10

cara jitu agar siswa rajin sholat (+3)

mokhamad subakri September 29, 2013

agar anak rajin sholat_ayo mendidikSangat berat sekali melakukannya. Hari ini saya terpaksa harus mencubit satu persatu siswaku. Kenapa bisa begini? Bukan karena mereka tidak bisa matematika, bukan karena mereka tidak bisa IPA, atau bukan karena mereka tidak memakai seragam lengkap. Namun karena mereka tidak sholat lima waktu.

Awalnya ditahun ajaran baru selama 3 minggu saya memberi wejangan dan motivasi agar sholat mereka tegakkan. Hasilnya tidak lebih dari 4 siswa dari 36 siswa yang sholat, itupun masih lubang-lubang. Ketika ditanya apakah orang tuanya tidak menyuruh sholat? Banyak yang bilang orang tuanya tidak sholat dan banyak di antaranya ditinggal ke negeri seberang.

Akhirnya, kami buat kesepakatan dengan anak-anak, bagi yang tidak sholat 1 waktu kena jiwit satu kali. Kelas menyutujui.

37052_10151426236021840_645090924_nEsok harinya. Usai baca surat-surat pendek dan berdo’a sebelum belajar. Salah satu siswa berbisik, “Pak katanya akan ditanya yang solat?” Saya keliling menghampiri siswa satu persatu untuk menanyakan sholatnya? Hasilnya lumayan ada peningkatan signifikan. Hanya ada 2 anak yang tidak sholat sama sekali (5 waktu).

Dasar Pemikirian “Rosulullah membolehkan memukul anak di atas usia 10 tahun yang tidak mau sholat” . Catatan : tidak melukai dan apa lagi emosi.

Gmn menurut shobat guru cara ini?ada solusi yang lain?komentar di bawah ya (jazakallah)

jika ingin tahu komentar sahabat yang lain klik di sini

agar anak rajin sholat_ayo mendidik

 


Tagged with:

Comments (10)

  1. Betul sekali bunda. Orang tua harus mengajarkan anak-anaknya untuk shalat, dan mengawasinya jangan sampai tidak shalat. Di sekolah baru peran guru berperan dalam menumbuhkan semangat anak untuk rajin shalat dan mengawasinya. Baik orang tua dan guru harus memberikan contoh/teladan yang baik dalam shalat.

    Menganai shalatnya anak, Tentunya dengan hati ikhlas ya dan bukan terus dipaksa. Anak-anak harus diberikan kesadaran sehingga shalatnya didasari niat bukan karena perintah. Mudah-mudahan bisa ke arah sana dan terwujud.

    Salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar