3

BSU 2020 Lanjut Atau Tidak DiTahun 2021 ini?? (0)

FitriyaniElHasan March 7, 2021

Siapa yang sudah dapat nih bapak ibu Guraru?? Alhamdulillah tahun 2020 tersalurkan dengan tepat dan merata. Lalu apakah 2021 ini akan dilanjutkan ya? Anggaran pemerintah sudah “menipis” nih.

Bantuan Subsidi Upah (BSU) merupakan upaya pemerintah untuk membantu para guru dan tenaga pendidik honorer. Selain di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), guru honorer di Satuan Pendidikan Islam juga mendapatkan BSU. Sebelumnya banyak pertanyaan dari para guru honorer apakah akan berlanjut bantuan untuk guru honorer  di tahun 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nadiem Makarim saat pemaparan mengatakan sejumlah anggaran di tahun 2021.

Sementara itu heboh di Medsos soal pencairan subsidi upah bulan Februari. Termasuk saya juga heboh nih. Ya pasrah saja mau dilajut atau tidak hehee

Setelah diselidiki, ternyata itu merupakan  BSU tahap pertama.Sekedar diketahui, Pemerintah memberi kesempatan pencairan subsidi upah guru honorer hingga 30 Juni 2021. Pencairan BLT untuk guru / dosen dan tenaga pendidik honorer sebesar Rp1,8 Juta dilakukan hanya satu kali transfer atau satu tahap.Sebelumnya, Prof Ainun Na’im, mengatakan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji para guru/dosen dan tenaga kependidikan honorer mulai dicairkan pada November dan Desember 2020.Ia menambahkan para penerima akan mendapatkan kesempatan hingga 30 Juni 2021 untuk mengaktifkan rekening dan mencairkannya.

Nah, dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa info ini valid. Artinya masih belum ada informasi tentang BSU 2021 ini. Awalnya saya juga terkejut ketika melihat isi menu awal ketika membuka akun simpatika saya sendiri. Ada notifikasi untuk segera mencetak surat/dokumen seperti sebelumnya untuk menerima BSU 2021.

Setelah saya tanyakan kepada operator dan beberapa orang Kemenag, mereka malah tidak tau apa-apa tentang info yang beredar disimpatika. Mungkin mereka juga mencari informasi yang valid sebelum mereka diserbu oleh para guru No PNS nantinya. Walhasil, informasi diumumkan.

Bantuan yang dimaksudkan dalam informasi resmi di Simpatika ini ditujukan pada guru yang pada tahun 2020 belum juga mencairkan Bantuan Subsidi Upah dari Kemenag.

yang ada dibenak saya pada saat itu, kemana mereka kok belum saja mencairkan rezeki yang cuma-cuma ini. Apakah mereka adalah guru-guru yang sudah pensiun atau kurang update informasi ya?? hehehe

Bersyukur sudah bisa menikmati bantuan dari pemerintah selama pandemi ini. Sangat bermanfaat sekali untuk saya pribadi. Besar harapan saya jika BSU pemerintah ini bisa dilanjutkan lagi ditahun 2021 yang banyak momen manis didalamnya.

Anggap saja ini surat terbuka saya hehee. Untuk para bapak dan ibu, tidak ada salahnya untuk meminta Username dan juga password akun Simpatika ataupun Dapodik kepada operator sekolah. Kita bisa cek informasi secara berkala berkaitan dengan tunjangan yang kita dapatkan dan juga nilai pendidik atau bahkan kegiatan yang diadakan oleh Diknas ataupun Kemenag nantinya dalam sistem ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar