7

BK dan Teknologi (+5)

Nurul Chakim May 22, 2015

Saat ini, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa teknologi maju melaju begitu cepat. Saking cepatnya, hingga mampu membuat hal-hal sekitarnya ikut melaju bersamanya. Seperti dunia kesehatan, sosial budaya, gaya hidup juga dunia pendidikan.

Ya, dunia pendidikan juga mendapat sentuhan dari teknologi. Sentuhan yang tentu saja memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan itu sendiri. Terutama membawa ke arah yang lebih maju.

Hampir semua jenjang pendidikan mendapatkan sentuhan teknologi. Mulai dari pendidikan anak usia dini hingga jenjang pendidikan tertinggi yakni S3. Sentuhan teknologi tersebut tentu saja harus proporsional sesuai  jenjang pendidikan masing-masing.

Tak hanya jenjang pendidikan. Semua mata pelajaran pun juga mendapatkan sentuhan teknologi. Salah satunya adalah BK atau bimbingan dan konseling.

Sudah bukan masanya lagi, menyampaikan materi BK memberikan pemahaman kepada siswa, mencontohkan sikap prilaku kepada siswa hanya dengan metode ceramah. Sudah tidak begitu lagi.

Siswa dulu tentu saja berbeda dengan siswa sekarang. Siswa sekarang sudah disajikan berbagai macam teknologi. Salah satunya adalah televisi. Televisi adalah sebuah pusat informasi yang dikemas dengan cara audio visual. Ya inilah salah satu yang disukai oleh sebagian besar siswa. Menyerap informasi dengan cara mendengar juga melihat atau yang disebut dengan audio visual. Jadi mengapa tidak menggunakan cara yang sama ?. Memberikan informasi tentang BK dengan audio visual untuk memaksimalkan bimbingan dan konseling itu sendiri. Kenapa tidak ?. Namun sayangnya, audio visual untuk materi yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling masih amat jarang ditemukan.

Semester kemarin, Saya dan teman-teman pasca mencoba membuat sebuah audio visual yang berhubungan dengan BK tentang hubungan sebuah keluarga. Semua berjalan lancar. Hambatan Kami waktu itu hanya satu, komputer dan laptop Kami tidak mampu melakukan kerja berat seperti mengedit lalu merender. Tapi alhamdulillah kami mendapat bantuan dari salah satu dosen berupa izin untuk menggunakan komputer milik Beliau. Akhirnya audio visual untuk BK pun selesai digarap dan hasilnya cukup memuaskan. Harapan Kami, karya ini bisa menjadi sumbangsih bagi dunia pendidikan khususnya materi pelajaran Bimbingan dan Konseling. Jadi jika guru ingin menyampaikan materi tentang hubungan sebuah keluarga bisa menggunakan karya kami ini sebagai alat pendukung.

Satu lagi. Hal yang akan dan tengah Saya lakukan adalah membuat web untuk layanan bimbingan dan konseling. Ya, sebuah web yang isinya tentang dunia BK, juga beberapa informasi yang berhubungan dengan BK, sharing-sharing, serta  melakukan layanan BK secara online. Target Saya adalah orang-orang yang melek teknologi. Baik itu guru, orang tua, siswa, atau masyarakat luas. Siapa saja yang membutuhkan informasi atau layanan bimbingan dan konseling dapat mengaksesnya secara gratis alias free dan bisa diakses dengan mudah yakni bisa melalui smatphone.

Jadi ya begitulah. Itulah salah satu dampak positif dari teknologi yang menyentuh dunia pendidikan terutama bimbingan dan konseling. Dan tentu saja masih banyak dampak postif lain yang dapat Kita rasakan dari yang namanya teknologi.

So, mari melesat maju bersama teknologi.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”

Tagged with:

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar