11

Cara Mengatasi Siswa Yang Gaduh Di Kelas (+3)

Kang Didno September 18, 2013

siswa gaduh

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, pasti saja ada beberapa siswa yang suka membuat gaduh di dalam kelas. Mereka gaduh karena beberapa sebab di antaranya karena ada teman yang mengajak bicara, atau karena gurunya tidak ada di kelas.

Sebagai seorang guru, ada beberapa cara untuk mengatasi siswa yang gaduh. Salah satunya adalah dengan mengatur tempat duduk siswa. Siswa yang membuat kegaduhan jangan dikelompokkan lagi dengan teman yang lainnya, tempatkan siswa yang gaduh tersebut pada posisi depan sehingga mudah di pantau oleh guru jika dia berbuat keributan lagi.

Selain itu atur posisi tempat duduk selang-seling, artinya tempat duduk pertama dari depan diisi oleh murid laki-laki, tempat duduk kedua ditempati murid perempuan, begitu dan seterusnya agar mereka enggan membuat gaduh lagi. Cara ini tentu kalau tempat duduk siswa dalam kondisi tempat duduk class room (ruangan kelas), tetapi kalau berkelompok sebaiknya jangan mengelompokan siswa yang membuat gaduh tersebut dalam satu kelompok.

Cara seperti ini sangat efektif untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan tidak gaduh yang membuat kondisi kelas tidak kondusif dan proses kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif. Tentu peran seorang guru yang mengatur skenario di kelas harus pintar mengatur situasi seperti ini. Karena guru adalah sutradaranya, sedangkan siswa menjadi pemainnya yang bisa diatur sesuai dengan keinginan skenario dan sutradara.

Mudah-mudahan cara mengatur siswa yang gaduh di kelas ini dapat bermanfaat kita semua, terutama bagi guru muda yang baru saja mengajar di kelas, dan belum banyak makan asam garam dalam menciptakan kondisi kelas yang nyaman dan kondusif dalam kegiatan belajar mengajar.

Mengatasi murid yang gaduh di kelas jangan menggunakan emosi, karena emosi hanya membuat kita akan cepat darah tinggi. Mengatasi murid yang gaduh seperti ini sebagai tantangan, jika guru berhasil mengatasi tantangan, maka akan menjadi kebahagiaan tersendiri jika kita berhasil mengatasi tantangan tersebut, dan semakin membuat guru lebih dewasa.

Sumber Foto

Tagged with:

Comments (11)

  1. Memfotonya jelas dari arah depan. Kalau ada guru, Insya Allah tidak mungkin anak-anak bertingkah laku seperti itu. Sedang apa mereka, kalau ada guru dan anak itu sedang angkat tangan mau menjawab pertanyaan atau mengerjakan di papan, rasanya tidak mungkin. Hehehe saya juga tidak bisa menebak foto itu. Tolong dijelaskan ya pak Didno, hehehe. Kalau alternatif pengelolaan kelas, saya setuju pak Didno dan pak Martho. Terima kasih sharingnya. Memang pengelolaan kelas perlu dibahas. Salam perjuangan.

  2. Terimakasih kang Didno atas sharingnya. Cara mengatur tempat duduk anak untuk mengatasi sisa yang gaduh di kelas bisa dilakukan pak.

    Pakai ClassDojo saja pak. he..he..he…pakai IT mengatasinya. Anak pasti gak akan ada yang berani membuat gaduh karena tingkah lakunya di kelas selalu diawasi dan dinilai oleh guru (sebagai nilai afektif). Jika gaduh langsung tinggal dipencet saja di ClassDojonya.

    Salam hormat,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar