2

Bisakah kita jadi Genius? (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 12, 2021

Jenius memiliki cara pandang yang berbeda dari biasanya. Cara berpikir jennius merupakan cara berpikir atau pendekatan yang berbeda dari biasanya. cara berpikir yang asli atau berbeda dari biasanya sering disebut dengan berpikir produktif.

Berpikir produktif menurut Richard Feynman seorang penerima Nobel, dapat memicu keberhasilan seseorang dalam belajar. Berpikir yang produktif selalu mencari cara yang baru dalam manghadapi permasalahan. Ide-ide yang luar biasa dapat muncul dengan cara berpikir produktif. Berpikir yang dengan cara biasa disebut dengan cara berpikir reproduktif, yaitu merespon suatu permasalahan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah dilaluinya. Tetapi berpikir reproduktif akan mengalami kendala jika berhadapan pada masalah yang sedikit berbeda. Cara berpikir reproduktif biasanya dialami oleh orang yang berpikir dengan cara biasa. Iq rata-rata biasanya menggunakan cara berpikir yang reproduktif.

Sebagai contoh seseorang yang memiliki cara pandang yang reproduktif dengan IQ rata-rata jika diberikan pertanyaan berapakah hasilnya 13 dibagi 2, maka dengan cepat dia akan menjawab 6.5. Jawaban yang mungkin hampir sama dimiliki oleh orang pada umumnya. Tetapi orang yang berpikir produktif maka akan mencari cara lain atau persepektif lain jawabannya. Bisa jadi jawabannya 1 dan 3 karena bilangan 13 terdiri dari 2 bilangan 1 dan 3, atau enam dan setengah tidak memakai koma, atau dibuat angka romawi XIII maka menjadi xiii dan xiii karena romawi dibelah dua secara horisontal.

Menjadi jenius adalah pilihan yang dapat diambil, beberapa ahli telah membuat penelitian bahwa jenius bukan satu-satunya ditentukan oleh IQ. Tetapi menjadi jenius lebih ditentukan dari kemampuan berpikir produktif. Untuk memiliki berpikir produktif maka ada beberapa strategi yang dapat dilakukan yaitu ada 2 strategi: 1. Melihat yang tidak dilihat orang lain dan 2. memikirkan yang tidak dipikirkan orang lain.

Strategi melihat tidak dilihat oleh orang lain ada 2 cara yaitu tahu bagaimana cara melihat pikiran, dan membuat pikiran jadi kelihatan. Membuat kita tahu cara melihat merupakan melihat perspektif lain yang tidak dilakukan oleh orang lain. Seorang leonardo da vinci percaya bahwa mendapatkan pengetahuan tentang bentuk dari suatu masalah adalah dimulai dari belajar bagaimana menkonstruksi ulang masalah tersebut dengan menggunakan banyak cara yang berbeda. Membuat pikiran jadi kelihatan melalui suatu diagram atau gambar atau yang populer disebut dengan mind map atau diagram ven.

Memikirkan yang tidak dipikirkan orang lain mempunyai beberapa strategi yang dipakai yaitu beberapa curah gagasan atau brain storming. Strategi itu antara lain berpikir lancar, membuat kombinasi-kombinasi asli, menghubungkan yang terlepas satu sama lain, melihat sisi lain, melihat dunia lain, menemukan apa yang tidak anda cari dan membangkitkan semangat kolaborasi.

Jika kita ingin berpikir seperti orang jenius atau berpikir produktif dalam pekerjaaan dan kehidupan maka kita dapat menerapkan beberapa strategi yang ada tadi.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar