14

Yuk, Bikin Materi Edukasi Seru dengan Aplikasi PowerPoint! (0)

Pengelola Guraru November 27, 2020

Setiap hari adalah hari yang menantang bagi para guru dan peserta didik. Khususnya seperti momen sekarang, belajar dan diskusi harus serba online. Kondisi seperti ini tentunya mendorong para guru meningkatkan skill atau kemampuan menggunakan teknologi untuk membuat materi pelajaran. Salah satunya menggunakan aplikasi PowerPoint.

Sebagian guru mungkin saja belum mengulik kecanggihan PowerPoint. Padahal sebenarnya membuat presentasi atau materi belajar menggunakan PowerPoint sebetulnya sangat menyenangkan. 

Kelebihan Aplikasi PowerPoint untuk Mendukung Belajar Online

Selain aplikasi konferensi video, Microsoft PowerPoint adalah salah satu software pendukung untuk menyampaikan materi belajar. Sesuai namanya, yakni ‘PowerPoint’, fungsi aplikasi ini adalah untuk membantu guru menyampaikan poin atau inti pelajaran. Penjelasan lebih detail justru disampaikan secara verbal atau menggunakan video.

Singkatnya, hindari membuat materi dengan teks yang terlalu banyak ketika menggunakan PowerPoint. Buatlah dengan singkat dan semenarik mungkin. Sehingga, ketika Anda menjelaskan materi pelajaran, murid juga ikut terpukau dengan pelajaran yang dijelaskan berkat konten PowerPoint yang tak membosankan. 

Namun, bagaimana cara membuat materi pelajaran menggunakan aplikasi PowerPoint? Simak tips dan cara di bawah ini.

Baca juga: 7 Cara Efektif Belajar Online di WhatsApp

Tips Membuat Materi Pelajaran Seru Pakai Aplikasi PowerPoint

Materi edukasi bisa dibuat dalam berbagai format, salah satunya menggunakan PowerPoint. Namun, sebelum membuat materi pada PowerPoint, Anda bisa mendapatkan beberapa tips di bawah ini terlebih dahulu:

Membuat Draft

Hal pertama yang harus pertama Anda ingat ketika membuat PowerPoint adalah bayangkan Anda sedang membuat sebuah cerita menyenangkan. Catatlah di notes tentang materi apa saja yang ingin disampaikan.

Pilih Layout atau Template Kekinian

Berikan kesan pertama yang membuat murid lebih semangat belajar. Caranya, Anda dapat membuat murid terkesan dengan mencari template yang menarik. Atau guru bisa mencari background kekinian yang disukai para murid. Sesuaikan dengan usia mereka.

Kriteria Pilihan Gambar dan Tata Letak

Syarat memilih gambar dan warna background adalah yang sederhana dan tidak terlalu terang. Hindari warna atau gambar yang terlalu menyilaukan mata. Jangan ragu menggunakan ikon unik seperti emoji atau stiker bunga hingga idol Korea untuk menarik perhatian murid. Namun tentu saja jangan berlebihan, tampilkan di akhir slide atau di salah satu slide saja.

Pentingnya Table of Content

Buatlah TOC atau Table of Content jika materi yang akan disampaikan lebih dari lima slide. TOC memudahkan Anda untuk mencari subject materi yang akan dijelaskan. Biasanya TOC berada di urutan kedua setelah judul presentasi.

Teks Tidak Boleh Mendominasi

Teks yang terlalu banyak dalam PowerPoint bisa saja membuat murid pusing atau tak tertarik sedari awal. Ingatlah, teks yang terlalu banyak akan terasa membosankan. Perkaya presentasi Anda dengan gambar dan video yang menarik.

Pengganti Listicle

Jika Anda terbiasa menggunakan listicle atau urutan menggunakan bullet and numbering untuk membahas sebuah poin penting, cobalah membuat Mind Mapping atau Peta Pemikiran. Metode ini bisa menjadi cara belajar yang menyenangkan dan diakui memudahkan kita untuk mengingat sebuah informasi.

Menampilkan Comic Strip

Tidak ada salahnya jika guru ingin menambahkan comic strip dalam materi PowerPoint. Apalagi cara ini bisa digunakan mulai dari guru PAUD hingga SMA. Semisalnya menjelaskan bagaimana cara menghadapi pandemi COVID-19. 

Mudahnya, guru dapat memberikan sebagian gambar atau link dari sebuah cerita berjudul “Kamu Pahlawanku” yang dirilis Kelompok Referensi Komite Tetap Antarlembaga untuk Dukungan Jiwa dan Psikososial dalam Kedaruratan. Untuk mengunduh naskah cerita untuk usia 6-11 tahun ini berbahasa Indonesia, klik di sini

Jika ditujukan untuk usia remaja, Anda bisa mencari comic strip lucu di Pinterest. Caranya sangat mudah seperti ketika Anda sedang menggunakan Google untuk mencari sebuah informasi.

Baca juga: 5 Aplikasi Video Editing untuk Proses Mengajar

Tutorial Cara Bikin Presentasi Pelajaran Pakai Aplikasi PowerPoint

Jika hal di atas sudah Anda ketahui, berikut cara membuat materi yang menarik agar murid tak bosan dan fokus menyimak penjelasan Anda.

1. Jika guru ingin mencari background atau latar belakang yang sederhana sesuai keinginan, Guru dapat mencarinya di website penyedia gambar secara gratis. Seperti Unsplash.com, Pexels.com, Pixabay.com, dan Freepic. 

Contoh di bawah ini adalah menggunakan Unsplash.com. Caranya; menuju Unsplash.com, ketik foto yang diinginkan pada kolom pencarian, lalu klik Download Free pada foto yang Anda suka.

2. Buka aplikasi PowerPoint di laptop, lalu pilih ‘Blank Presentations’. Jika PowerPoint Anda telah habis masa berlakunya dan tidak bisa digunakan lagi, ketik Microsoft PowerPoint Online di Google, lalu klik “Office Live”. Pastikan Anda sudah mempunyai akun Microsoft. Contoh di bawah ini menggunakan Office Live.

3. Hapus text box yang muncul, lalu sisipkan foto atau latar belakang yang telah Anda download. Caranya; klik Insert, Pictures, lalu pilih “This Device”, dan Choose Files. 

4. PowerPoint akan memberikan rekomendasi layout dari latar belakang yang sudah Anda sisipkan. Contohnya seperti di bawah ini, guru bebas memilih sesuai selera.

5. Tulis judul materi edukasi menggunakan jenis huruf yang atraktif alias tidak kaku. Caranya; klik Insert, lalu pilih Text Box.  Anda bisa menambahkan sebuah kutipan atau quotes yang bisa menyemangati murid atau kutipan lucu. 

6. Lalu mulailah membuat materi sesuai draft yang sudah dipersiapkan. Ingat, gunakan teks singkat berupa poin atau mind mapping beserta gambar yang berkaitan dengan sub judul materi. Referensi layout seperti di bawah ini. Jika Anda menggunakan PowerPoint Live atau versi online, Anda dapat memilih pilihan layout dari ‘Designer’ di kolom kanan. 

7. Agar tak membosankan, pada bagian sub judul, poin atau gambar, Anda bisa mengaturnya menggunakan efek animasi. Caranya; klik teks atau gambar yang ingin diberi efek, lalu klik Animation, pilih ‘Fly in’ atau sesuai selera, lalu klik pilihan efek apakah Anda ingin teks atau gambar muncul dari arah kiri atau bawah.

8. Lalu, untuk menambahkan video sebagai pendukung materi pelajaran, guru dapat menyisipkan konten video pada presentasi. Jika tidak mempunyai video buatan sendiri, Anda dapat menyisipkan video dari YouTube. Jika Anda menggunakan PowerPoint Live, klik Insert, pilih ‘Online Video’, lalu copy paste link YouTube yang diinginkan. Video pun akan muncul.

9. Apabila presentasi sudah selesai dibuat, Anda bisa menyimpannya dengan format PPT atau video. Jika Anda menggunakan Microsoft PowerPoint, cara menyimpan file dalam bentuk video, cukup klik File, Export, Create a Video, lalu Use Recorded Timing and Narration, setelahnya Create video, jangan lupa beri nama file, Save lalu pilih MP4. Dengan menyimpan materi ini dalam bentuk video, guru dapat lebih mudah mengirimnya kepada murid.

Baca juga: 7 Cara Membuat Materi Pembelajaran Online

Itulah tips membuat materi menarik menggunakan aplikasi PowerPoint. Selanjutnya, bagikan informasi ini kepada guru lainnya dan selalu aktif berbagi serta membaca informasi materi pembelajaran dan pendidikan bersama guru, praktisi atau konsultan pendidikan di website Guraru. Gabung Komunitas Guraru untuk saling berbagi dan tetap semangat mengajar!

Belum daftar di Guraru ? Tunggu apa lagi?

Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (14)

  1. Mantap dan sangat mudah untuk digunakan, memang aplikasi Microsoft Power Point pilihan mudah untuk membuat bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini..salam sukses….

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar