5

1. Bimtek Asistensi SMM ISO 9001:2008 (Part 1) (+3)

Pak Sukani @gurumelekIT September 26, 2013

Assalamualikum Wr. Wb.

Salamat malam Guraru, Bagaimana kabarnya? Semoga Guraru selalu dalam keadaan sehat selalu dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin Ra.

Guraru yang saya hormati, alhamdulillah pada hari ini saya masih bisa meluangkan waktu untuk sharing. Mohon maaf jika saya baru sempat sharing di guraru pada malam hari ini. Hari ini saya ada kegiatan mengikuti bimtek asistensi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di Puncak dengan tema dengan bimtek asistensi SMM ISO 9001:2008, Kita tingkatkan mutu layanan pendidikan SMK di Jakarta Selatan.

Guraru, Bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari yang mulai pada tanggal 25 – 27 September 2013 di Hotel Abdi, Cipayung Bogor yang di buka oleh bapak Kasudin Pendidikan kota administrasi Jakarta Selatan, dalam hal ini diwakili oleh Ibu Latifah selalu Kasi sekolah menengah kejuruan Sudin Pendidikan kota administrasi Jakarta Selatan. Turut hadir pula DR.Hj.Esih Setianingsih,MM selaku pengawas SMK, Bapak Rudi Antoni dan Bapak Denis sebagai narasumber dari SAI Global dan Ibu Tuti dari SMKN 6 Jakarta sebagai pendamping.

Hari pertama ini, Bimtek dimulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pukul 21.00 WIB. Ishoma pukul 18.00 – 19.00 WIB. Bimtek dibuka oleh Ibu Latifah dengan moderator Ibu Esih Setianingsih dan dilanjutkan dengan pengenalan tentang sistem pengenalan mutu ISO 9001:2008 oleh pak Rudi Antoni dari SAI Global.

Sistem manajemen muti ISO 9001: 2008 merupakan sistem manajemen dengan pendekatan kepada pelanggan. Pelanggan pada sistem manajemen mutu adalah pelanggan internal, pelanggan eksternal, pihak yang berkempetingan (interested partied). Untuk dapat menerapkan pemenuhan kepuasan pelanggan ada delapan prinsip dasar manajemen mutu yaitu :

1. Customer Focus ( Perhatian pada pelanggan)

Organisasi bergantung pada pelanggannya dan oleh sebab itu hendaknya memahami kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang dari pelangganya, dan selalu berusaha untuk dapat melampaui harapan pelanggan.

2. Leadership.(Kepemimpinan).

Pemimpin menetapkan kesatuan tujuan dan arah organisasi. Mereka hendaknya menciptakan dan memelihara lingkungan internal tempat orang dapat melibatkan dirinya secara penuh dalam pencapaian tujuan organisasi.

3. Involvement of people (Pelibatan orang).

Orang pada semua tingkatan adalah inti sebuah organisasi dan pelibatan penuh mereka memungkinkan kemampuannya dipakai untuk kemanfaatan organisasi.

4. Process approach. (Pendekatan Proses).

Hasil yang dikehendaki tercapai lebih effisien bila kegiatan dan sumber daya terkait dikelola sebagai suatu proses.

5. Sistem approach to management ( Pendekatan sistem pada manajemen).

Mengetahui, memahami dan mengelola proses yang saling terkait sebagai sistem memberi sumbangan pada keefektifan dan effisiensi organisasi dalam mencapai tujuaanya.

6. Continual improvement ( Perbaikan berkelanjutan).

Perbaikan berlanjut organisasi secara menyeluruh hendaknya dijadikan tujuan tetap  dari organisasi.

7. Factual approach to decision making ( Pengambilan keputusan  berdasarkan Fakta)

Keputusan yang efektif didasarkan pada analisis data dan informasi.

8. Mutually beneficial  supplier relationships ( Hubungan pemasok yang saling  menguntungkan.)

Sebuah organisasi dan pemasoknya saling bergantung dan suatu hubungan yang saling menguntungkan untuk  meningkatkan kemampuan keduanya dalam menciptakan nilai.

Delapan dasar prinsip manajemen mutu tersebut di atas merupakan dasar penerapan sistem manajemen muti ISO 9001:2008.

Demikianlah sharing saya kali ini, semoga dapat memberikan manfaat. Saya menyadari bahwa tulisan saya ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, saya selalu melakukan perbaikan dan terus belajar. Tak ada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang sempurna.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Tagged with: ,

About Author

Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar