2

Bimtek EDM dan E-RKAM Kemenag di Probolinggo (Part 1) (0)

FitriyaniElHasan January 6, 2021

Assalamualaikum bapak dan ibu Guraru. Saya ingin berbagi informasi tentang pengalaman saya selama mengikuti bimtek EDM dan E-RKAM di wilayah saya, Probolinggo.

Sekolah swasta tempat saya mengajar berada dinaungan Kementrian Agama. Dan jabatan saya dimadrasah adalah sebagai bendahara sekolah dan juga yang mengurus laporan BOS dalam aplikasi.

Tepat pada hari jum’at, 1 Desember 2020 lalu saya mendapat utusan dari kepala madrasah saya untuk dapat ikut serta mengikuti Bimtek yang diadakan Kemenag ini. Program ini berlangsung dalam waktu 5 hari yang dimulai pada hari Senin lalu. Begini isi mandat WA-nya:

Assalamu’alaikum War. Wab
Info Terbaru terkait Bimtek EDM dan ERKAM Sbb :

  1. Sekolah yang sudah ditunjuk Wajib mengikutkan 3 Peserta meliputi 1 Kamad, 1 Bendahara dan 1 Staff / Opr Madrasah
  2. Diwajibkan membawa Laptop Masing Peserta karena harus login menggunakan Akun Masing2
  3. Membawa Kabel Roll
  4. Karena nantinya madrasah akan mendapatkan Modem dan Paket Data Telkomsel, disarankan mengaktifkan paket data dengan memasukkan NIK salah satu Peserta per Madrasah. Klau tidak diaktifkan atau tidak digunakan modem yang telah diberi maka konsekuensinya adalah menggunakan Paket data yang ada di HP Peserta
  5. Bergabung dalam Group Rombel 7
  6. Mengisi Biodata Peserta dengan mengklik Link.
  7. Disiapkan FC Buku Rekening Bank Jatim (Bagi yang Sudah Punya), bagi yang belum punya membawa FC KTP
  8. Disiapkan juga FC NPWP

FlashBack sedikit tentang kisah saya yang baru 1 tahun ditunjuk untuk mengatur keuangan madrasah dan juga menghandle pembukuan BOS dimadrasah saya. Itupun awalnya saya menolak karena ini merupakan tanggung jawab yang luar biasa. Pikiran saya waktu itu kalau hal yang berkaitan dengan BOS ini menyangkut dengan tanggung jawab dunia dan akhirat 😀

Ah sudahlah, saya terima saja. Ingin menambah pengalaman dan juga menambah uang saku 🤭 Meski sulit aku terjang saja dengan santai tapi serius. Bismillah..

Nah kembali ke topik lagi, tentang Bimtek. EDM atau Evaluasi Diri Madrasah sudah sering saya dengar, begitupun RKAM atau disebut juga Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah juga pernah saya kerjakan sebelumnya. Tapi kenapa harus disosialisasikan lagi ya??

Ternyata ada huruf ‘e-‘ nya nih. Yang artinya Electronic. Wah bakalan seru ini. Sepertinya keinginan pemerintah sudah mulai melangkah lebih maju dan praktis. Atau diadakan karena ada pandemi ini?? Ah yang pasti saya harus hadir selama bimtek diadakan, dari pada saya ketinggalan.

Saya nantinya tidak sendirian sebagai bendahara madrasah yang menghadiri bimtek, namun juga ada kepala madrasah dan juga staff operator yang juga diwajibkan ikut seperti mandat WA yang sudah dikirimkan. Akan ada kerjasama dan kolaborasi sistem ini nantinya (batin saya).

Semua saya siapkan dengan baik sebelum dimulainya Bimtek. Laptop dan ces ini yang terpenting. Tak lupa fotocopy KTP untuk pembuatan rekening 🤣 untuk apa ya kira-kira kok dibuatin rekening?? (Pura-pura tidak tau saja)

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar