3

Cara-cara dan Manfaat Mencintai Rasulullah- (0)

Supadilah S.Si November 8, 2020

Cara-cara dan Manfaat Mencintai Rasulullah- Seorang Muslim pasti menjadikan Rasulullah Saw sebagai teladan dalam setiap kehidupan. Sebagai nabi bagi umat Islam, Rasulullah telah mencontohkan akhlak yang mulia. Inilah yang ditiru oleh Muslim. Agar hidupnya berada di jalan kebaikan dan keselamatan di dunia.

Selain itu, mengapa seorang Muslim mencintai Rasulullah?

Inilah manfaat mencintai Rasulullah Saw.

Banyak ustadz atau kyainya yang mengatakan bahwa kelak Rasulullah Saw bisa memberikan syafaat kepada umatnya. Apakah semua umatnya? Tentu tidak tahu. Mungkin hanya umatnya tertentu saja. Muslim yang mencintai beliau lah yang punya peluang diberikan syafaat.

Analoginya seperti kita akan memberikan kebaikan kepada orang yang memang benar-benar baik sama kita juga. Kalau orang itu jahat atau nggak mau kenal sama kita, kita juga kan malas untuk memberikannya kebaikan.

Maka, kalau ingin dapat syafaat beliau, kita harus tunjukkan bahwa kita benar-benar mencintai Rasulullah.

Lalu, bagaimana caranya untuk mencintai beliau?

Inilah cara-cara mencintai Rasulullah Saw.

  1. Mengenal Keluarga Beliau

Seorang Muslim wajib tahu tentang keluarga beliau. Mulai dari kakek, ayah, ibu, isteri, anak, cucu, dan seterusnya. Ibaratnya cinta pada seseorang kita nggak hanya tahu tentang seseorang itu. Tapi tahu juga dengan keluarganya.
Selain itu, mengetahui keluarga beliau dapat menumbuhkan kecintaan pada beliau. Misalnya dengan mengetahui kalau beli yatim, maka timbullah rasa kagum pada beliau. Seorang yatim yang mampu kuat menjalani hidupnya.

  1. Mengetahui Perjalanan Hidup Rasulullah

Perjalanan hidup Rasulullah sering disebut Sirah Nabi. Seorang Muslim wajib tahu perjalanan hidup beliau. Dari selama di kandungan hingga meninggalkannya.

Bagaimana cara tahu perjalanan hidup beliau? Salah satunya lewat buku. Di sana diceritakan kisah hidup beliau.

Bisa dibilang buku biografi paling lengkap dunia adalah Sirah Nabi. Sirah Nabi ini banyak versi. Biasanya mengunggulkan satu sisi kehidupan Rasulullah.

Misalnya sisi kepemimpinan, politik, kisah cinta, atau kepemimpinan. Ada juga satu buku yang mengupas banyak hal tentang beliau. Buku Sirah Nabawiyah yang terkenal seperti yang ditulis Syeikh Syafiurrahman Al Mubarakfurry. Buku ini pernah memenangkan lomba penulisan Sirah Nabi tingkat internasional.

  1. Bershalawat pada Rasulullah Saw.

Banyak shalawat menunjukkan bahwa kita mencintai Rasulullah.
Cinta yang tercermin dari lisan kita yang selalu memuji, mengagungkan, dan menyanjung Rasulullah. Banyak macam shalawat ini.

Tidak ada aturan tetap berapa banyak kita bershalawat. Tapi semakin banyak tentu semakin bagus. Semakin banyak bershalawat semakin besar bukti kecintaan pada Rasulullah. Dan ini membuat peluang dicinta juga oleh Rasulullah semakin besar.

  1. Mengikuti Ajarannya

Rasulullah Saw membawa ajaran mulia ke dunia. Banyak ajarannya yang bisa kita ikuti. Misalnya dengan menyantuni anak yatim. Rasulullah sangat menganjurkan untuk menyantuni anak yatim. Beliau menjanjikan bahwa orang yang menyantuni anak yatim kelak di akhirat akan sangat dekat dengan beliau.

Ajaran Rasulullah bisa diartikan sebagai ibadah. Maka, ringkasnya, lakukanlah ibadah yang juga dilakukan oleh Rasulullah. Mulai dari shalat di masjid, shalat malam, puasa, sedekah, haji, dan lainnya.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar