20

Cara Membuat Video Sederhana Dari Foto (+10)

Bu Etna @gurutematik February 27, 2014

Selamat Siang Guraru. Untuk menjawab tantangan Admin tentang  tema artikel, saya pun berupaya untuk dapat memenuhinya. Dinyatakan bahwa setiap bulan tema akan ditentukan dan untuk bulan Maret bertemakan seputar video edukasi. Dua hari lagi sudah tanggal 1 Maret 2014.  Para Guraru tentu sudah bersiap untuk bersama menghadapi tantangan di atas. Saya tadinya termangu-mangu, namun suara hati ini meminta dengan sangat agar saya tetap bersemangat untuk belajar sepanjang hayat. Oleh sebab itu, setelah beberapa hari menimbang dan mengatur jadwal kegiatan, akhirnya saya berlatih sendiri membuat video amat sederhana.

Movie Maker

Video yang saya buat pertama kali ini sebenarnya masih tingkat anak SD/SMP, hehehe. Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan, Insya Allah tak sulit. Guraru yang belum pernah melakukannya, bisa ikuti apa yang saya kerjakan.

  1. Pertama download Windows Movie Maker (WMM). WMM ini sudah lama saya kenal, namun tak pernah melakukannya sendiri. Dahulu pernah belajar kilat dari guru TIK dan mengerjakannya bersama siswa. Langsung ikut lomba dan mendapat juara harapan I. Caranya, kita buka Google, kemudian ketik free download windows movie maker dan klik. Nah di sana akan keluar beberapa alternatif web yang menyediakan WMM.
  2. Pilih salah satu yang disukai namun harus sesuai dengan windows milik kita, atau bisa download yang multi purposes, WMM untuk vista, W7, W8, WXP, atau lainnya. Saya memilih yang multi. Setelah kita klik, sebuah website penyedia WMM ini terbuka. Di halaman itu akan terdapat simbol gambar lembar film dengan bunga merah (lihat gambar di atas). Sebelah gambar itu ada tulisan DOWNLOAD warna hijau, silakan klik. Di bawah akan muncul tulisan save, open. Pilihlah yang save dan tunggu. Selama proses download di kanan bawah tampak ada prosentase hasil, tunggu hingga 100%. Setelah itu klik tulisan open. Insya Allah di desktop sudah muncul shortcutnya. Gampang ya, hehehe. Selama menunggu kalau ingin mengerjakan yang lain bisa.
  3. Tampilan WMM seperti gambar di bawah. Setelah dicermati, ternyata di tampilan itu sudah tersedia panduannya. Ikuti urutan yang diminta, Insya Allah mudah. Alhamdulillah ternyata apapun rasanya tak ada yang sulit, asal kita mau, jadilah apa yang kita mau. Bagaimanapun, kita harus sabar, membaca, mengklik, membaca, mencoba praktik, terus begitu. Dengan mengikuti panduan sederhana secara langsung, video kita bisa diputar, hore.

Tentunya awal membuat video ya dari kumpulan foto dulu, baru kalau kita sudah cukup mahir dan dapat menghasilkan video foto yang keren, kita bisa tingkatkan kemampuan dan keterampilan membuat video dari hasil shooting.

Windows Movie Maker

Nantinya ada empat hal yang harus dilakukan, seperti tercantum di atas.

1. Capture Video

2. Edit Movie.

3. Finish Movie.

4. Movie Making Tips.

Untuk kali ini panduannya sekian dahulu, saya mau segera home schooling. Nanti malam Insya Allah saya lanjutkan. Silakan kerjakan yang sudah saya tuliskan di atas, pelajari dengan santai dan cobalah diklik-klik. Hehehe. Salahpun kelihatan kok. Saya sendiri nih jari-jari sudah berbeda dibanding yang muda-muda. Kadang salah pencet dll. Hahaha enjoy saja yuk, buat video sendiri. Kumpulkan segala foto yang dimiliki, kalau ada ya foto pembelajaran. Bisa juga pendidikan anak, keluarga, atau apapunlah. Sip kok. Salam perjuangan membuat video sederhana. Bagi pemula kalau agak bingung, klik URL berikut.

https://www.google.com/#q=free+download+windows+movie+maker

Setelah klik URL di atas, akan muncul: Search Results. Terserah pilih yang mana. Saya memilih urutan ke 3. Kalau Guraru ingin langsung seperti yang sudah saya download, bisa klik URL berikut, hehehe.

http://www.windows-movie-maker.org/

Sampai jumpa pada panduan berikutnya ya, wah ini latihan menjadi guru Semi TIK, hahaha. Selamat belajar. Sukses selalu, amin.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (20)

  1. Iya pak Tri kita hrs tetap semangat dlm menghadapi apapun, termsk peningkatan pendidikan bangsa. Insya Allah kalau kita bersatu, terus belajar dan mengajar dg baik dan bermutu tinggi, bangsa kita mampu menandingi bangsa lain yg sdh maju. Amin. Yuk berjuang. Thx dan salam sukses.

  2. Bunda Etna emang cucok banget dahhh…dengan sebutan guru “Tematiknya” hehehe…! mengapa? yang karena tema Bulan Maret sesaat lagi adlh ttg Video maka beliau telah bersemangat untuk posting info yang berguna ini. Salut buat belajar sepanjang hayatnya dan salut buat tematiknya! 🙂

  3. Amin ya rabbal alamin. Thx 4 all pak Taufik. Hehehe itulah pak, saya kan hrs konsekuen. Bpk tahu aja nih. Beberapa sahabat minta dibuatkan panduan utk video sederhana, ya dg tekad membahana jadilah tutorial berjilid. Biarin gampangan saja, nanti yg lbh rumit dan kompleks ya ikut belajar dari mahasiswa eh mahaguru TIK. Salam tematik.

  4. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Luar biasa! Saya sependapat dengan pak Taufik Opikibra. Salut buat bunda. Ayo guraru, jangan ketinggalan dengan bunda kita. Tetap semangat dan belajar sepanjang hayat. Selalu berupaya meningkatkan kompetensi kita sebagai guru. Langsung saya berikan Vote bunda. Semoga menjadi motivasi buat guraruers yang lainnya.

    Jaga kesehatan dan salam hormat,

  5. Amin ya rabbal alamin. Thx pak Sukani atas motivasi dan votenya. Insya Allah kita bisa lakukan apapun demi pendidikan bangsa. Mulai dari mendidik diri sendiri utk tetap bertanggung jwb sbg guru yg patut diteladani, sll disiplin belajar sesuai perkembangan jaman. Mendidik keluarga dan anak didik. Kita juga bisa membantu siapa saja termsk sahabat Guraru yg tercinta. Amin. Salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar