7

Bu Ratih Dan Pembelajaran Jarak Jauh (0)

Tantri January 21, 2021

Pembelajaran jarak jauh. Hingga kini masih terus dilakukan. Mau tidak mau karena kondisi yang memaksa setiap orang agar menyesuaikan dengan kondisi

Awalnya memang sangat berat bagiku Ratih bahkan mungkin bagi semua guru di seluruh Indonesia ini.

Tapi mau tidak mau pembelajaran daring ini harus dilakukan untuk mengurangi penyebaran covid-19 yang mana virus ini sangat cepat sekali penyebarannya.

Tantangan dalam pembelajaran jarak jauh banyak sekali. hal ini menjadi sebuah masalah yang harus dicari solusinya

Yang pertama adalah ketersediaan teknologi. apa yang yang diperlukan dalam  pembelajaran jarak jauh?  di antaranya laptop dan smartphone.

Seringkali guru harus menerangkan atau menjelaskan kepada siswa lewat video agar lebih mudah dipahami. hal ini mengharuskan seorang guru untuk memiliki laptop ataupun smartphone yang memadai.

Idealnya memang laptop atau smartphone yang bagus sehingga kualitas videonya pun bagus juga. Kalau kualitas laptop dan Smartphone nya kurang berkualitas hal ini berdampak juga pada hasil video yang dihasilkan.

Berbicara ideal memang harusnya seperti itu tapi kita kan harus beradaptasi pula dengan kondisi yang ada. maka Bu Ratih memanfaatkan apa saja yang saat ini sudah dipunyainya. Dia memiliki laptop yang walaupun tidak terlalu bagus tetapi sudah cukup untuk melakukan video meeting.

dalam pembelajaran jarak jauh ini Bu Ratih sering menggunakan video meeting untuk belajar. hal ini supaya dia bisa menyapa siswa melihat dan bertemu meskipun secara virtual. selain itu juga berarti dapat menjelaskan kepada siswa dengan lebih gamblang ketika menggunakan video sekaligus dapat bertemu muka dengan siswa.

Di awal memang Bu Ratih agak canggung menggunakan fasilitas video meeting seperti Google meeet atau zoom tapi karena memang sering dilakukan maka lama-kelamaan Bu Ratih dan anak-anak menjadi semakin mahir teknologi.

mau tidak mau harus dikuasai teknologi mendukung pembelajaran dan keadaan dengan kondisi seperti ini maka pembelajaran tetap bisa dilangsungkan dengan baik.

persentase kehadiran memang masih menjadi hal yang perlu diusahakan. Setiap hari kondisinya naik turun. Kadang banyak yang hadir kadang ada beberapa yang tidak hadir.

Tapi Bukan tanpa alasan.  karena mereka pun kadang disebabkan banyak kondisi misalkan listrik padam, kuota habis atau p permasalahan teknis lainnya.

Jika permasalahan teknis yang menjadi penyebabnya, Bu Ratih tidak bisa berbuat banyak.

Tapi dia berusaha menemukan solusi atas per permasalahan ini. Sembari memaksimalkan pembelajaran yang ada. fokus dengan siswa yang pada saat itu hadir dan memberikan pembelajaran yang maksimal kepada siswa itu. mereka selalu diberikan hal yang terbaik pada saat pembelajaran agar mereka mendapatkan pembelajaran yang bermakna pula pada hari itu.

untuk mengatasi solusi bagi mereka yang mengalami kendala teknis berarti banyak diskusi dengan guru yang lain. Untuk menemukan terobosan yang tepat agar bisa dipraktikkan dalam rangka mencari solusi.

Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar