2

CARA MENGUPLOAD VIDEO KE YOUTUBE UNTUK PEMULA (0)

Catatan Guru Milenial January 20, 2021

Virus Corona membawa dampak yang sangat besar dalam semua bidang. Salah satu yang mendapatkan impactnya adalah pendidikan. Perubahan iklim belajar dari konvensional menjadi moderenisasi. Guru dan siswa ‘dipaksa’ belajar tekhnologi secara akselerasi.

Mendadak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan sistem pembelajaran e-learning guru di tuntut untuk belajar teknologi terkini.

Salah satu metode yang banyak digunakan oleh tenaga pendidik dalam memberikan materi adalah dengan memberi video baik itu penjelasan, tutorial dan sebangainya.

Video merupakan salah satu cara yang efektif dalam PJJ karena guru dapat menjelaskan materi secara audio dan visual. Memang guru bisa menggunakan video orang lain dengan materi yang sama. Akan tetapi alangkah baiknya jika guru membuat sendiri video pembelajaran untuk siswanya karena sejatinya gurulah yang mengetahui materi apa yang harus diberikan kepada siswanya dalam kondisi seperti saat ini.

Untuk saat ini merekam bukanlah hal yang sulit. Dengan menggunakan HP android guru sudah bisa menggunakan kamera dari HPnya. Nah setelah merekam hal yang tidak kalah penting menjadi perhatian adalah cara mengirim video pembelajaran kepada siswa.

Jika guru sudah memiliki video materi, cara mudah untuk membagikan kepada siswa adalah dengan mengeshare video melalui WA. Hal ini tidaklah salah akan tetapi jika dilakukan oleh semua mapel maka akibatnya:

  1. HP akan full memory (solusi bisa di simpan ke laptop tapi tidak semua siswa memliki laptop).
  2. Banyak menyedot paket data internet.

Untuk mengantisipasi hal tersebut guru harus mengupload videonya ke youtube terlebih dahulu kemudian tinggal mengshare link nya ke WA Group kelasnya.

Bagaimana cara mengupload video ke youtube untuk pertama kalinya. Caranya cukup mudah sobat tinggal ikuti langkah langkah berikut ini!

  1. Syarat pertama sobat harus sudah memiliki akun di gmail.
  2. Buka browser Chrome.
  3. Ketik alamat URL www.youtube.com .
  4. Kemudian klik create (icon kamera yang bersimbol +).
  5. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  6. Pilih bagaimana cara membuat channel sobat menggunakan nama sendiri atau menggunakan brand setelah itu pilih select.
  7. Lalu  youtube mengarahkan sobat untuk  mengatur profil, memberi keterangan tentang chanel dll.
  8. Setelah selesai sobat tinggal klik save and continue.
  9. Kemudian kita tinggal mengupload video
  10. Pilih next jika telah selesai menguplod dan terakhir klik publish
  11. Setelah di publish sobat tinggal mengrim link ke group kelasnya.

Untuk lebih detailnya silakan sobat menonton tayangan video di bawah ini !

Cara Mengupload Video ke Youtube

Itulah cara mengupload video ke youtube untuk pertama kalinya, semoga artikel dan tutorial ini bermanfaat bagi pembaca terkhusus bagi pemula. Selamat mencoba semoga sukses untuk sobat guru di seluruh Indonesia tetap semangat dalam mendidik, mengajar putra putri generasi penerus bangsa.

Salam sehat dan tetap semangat.

Penulis : Rita Wati,S.Kom

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar