0

Cara Menghasilkan Uang dari Blog (Panduan Lengkap) (0)

Ega Bekti November 12, 2021

Cara Menghasilkan Uang dari Blog – Di era modern saat ini, dapat dikatakan bahwa menghasilkan uang menjadi lebih mudah. Yang harus kita lakukan adalah menjadi kreatif dan jangan takut untuk menggunakan minat atau bakat kita. Karena teknologi memudahkan kita untuk berbagi pekerjaan dengan orang lain.

Orang-orang saat ini sepertinya tidak bisa lepas dari smartphone dan jaringan internetnya untuk melakukan berbagai tugas. Jual beli barang, riset dan belajar online, bahkan mencari pengalaman kerja semua bisa dilakukan secara online.

Namun, Anda dapat menghasilkan uang dari perubahan gaya hidup ini. Anda yang suka menulis atau mengulas produk juga bisa mendapatkan uang dengan membuat materi sendiri untuk blog.

Namun, bahkan jika Anda bersemangat menulis, Anda mungkin merasa kesulitan untuk menemukan ide-ide baru untuk blog Anda. Blogger pemula sering diganggu oleh kurangnya keahlian dan kemampuan teknis.

Baca juga : Cara Membuat Blog di HP Paling Simpel, 5 Menit Jadi (Tutorial ini diambil dari OnTrik.com)

Apakah Anda kesulitan menentukan kartu kredit terbaik? Cermati punya jawabannya!

Jadi, bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?

Ini adalah pertanyaan populer di kalangan blogger baru. Beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam hal ini adalah:

  1. Mulailah menulis blog.

Langkah pertama adalah mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan. Persyaratan paling penting untuk menjadi seorang blogger tentu saja memiliki platform blog untuk membuat konten yang relevan.

Beberapa orang dibatasi sebagai akibat dari ini karena mereka tidak memiliki keterampilan teknis untuk menggunakan platform blog. Sebenarnya, ada banyak sekali pelajaran gratis dan berbayar tentang cara memulai blog di internet.

  1. Pilih Platform Blogging

Pilih platform blog tempat Anda ingin mempublikasikan artikel Anda. WordPress, Blogspot, dan lainnya adalah contoh dari platform ini. Setiap platform memiliki serangkaian kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Bagi orang yang suka mengutak-atik kode HTML, blogspot adalah pilihan yang baik karena memungkinkan penyesuaian tata letak gratis. Sementara itu, Anda dapat menggunakan platform WordPress sebagai blogger pemula.

WordPress memiliki sejumlah keunggulan, termasuk akses gratis, kemudahan penggunaan, dan kemampuan untuk memilih tema blog yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Pilih nama domain untuk blog Anda.

Setelah Anda memutuskan platform blog, Anda harus memilih nama domain atau alamat blog agar blog Anda mendapat tempat di internet. Pastikan nama domain blog Anda jelas dan kompatibel dengan materi blog yang Anda rancang saat membuat domain blog.

Setelah Anda memutuskan nama domain untuk blog Anda, Anda harus mengonfigurasinya. WordPress, secara keseluruhan, memiliki menu yang lebih kompleks daripada blogspot. Anda juga dapat menambahkan Search Engine Optimizer (SEO) Optimizer dan pengaturan SEO untuk setiap posting yang Anda buat menggunakan tagar atau kata kunci menggunakan menu canggih ini.

  1. Buat blog Anda semenarik mungkin.

Anda dapat mengubah desain blog setelah mengonfigurasi blog agar lebih menarik bagi pembaca. Pilih desain yang melengkapi konten blog Anda. Anda dapat menggunakan banyak panduan yang tersedia di internet untuk mengubah tema blog Anda.

Anda memiliki pilihan untuk menggunakan tema gratis atau berbayar dalam hal pemilihan tema. Satu hal yang perlu diingat adalah memilih tema premium karena lebih ramah untuk mesin pencari seperti Google, serta browser seluler dan browser desktop.

  1. Buat Konten yang Berguna dan Menarik

Setelah itu, Anda dapat mulai membuat konten blog yang relevan dan menarik. Mudah ditemukan dan berguna bagi banyak orang. Pada prinsipnya, blog yang menarik adalah blog yang menginspirasi, menghibur, memecahkan masalah, dan membantu pembaca meningkatkan kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Menggunakan konten yang dijiplak atau menyebarkan informasi yang tidak akurat adalah dua hal yang harus Anda hindari. Tidak ada salahnya melakukan penelitian atau pengumpulan bahan untuk dijadikan dasar menulis atau mengkritisi postingan blog.

  1. Merekrut Pembaca Blog

Ketika Anda seorang blogger baru, mudah terjebak dalam teknis pengaturan blog. Hindari fokus pada satu hal, seperti hanya membangun blog, jika Anda ingin menghasilkan uang dari situs Anda. Namun, mulailah mempertimbangkan audiens yang dituju blog Anda.

Anda dapat melakukan riset untuk membangun komunikasi dengan menanyakan kepada pembaca dari mana mereka berasal dan di mana mereka berkumpul. Sehingga blog Anda sesuai dengan audiens yang dituju.

  1. Ciptakan ikatan dengan pembaca blog Anda.

Alihkan fokus Anda untuk menjangkau pembaca setelah Anda membuat konten blog dan analitiknya telah mengumpulkan pembaca. Jika diperlukan, mulailah membangun komunitas blog untuk menumbuhkan rasa keakraban dengan pembaca Anda.

Jika menurut Anda blog Anda tidak mendapatkan banyak lalu lintas tetapi pembaca meninggalkan komentar di setiap posting, Anda dapat menanggapinya agar mereka merasa dihargai.

Lakukan segala upaya untuk membuat pembaca kembali ke blog Anda. Misalnya, Anda dapat menjaga lalu lintas blog Anda dengan mengadakan kuis atau menawarkan hadiah menarik. Sehingga jumlah kunjungan ke blog Anda meningkat secara statistik. Jika diperlukan, mintalah pengguna untuk membagikan konten yang Anda buat di media sosial agar situs Anda semakin dikenal.

Baca juga : Cara Membuat Blog di HP dengan Mudah (Panduan ini diadopsi dari situs On Trik)

Dari mana pendapatan blog berasal?

Setelah Anda selesai membangun dan mengembangkan blog baik dari segi konten maupun pembaca, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara menghasilkan uang dari blog Anda. Jadi, dari mana penghasilan blog itu?

  1. Pendapatan Iklan
    Iklan yang Anda tempatkan di situs Anda biasanya merupakan salah satu sumber uang. Konsepnya sama dengan menjual kolom iklan di koran atau majalah.

Semakin banyak lalu lintas yang diterima situs Anda, semakin mahal ruang iklan di blog Anda. Memasang Google AdSense untuk meningkatkan lalu lintas blog Anda adalah salah satu saran yang harus Anda ikuti.

  1. Komisi afiliasi
    Pemasaran afiliasi mengacu pada materi tulisan yang mendorong pengguna untuk membeli, memanfaatkan, atau menonton hal-hal yang dipasarkan di situs web lain. Jika Anda beruntung, seseorang akan mengklik tautan atau tautan yang Anda berikan dan membeli tulisan Anda.

Komisi biasanya dibayarkan sesuai dengan ketentuan kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika Anda memiliki pembaca yang berdedikasi, pembaca blog Anda cenderung mengikuti rekomendasi Anda.

  1. Menyelenggarakan acara
    Tidak perlu mengadakan gathering skala besar untuk blogger baru. Anda dapat mengundang pembaca ke acara Anda dan menerapkan harga jika Anda sudah memiliki pembaca khusus.

Di sinilah Anda akan dapat menghasilkan uang. Bagi mereka yang belum pernah mengadakan acara sebelumnya, pertemuan sederhana para blogger dan pembaca bisa menjadi awal yang baik. Anda bisa berburu sponsor untuk acara yang Anda dirikan selain mendapatkan uang dari penjualan tiket.

  1. Penghasilan Konsisten
    Menerapkan program keanggotaan atau loyalty program yang dimaksud dengan pendapatan berulang. Ini berarti bahwa pengguna tertentu memiliki akses ke konten premium yang tidak tersedia untuk anggota biasa atau gratis.
  2. Layanan pelanggan atau layanan pelanggan
    Blog Anda dapat digunakan untuk menawarkan layanan atau produk selain iklan. Konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, dan layanan lepas lainnya hanyalah beberapa contoh.

Jika klien menghubungi Anda secara langsung, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan diskon. Tidak sama jika Anda menyewa pihak ketiga untuk membantu Anda menjadi seorang freelancer.

  1. Layanan dan Produk
    Blogger biasanya menjual buku atau barang lain yang berhubungan dengan aktivitas blogging mereka. Karena harus dipikirkan dengan matang, item buku membutuhkan waktu lama untuk dibuat.

Manfaat memasarkan diri Anda melalui blog pribadi Anda, bagaimanapun, adalah bahwa buku yang Anda jual tidak akan dikenakan margin. Ini tidak seperti menjual buku melalui sistem konsinyasi toko buku.

Blogging sebagai hobi dapat membantu Anda mendapatkan uang tambahan.

Itulah beberapa cara Anda bisa mendapatkan uang dengan blogging di blog Anda. Selalu menulis materi yang positif dan menghindari penyebaran informasi yang tidak baik, yang sekarang diatur oleh peraturan perundang-undangan Indonesia, yang dikenal dengan Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Dengan blogging, Anda dapat mengubah minat Anda menjadi sumber uang ekstra.

Tagged with:

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar