0

Bibliobattle : Cara Baru Meresensi Buku (0)

AfanZulkarnain January 21, 2021

Tulisan ke-36 Tahun 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain

Apakah anda pernah mendengar istilah Bibliobattle? Ataukah anda merasa asing dengan hal itu? Namun saya yakin anda pasti mengerti dengan istilah resensi buku. Bibliobattle adalah salah satu cara meresensi buku. Namun tidak menggunakan bahasa tulis seperti biasanya, melainkan dengan disampaikan secara lisan.

Bibliobattle adalah permainan yang berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Jangan salah sangka, meski ada kata battle namun permainan ini tidak mengandung unsur perang maupun kekerasan. Malah sebaliknya, sangat menyenangkan.

Permainan meresensi buku di depan banyak orang ini cukup populer di Jepang, bahkan menjadi ajang tingkat nasional. Dasarnya masyarakat Jepang yang suka sekali dengan membaca membuat mereka tertarik mengikuti ajang ini. Banyak pula yang hanya suka menonton saja aksi para bibliobattler atau presenter buku. Bagi masyarakat Jepang resensi secara langsung dari peserta membuat mereka semakin yakin dengan buku yang akan dibeli. Tak heran banyak penulis buku yang merasa bahwa bibliobattle adalah cara efektif untuk mempromosikan buku-buku mereka.

Dengan durasi presentasi maksimal 5 menit, “Bibliobattler” atau presenter buku akan meresensi buku yang disukainya atau bisa sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Tentunya intonasi, gestur tubuh dan gaya berbicara sangat mempengaruhi ketertarikan penonton. Bibliobattler harus cerdas dalam menghipnotis penonton dengan kata-kata mereka. Para Bibliobattler dan audiens pun dapat saling berinteraksi dan berdiskusi pada sesi tanya jawab untuk mengetahui lebih banyak isi buku

Know books through people, know people through books” yang artinya mengenal buku melalui orang, mengenal orang melalui buku adalah motto dari permainan ini.

Dalam ajang bibliobattle, penjurian dilakukan melalui voting oleh audiens yang sudah mendengarkan resensi dari para Bibliobattler. Satu hal penting dari permainan ini adalah pemenang bukan ditentukan dari cara ia menyampaikan hasil resensi tapi berdasarkan banyaknya buku yang dipilih penonton. Buku yang terpilih akan menjadi Champion Book of The Day. Itulah mengapa banyak yang berpendapat kalau bibliobattle adalah salah satu langkah cerdas untuk mendongkrak penjualan suatu buku.

Permainan Bibbliobattle yang menjadi ajang tingkat nasional di negara asalnya kini mulai mendunia. Di Indonesia sendiri banyak institusi pemerintah yang mengadakan lomba ini. Salah satunya adalah Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia. Tahun 2020 lalu mereka mengadakan ajang bibliobattle secara nasional. Saya adalah salah satu peserta.

Peserta diminta meresensi suatu buku lewat video. Saya meresensi buku berjudul “Hidup Kadang Begitu” yang ditulis oleh Kang Maman dan Gus Nadir. Alasan saya memilih buku tersebut adalah agar orang-orang juga tertarik membacanya. Buku itu sangat menarik. Ada pesan kepada siapapun untuk menerima segala sesuatu dengan ikhlas, meskipun itu sesuatu yang tidak nyaman untuk kita. Membutuhkan waktu dua hari untuk membuat video tersebut. Setelah video didaftarkan, panitia kemudian mengunggahnya di berbagai akun sosial media resmi mereka.

Pemenang kompetisi ini ditentukan oleh jumlah like dari tayangan video tersebut. Alhamdulillah, saya mendapatkan juara ke-2. Sementara rekan saya yang satu madrasah, menduduki juara pertama.

Menurut saya pribadi, Bibliobattle perlu lebih dikenalkan dan digencarkan lagi di kalangan masyarakat Indonesia sehingga dapat meningkatkan minat dan kegemaran membaca. Kita tahu pada tahun 2012, UNESCO merilis minat baca di 61 negara, dan Indonesia berada di peringkat 60. Artinya minta baca masyarakat Indonesia masih rendah. Bibliobattle adalah cara seru mengajak masyarakat untuk membaca buku. Selain itu bibliobattle mimiliki nilai positif lainnya, seperti menambah wawasan, menambah lingkup pertemanan, dan melatih kemampuan berbicara di depan umum.

Bagaimana, tertarik untuk meresensi buku dengan cara bibliobattle?

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar