13

Cara Mudah Membuat Video PPT dengan Suara (0)

Pengelola Guraru March 9, 2021

Kegiatan belajar di rumah atau sekolah online terkadang membuat siswa bosan. Namun para guru tidak perlu khawatir karena saat ini ada cara mudah membuat video PPT dengan suara. Salah satunya menggunakan Microsoft Office PowerPoint. 

Microsoft Office PowerPoint memiliki satu tools yang berfungsi untuk menambahkan audio, video, bahkan recording sehingga membuat presentasi semakin menarik. PowerPoint merupakan software populer untuk produktivitas. Jika Anda memiliki laptop baru, baca artikel  langkah-langkah aktivasi Microsoft Office Home & Student 2019 pada blog Acer

Tentu saja, video PPT dengan suara pun bisa menarik minat dan fokus siswa saat belajar. Sehingga mereka tidak bosan dan mengantuk saat belajar online di rumah. Kelebihan dari penjelasan melalui audio visual adalah lebih mudah ditangkap dan dipahami siswa.  Alangkah baiknya jika guru menggunakan metode presentasi video PPT dengan suara.

Cara Membuat Video PPT Lengkap dengan Suara Guru

Membuat video PPT dengan suara tak sesulit yang dibayangkan, sebenarnya cukup gampang diterapkan oleh para guru di rumah. Berikut cara mudah membuat video PPT dengan suara.

Menambahkan Suara ke Dalam Presentasi Power Point

Anda bisa menambahkan suara ke dalam slide PPT dari file yang sudah ada di dalam memory komputer atau laptop. Berikut cara menambahkan suara ke dalam PPT:

1. Ketika guru berada di slide PPT yang sedang dikerjakan, pilih “Insert” di toolbar. Lalu akan muncul berbagai macam pilihan tools.

2. Kemudian klik “Media” (memiliki icon volume) dan pilih “Audio”.

3. Setelah Anda memilih Audio, lalu akan muncul dua pilihan. Lalu klik “Audio on My PC”.

4. Ketika box dialog Insert Audio muncul, guru tinggal memilih file audio yang akan digunakan pada slide PPT. 

5. Setelah menentukan file audio yang diinginkan kemudian klik “Insert” untuk memasukkan audio ke dalam slide PPT.

Setelah Anda memilih dan memasukkan file audio yang  diinginkan, maka slide PPT akan muncul icon “Audio Control”. Fungsinya untuk mengatur audio yang berada di slide PPT. 

Salah satu contoh yang bisa digunakan oleh guru PAUD menggunakan tools ini adalah memasukkan file audio binatang jika sedang memberikan pembelajaran pengenalan jenis-jenis hewan. 

Contoh lainnya adalah audio dari suara alat musik jika sedang dalam mata pelajaran kesenian. Begitu pula dengan audio lagu-lagu nasional, seperti Indonesia Raya dan sejenisnya.

Baca Juga: Pembelajaran E-Learning dan Sederet Fakta Menarik di Baliknya 

Merekam Suara ke Dalam Presentasi Power Point

Guru juga bisa merekam suara yang diinginkan, termasuk suara Anda yang tengah menjelaskan isi dari materi slide PPT.

Berikut cara merekam suara ke dalam PPT:

1. Ketika guru berada di slide PPT yang sedang dikerjakan, pilih “Insert” di toolbar. Lalu akan muncul berbagai macam pilihan tools.

2. Kemudian klik “Media” (memiliki icon volume) dan pilih Audio.

3. Setelah memilih Audio, lalu akan muncul dua pilihan. Lalu klik Record Audio.

4. Kemudian akan muncul box dialog “Record Sound”. Beri nama “Record Sound” tersebut, misalnya menggunakan nama “Narasi Slide 1”.

5. Jika sudah memberi nama, klik icon “Record” lalu mulailah merekam suara Anda.

6. Ketika proses perekaman selesai, klik icon “Stop”. Jika ingin mendengarkan hasil rekaman, bisa klik icon “Play”. Jika hasil rekaman sudah bagus dan sesuai harapan Anda, lalu klik tombol OK.

Sama seperti dengan “Audio on My PC”, setelah guru merekam audio yang diinginkan, maka slide PPT akan muncul icon “Audio Control”.

Dengan memasukan rekaman audio berupa narasi penjelasan slide, diharapkan siswa jadi lebih cepat memahami materi pembelajaran. 

Alasannya, karena otak manusia akan lebih cepat menangkap memori jika dipadukan antara indera penglihatan (mata) dan pendengaran (telinga).

Fungsi Audio Tools Playback

Microsoft Office PowerPoint memberikan banyak kemudahan dan variasi untuk membuat video PPT dengan suara.

Setelah guru selesai merekam audio dari device atau merekamnya ke dalam slide PPT, Anda juga bisa mengeditnya. Caranya bagaimana?

Caranya sangat mudah, cukup klik icon Audio di slide PPT, kemudian lihat pada “Toolbar” ada pilihan “Playback”.

Ketika Playback diklik akan muncul berbagai macam tools untuk mengedit audio yang sudah Anda masukkan ke dalam slide PPT. Dengan “Audio Tools Playback”, Anda bisa mengatur durasi fade in dan fade out, volume audio, hingga melakukan trim atau memotong durasi audio.

Berikut detail tools apa saja yang bisa digunakan di “Audio Tools Playback”:

Trim

Tools ini digunakan untuk memotong durasi dari audio milik Anda. Caranya cukup menggeser slide berwarna hijau dan merah. Lalu ada icon “Play” juga untuk mendengarkan audio hasil potongan.

Fade Duration

Fade in dan fade out audio di dalam slide PPT bisa diatur durasinya. Hasilnya suara audio lebih halus saat menit pertama hingga akhir.

Volume

Anda bisa mengatur besar atau kecilnya audio yang keluar dari slide PPT. Dengan pengatur volume, suara asli audio yang besar bisa diredam dengan mengecilkan suaranya secara manual.

Audio Styles

Terdapat dua pilihan pada tools “Audio Styles”, yakni “No Styles” dan “Play in Background”. Jika memilih “Play in Background” hasilnya audio berputar terus menerus di seluruh slide PPT yang Anda buat.

Anda juga bisa memilih kapan audio dimulai. Caranya cukup klik panah di dropdown, dan terdapat tiga pilihan yaitu In Click Sequence, Automatically, dan When Clicked On. Nah jika penasaran silahkan coba satu per satu.

Hide During Show

Tools ini berfungsi untuk menyembunyikan icon “Audio” di slide PPT ketika Anda sedang melakukan presentasi.

Play Across Slides

Gunanya untuk mengatur file audio berputar satu kali di seluruh slide.

Loop until Stopped

Pilihan untuk mengatur audio berputar dan berhenti secara manual dengan klik icon “Play/Pause”.

Rewind after Playing

Jika Anda memilih tools ini, audio file yang Anda masukkan ke dalam slide PPT akan terus berputar berulang-ulang.

Jika tidak menyukai audio dari file yang Anda masukkan, atau audio hasil rekaman, tinggal hapus saja. Bagaimana caranya? 

Klik icon “Audio” di slide PPT, kemudian pencet tombol “Delete” di keyboard komputer atau laptop Anda. Walau harus memakan waktu yang tidak sebentar, namun kini guru sudah tahu kan bagaimana cara membuat video PPT dengan suara?

Baca Juga: Literasi Digital: Cara Praktis untuk Pendidikan yang Efektif 

Cara Menyimpan File Video PPT

Setelah mengetahui bagaimana cara memasukkan dan merekam audio ke dalam slide PPT, simak bagaimana cara menyimpan file video PPT di bawah ini.

  • Untuk menyimpan file mentahan PPT agar bisa kembali diedit pada suatu waktu nanti, klik “File” di toolbar. Kemudian pilih “Save As” dan pilih format PowerPoint Presentation (*.pptx).
  • Jika guru ingin membagikan dokumen tanpa bisa diedit oleh orang lain, pilih format dokumen menjadi video.
  • Caranya, klik “File” di toolbar, kemudian klik “Export”. Lalu pilih pada bagian kedua yakni “Create a Video”. Kemudian Anda bisa memilih resolusi video, mulai dari Standar (480p), HD (720p), Full HD (1080p), dan Ultra HD (4K).
  • Setelah melakukan pilihan resolusi video, kemudian klik “Create Video”. Hasil eksport file PPT Anda akan berubah menjadi MP4 File (.mp4). Layaknya sebuah film, video ini bisa Anda share ke siapa pun dan bisa dipelajari tanpa perlu kelas online.

Nah, itu semua adalah cara mudah membuat video PPT dengan suara. Anda bisa mencobanya di rumah, baik dengan menggunakan file audio yang sudah ada atau melakukan rekaman dengan tools yang disediakan oleh Microsoft Office PowerPoint. Bagikan informasi tips ini kepada guru lainnya dan selalu aktif berbagi dan mendapatkan informasi pendidikan di website Guraru. Gabung Komunitas Guraru untuk saling berbagi!

Guru Semakin Melek Teknologi Dengan Guraru
Belum bergabung ? silakan daftar disini

Comments (13)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar