Meskipun kurang enak didengar, tapi banyak YouTubers yang melakukannya karena selain mudah, mungkin masih malu-malu untuk menunjukkan suara asli mereka.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengubah teks menjadi suara. Mengonversi teks ke dalam pidato mengakomodasi kesulitan dalam belajar, mengembangkan kemampuan berbicara. Pada artikel ini saya akan berbagi cara pengubah teks menjadi suara gratis dengan google translate.

Aplikasi pengubah teks menjadi suara dan narasi merupakan faktor yang sangat penting untuk kursus eLearning. Suara manusia dapat meningkatkan hubungan emosional antara peserta didik dan kursus eLearning mereka, tetapi menyewa seorang profesional melakukan narasi jauh lebih mahal, dan memakan waktu.

Aplikasi pengubah teks menjadi suara juga membuat program pembelajaran kamu dapat diakses pelajar tunanetra atau orang dengan memiliki ketidakmampuan belajar karena memiliki kesulitan dengan membaca. aplikasi pengubah teks menjadi suara juga adalah cara yang bagus untuk menambahkan suara untuk avatar kita, yang merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk membimbing dan melibatkan peserta didik secara online.

Sobat Guraru pasti pernah bertanya bagaimana cara mengubah tulisan menjadi bentuk suara audio kan? Sebenarnya sobat juga dapat membuat suara seperti itu, dan sobat hanya membutuhkan koneksi internet saja, yaitu untuk mengakses Google Translate dan mengunduh suara lewat IDM. Jadi sobat harus menginstal IDM terlebih dahulu.

Sobat perlu menggunakan Google Translate karena lewat aplikasi online tersebut, sobat tinggal mengetikkan tulisan teks di kolom Google Translate, kemudian sobat dapat mengunduh versi audionya. Mudah bukan?
Langsung saja ikuti langkah dibawah ini:

Ini bisa dikatakan sebagai fitur paling menarik di Google Docs. Meskipun belum sempurnya, misalnya kamu akan kesulitan memerintahkan aplikasi memberikan tanda titik atau koma, tapi fitur ini sudah bisa dipakai dengan lancar.

Kamu cukup membuka Google Docs dari web atau aplikasi Android untuk bisa mencoba fitur ini. Setelah aplikasi terbuka, bila menggunakan web, carilah opsi voice typing pada bilah “Tools”.

Bila menggunakan aplikasi Android, cukup tahan tombol spasi hingga muncul pilihan mode mengetik. Selanjutnya pilih “voice typing” dan mulailah mendiktekan ketikan kamu.

Cara Membuat Teks Menjadi Suara

  1. Buka Google Translate.
  2. Setting suara bahasa terlebih dahulu, misalkan bahasa Indonesia, maka pilih Bahasa Indonesia.
  3. Baru setelah itu ketikkan teks yang ingin di convert menjadi suara pada kolom yang tersedia. Ketikkan misalnya seperti ini:Ketikkan teks yang ingin dikonversi ke audio
  4. Untuk mendapatkan file suaranya, klik pada gambar speaker yang terdapat dibawah outputan teks.
    Klik tombol Simak yang berlambang speaker
  5. Maka audio akan dimainkan sesuai dengan teks yang diinputkan. Jika IDM sobat terinstal dengan benar, maka akan muncul tombol download di atas kolom. Tunggu sampai audionya selesai diputar, baru klik tombol tersebut untuk mendownloadnya.
  6. File suara yang sudah dikonversi dari teks akan terdownload dengan sendirinya.

File suara berhasil dikonversi dan didownload!

Mudah bukan membuat tulisan jadi bentuk suara hanya menggunakan Google Translate? Sebenarnya masih banyak aplikasi yang dapat sobat coba untuk mengubah teks menjadi suara. Tapi solusi ini merupakan alternatif paling mudah dan cepat.

Video Tutorial

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar