20

BERTEMU DEDDY MIZWAR, DAPAT LAPTOP BARU (+3)

Taufik Ibrahim September 15, 2013

Deddy n Para Pemenang

Sebuah momen tak terlupakan, ketika Sabtu 14 September 2013 yang lalu saya sempat bertemu dengan seniman hebat yang saat ini juga menjabat sebagai ‘orang nomor dua’ di lingkungan pemerintahan Provinsi Jawa Barat alias sebagai Wakil Gubernur yaitu Bpk. Deddy Mizwar. Pertemuan tersebut terjadi manakala beberapa waktu yang lalu pihak Diskominfo Provinsi Jawa Barat menghubungi saya agar sabtu itu sejak pagi untuk standby di sekitar Gedung Sate, karena direncanakan bahwa prosesi penyerahan penghargaan akan dilakukan sesaat setelah tontonan berbagai  arak-arakan budaya Jawa Barat serta berbagai penampilan kesenian yang sangat menarik. Sebelumnya sempat juga diadakan berbagai sambutan berbagai pihak sponsor seperti oleh Pimpinan Sindo (Seputar Indonesia – Penyiar RCTI) Bapak. Arief Suditomo, serta sambutan beberapa pejabat penting di lingkungan Jawa Barat. Yang membuat pertunjukkan tersebut menjadi sangat berkesan adalah manakala hal itu dilakukan oleh masing-masing instansi di jajaran pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang sehari-hari mereka bekerja sebagai pegawai kantor, namun hari itu sungguh menjadi pemandangan yang sangat berbeda dan begitu ‘berwarna.’

Seperti yang tercantum pada buku panduan acara puncak perayaan HUT Jawa Barat 2013 tesebut yang menyatakan bahwa Semarak Pesta Rakyat Jawa Barat dalam Syukuran Jawa Barat dan latar belakang perwujudannya bernilai strategis bagi terbangunnya inspirasi, inovasi dan kreativitas untuk pemberdayaan Jawa Barat. Pada momen ‘De Syukron 3’ itu juga begitulah tema yang diusung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjadikan hari sabtu tersebut sebagai puncak perayaan pesta rakyat untuk memperingati hari jadi Provinsi Jawa Barat yang ke-68 sedianya akan dilakukan prosesi pemberian penghargaan kepada masyarakat Jawa barat yang telah dianggap membantu peningkatan pembangunan masyarakat Jawa Barat terutama lewat IT atau TIK. Oleh karena itu, sejak tiga tahun lalu Dinas Komunikasi dan Informasi yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara rutin mengadakan kegiatan pemberian penghargaan yang dinamakan Anuerah TIK Jawa Barat atau yang sekarang dikenal dengan istilah Jabar IT Award 2013.

Pada saat yang bersamaan di sekitar Gedung Sate tersebut juga diadakan pameran IT dari berbagai instansi dan kampus serta berbagai stand  dengan berbagai tema yang diusung  berdiri mengelilingi gedung kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut. Nah, saya pun mendapat kesempatan untuk memperkenalkan Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK melalui stand yang saya tempati yaitu di Stand Pojok Pendidikan pimpinan Bpk. Djadja Sardjana (pendidikpembebas.wordpress.com), sebuah komunitas orang-orang di lingkungan Comlabs USDI ITB Bandung yang peduli terhadap budaya kreasi dan inovasi seputar pendidikan. Beberapa pengunjung dari berbagai institusi dan kampus sempat mampir di stand kami sekedar untuk bertanya dan berdiskusi tentang Inovasi Pembelajaran yang kami kembangkan dan yang membuat saya bertambah senang adalah manakala saya dapat berkenalan dengan Kepala Desa Mandala Mekar, Jatiwaras, Tasikmalaya yaitu Bpk. Yana Noviadi yang juga menjadi Juara pada ajang anugerah TIK Jawa Barat tersebut khususnya untuk kategori Komunitas TIK lewat pemanfaatan media Radio Komunitas Ruyuk FM-107,80 MHz (website: http://mandalamekar.desa.id/). Meski namanya seorang kepala desa, namun beliau berhasil mendorong warganya untuk mengenal dunia TIK lewat website dan radio komunitas yang ia kelola bersama warga di desa tersebut. Salut!

Berpose bersama Kepala Desa Mandala Mekar Bpk. Yana Noviadi!

TheSyukuron3019TheSyukuron3100

 

Berbincang dengan Mas Sandi Andrian, seorang penggiat web di: http://coderalliance.com/TheSyukuron3106

Akhirnya, sekitar pukul 10.30 tibalah saatnya bagi para pemenang anugerah Jabar IT Award 2013 untuk bertemu, bersalaman dan menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh sang Wakil Gubernur yaitu Bpk. Deddy Mizwar yang berkenan hadir di perayaan HUT Provinsi Jabar tersebut. Sungguh senang tentunya, saat saya yang menjadi satu-satunya pemenang yang datang dari luar Bandung, yaitu Kota Depok ini dikarenakan untuk pemenang kategori Produk Inovasi TIK semuanya berasal dari Kota Bandung seperti mahasiswa ITB dan institusi sekolah di sekitar Bandung. Piagam bertanda tangan Gubernur Jawa Barat dan Laptop baru menjadi jawaban tuntas bagi upaya para pemenang yang selama ini bekerja keras menghasilkan karya inovasi di bidang TIK. Insya Allah laptop ini akan saya manfaatkan untuk terus berkreasi dan berinovasi terutama di bidang pembelajaran dan juga ikut serta meramaikan web guraru ini.

Opik n Wagub1

Lalu apa sebenarnya rahasia bagaimana akhirnya saya bisa beruntung untuk menjadi salah satu pemenang anugerah Jabar IT Award tahun 2013 ini? Tunggu artikel saya selanjutnya!

Terima kasih saya ucapkan buat Diskominfo dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat!

Manuk hiberku jangjangna, jalma hirupku akalna! (Inspiring Society).

Salam Inovasi!

http://taufikibrahim.wordpress.com/

1,847 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (20)

  1. Belajar dari saya? Wah menghibur nih ye, lihat donk pak, mana artikelku? Hayo bapak fokus pada laptop baru, tuh pak Sukani yang aduhai, saya membaca, belajar, dan menerapkan masukan pak Sukani saja kuwalahan tak teratasi, hehehe. I don’t think so pak. Indahnya sharing ya, salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar