2

Cara Membuat Video Pembelajaran Tatap Muka dengan PowerPoint (0)

Pengelola Guraru January 11, 2022

Selama belajar dari rumah, guru pasti sudah akrab menggunakan aplikasi PowerPoint. Nah, aplikasi Windows Office ini masih tetap bisa digunakan saat belajar tatap muka. Guru dapat mengandalkan video pembelajaran dengan PowerPoint jika sedang menerapkan metode belajar mandiri kepada peserta didik saat belajar tatap muka. Ingat, Pemerintah mencanangkan pembelajaran secara penuh di sekolah mulai Januari 2022, lho. 

Cara membuat video pembelajaran dengan PowerPoint pun sangat mudah. Justru waktu yang cukup lama adalah ketika guru menyiapkan materi yang dibuat secara menarik. Misalnya, guru Matematika terlebih dahulu menyiapkan materi bercerita menggunakan gambar. Sehingga, materi dengan desain grafis sederhana dan menarik perlu dibuat terlebih dahulu.

Setelahnya, barulah guru bisa membuat materi pembelajaran menggunakan PowerPoint lengkap dengan suara dan wajah guru yang tengah menjelaskan. Cara ini bisa jadi solusi saat durasi belajar sekolah tatap muka masih dibatasi.

Baca juga: Yuk, Bikin Materi Edukasi Seru dengan Aplikasi PowerPoint! 

Fungsi PowerPoint dalam Dunia Pendidikan

Sebelum guru mengetahui cara membuat video pembelajaran dengan PowerPoint, guru perlu tahu bahwa aplikasi PowerPoint memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut:

  1. Membuat presentasi atau materi pembelajaran lebih menarik dan dinamis karena didukung dengan pilihan tampilan desain template, animasi, video, audio, gambar bahkan gambar 3D.
  2. Memudahkan guru saat menjelaskan materi tanpa perlu repot menerangkan sambil menulis di papan tulis.
  3. Murid lebih mudah memahami apa yang dijelaskan guru.
  4. Saat menjelaskan materi, guru akan menyampaikannya dengan tersusun dan rapi.
  5. Materi yang disampaikan berisi poin penting atau pokok sehingga tidak bertele-tele.
  6. Membuat bahan presentasi lebih hemat karena menggunakan softcopy dan tidak boros kertas.
  7. Dapat memancing atau mendorong siswa untuk mencetuskan ide atau gagasan baru saat memahami materi yang tengah dijelaskan.
  8. Materi yang disampaikan guru yang berisi mengenai permasalahan, solusi, dan cara kerja, akan menjadi lebih sederhana.

Baca juga: 7 Cara Membuat Materi Pembelajaran Online

Kelemahan Penggunaan PowerPoint

Selain fungsi, guru juga perlu tahu bahwa ada pula kelemahan ketika menggunakan PowerPoint yang dapat menjadi concern guru, yakni:

  1. Guru harus mengerti saat mengoperasikan software PowerPoint. Namun tak perlu risau karena dalam artikel ini, guru bisa mengikuti tutorial bagaimana cara membuat video pembelajaran menggunakan PowerPoint.
  2. Lisensi Microsoft Office yang dimiliki harus aktif atau diperbarui. Jika tidak, guru tidak akan bisa menggunakan software PowerPoint, bahkan seluruh aplikasi Microsoft Office.
  3. Ketergantungan listrik
  4. Harga sarana pendukung relatif mahal, diantaranya seperti LCD Projector dan Laptop. Bayangkan jika pihak sekolah harus menyiapkan unit LCD Projector lebih dari 5.
  5. Guru yang menggunakan media presentasi PowerPoint masih terbatas, hal ini disebabkan oleh berbagai kendala, seperti gagap teknologi dan tidak memiliki sarana mumpuni. 

Baca juga: Belajar Sejarah Lebih Asyik dengan Komik

Manfaat Penggunaan PowerPoint dalam Pembelajaran Tatap Muka

Penggunaan media PowerPoint di ruang belajar dinilai cukup membantu guru dan murid. Selain memudahkan guru menjelaskan materi dan memudahkan siswa untuk lebih mudah paham, aplikasi PowerPoint juga bisa jadi solusi untuk mengatasi gagalnya kegiatan pembelajaran. Kegagalan tersebut dapat berupa peserta didik tak acuh, gaduh, bahkan tertidur di dalam kelas.

Dengan menampilkan materi belajar menggunakan PowerPoint saat tatap muka, guru tetap akan lebih fokus memperhatikan gerak-gerik murid ketimbang saat guru menjelaskan materi menggunakan papan tulis. Ketika video pembelajaran PowerPoint diputar, murid akan lebih fokus mendengarkan dan menyimak, dengan posisi guru sambil memantau.

Bukannya bermaksud tidak memberi kepercayaan murid untuk belajar mandiri. Tetapi pemantauan dilakukan supaya guru dapat memastikan mana murid yang menyimak namun belum paham, dan mana murid yang mengaku paham tapi tidak menyimak. Sehingga guru dapat membuat bimbingan kepada murid yang perlu mendapat penjelasan ulang. 

Ya, dalam situasi seperti ini seorang guru harus berinovasi dan semangat untuk mendidik siswa agar meningkatkan kemampuan mereka dalam akademis maupun karakter.

Baca juga: Optimalisasi Teknologi sebagai Media Belajar Beserta Tantangannya

Cara Membuat Video Pembelajaran dengan Powerpoint

Setelah guru memahami fungsi dan manfaat PowerPoint di dunia pendidikan, sudah waktunya nih untuk guru praktekkan cara membuat video pembelajaran menggunakan PowerPoint di bawah ini.

  1. Guru bisa membuka aplikasi Powerpoint lalu memasukkan materi yang sudah guru siapnya dengan cara insert file. Langkah ini berlaku jika guru sudah membuat materi menarik menggunakan gambar.
  1. Setelah insert seluruh file di beberapa slide, selanjutnya guru dapat mulai mengklik ‘record from beginning’, lihat pada contoh gambar di bawah ini.

Credit foto: YouTube/Evi Nur

  1. Dengan melakukan ‘record from beginning’, lalu memilih ‘narration, ink, laser pointer’ guru dapat mulai merekam suara mulai dari slide pertama hingga terakhir. Namun jika guru mengklik ‘record from current slide’ guru hanya dapat merekam suara dan wajah untuk slide tertentu atau yang diinginkan saja.
  1. Jika guru rasa sudah selesai merekam, klik ‘stop’. Lalu cek kembali suara yang terekam, apakah volumenya terlalu kecil, jika dirasa kurang, guru dapat merekam kembali. Untuk memastikan suara muncul di semua slide, akan ada icon speaker di halaman slide terakhir.
  1. Agar suasana kelas tidak tegang dan murid lebih rileks, guru juga bisa menambahkan lagu sebagai latar belakang, caranya tinggal klik ‘Insert’, ‘Audio’, lalu ‘Audio on my PC’, pilih lagu lalu klik ‘insert’. Setelah muncul icon speaker, guru harus mengatur suara latar, caranya klik Playback, lalu pilih ‘Play in Background’. Setelahnya, atur volume suara latar belakang, jangan sampai mengalahi suara guru yang sedang menjelaskan materi, ya. (Lihat gambar di bawah ini)

Credit foto: YouTube/Evi Nur

  1. Lalu simpan file video pembelajaran menggunakan PowerPoint dengan cara klik ‘save as’ jika guru rasa materinya sudah siap.
  1. Pilih penyimpanan video pembelajaran dengan format MPEG-4, jangan lupa menulis judul video. Tunggulah sampai proses penyimpanan video selesai.

Itulah cara membuat video pembelajaran dengan PowerPoint, jangan lupa implementasikan untuk mendukung pembelajaran secara penuh di sekolah mulai Januari 2022. Namun sebelum masuk kelas, guru harus menyiapkan alat pendukung berupa laptop, LCD Projector, speaker dan pastikan tidak sedang mati lampu.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar