15

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri (+7)

ibnufajar75 July 12, 2014

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi saya kembali menulis artikel di guraru ini. Sesuai dengan tema di bulan ini tentang pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis Android, saya mencoba berbagi pengalaman bagaimana membuat aplikasi berbasis Android.

Membuat aplikasi berbasis Android dan menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran belum begitu dioptimalkan oleh sebagian guru terutama saya pribadi. Ini disebabkan adanya anggapan bahwa membuat aplikasi Android harus paham dengan coding atau bahasa pemrograman yang rumit-rumit yang memerlukan keahlian khusus.

Sebenarnya tidak semua aplikasi Android membutuhkan coding atau bahasa pemrogramman khusus, dan setiap kita dapat membuat aplikasi ini dengan mudah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka alamat http://www.appsgeyser.com/create/ untuk mengawali membuat aplikasi Android. Di halaman ini kita akan melihat beberapa menu pilihan untuk membuat aplikasi Android antara lain Website, Media, maupun Game.

andro1

2. Kali ini saya hanya berbagi mengenai membuat aplikasi Android dari website saja. Isikan alamat lengkap website atau blog yang akan dibuat sebagai aplikasi Android (Langkah 1). Isikan nama aplikasi yang dikehendaki (Langkah 2). Pilih icon, screen orientation, dan kategori kemudian klik create app (Langkah 3)

andro2

3. Selanjutnya ketik nama depan, nama belakang, email, dan password anda pada form yang tersedia. Centang kotak “I Agree with the terms of service”. Dilanjutkan klik sign up.

andro3

4. Ubah deskripsi sesuai dengan yang kita kehendaki.

andro4

5.  Jika semua tahap sudah selesai, sekarang aplikasi Android sudah Siap untuk didownload.

andro5

6. Setelah mendapatkan tampilan Aplikasi buatan sendiri seperti di atas, kita bisa langsung mengunduh Aplikasi buatan kita sendiri yang berekstensi .apk dan mendistribusikannya secara gratis ke smartphone Android siswa dan teman sejawat.

Salah satu aplikasi Android buatan saya dengan ekstensi .apk dapat anda download  di sini

Selamat mencoba….

Comments (15)

  1. Alhamdulillah,,bisa kembali bergabung,,saya salut dengan teman2,,lebih pantasx mungkin Bapak-dan Ibu saya yang jauh lebih dulu bergabung di Guraru,,jujur Pak,Bu..saya baru kenal Guraru setelah mengikuti Diklat Online yang dipandu Pak Sukani. Meskipun belum lama bergabung saya sudah mendapat pelajaran yang banyak sekali disni. terima kasih ya Pak.Bu..atas sharex ilmux,,semoga Ilmu Bapak Ibu semakin Berkah

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar