0

Berkolaborasi dan Berkontribusi di TPN VIII (0)

rusdi mustapa, s.pd November 13, 2021

Alhamdulillah. Ucapan syukur kepada Allah SWT. Tahun ini menjadi pengalaman pertama mengikuti gelaran Temu Pendidik Nasional (TPN) VIII 2021. Selama ini hanya sekedar membaca dan mengikuti saja lewat media sosial. Sangat inspiratif dan memotivasi segenap pendidik, termasuk saya tentunya🤗🤗

Apa itu Temu Pendidik Nusantara?

Temu Pendidik Nusantara adalah wadah bagi para pendidik untuk saling belajar dan berbagi praktik baik dalam bentuk konferensi tahunan. Setiap tahun, Temu Pendidik Nusantara mengusung tema yang berbeda, kontekstual dengan permasalahan yang dihadapi pendidik di ruang kelas.

Tema yang diangkat tahun ini adalah “merayakan asesmen”.

Asesmen menjadi bagian esensial dari pendidikan. Asesmen yang baik tidak menghakimi murid melainkan memberdayakan mereka menjadi pribadi yang merdeka belajar. Tema Merayakan Asesmen, Mendesain Ekosistem Merdeka Belajar dipilih atas dasar keyakinan bahwa asesmen memampukan pendidik untuk membangun ekosistem merdeka belajar di ruang kelas.

Apa yang bisa didapatkan di Temu Pendidik Nusantara VIII?

Ada beberapa kelas yang dibuka dan bisa dipilih sesuai kebutuhan pendidik. Kelas-kelas itu antara lain :

Kelas Kemerdekaan

Praktik baik pembelajaran dan kepemimpinan praktis dari para pendidik yang telah berhasil menerapkannya.

Bagian dari semangat berkolaborasi, saya memberanikan diri mendaftar jadi salah satu pembicara. Membagikan praktik baik pembelajaran sejarah di masa pandemi dengan membuat Infografis.

Pelibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran daring dengan membuat Infografis sejarah adalah praktik baik yang saya lakukan. Mengajak siswa untuk menjadi unsur utama dalam pembelajaran. Saya berperan sebagai fasilitator mendukung siswa mencapai tujuan. Pengalaman praktik baik inilah yang ingin saya bagikan di kelas kemerdekaan dalam TPN VIII.

Kelas Kompetensi

Penguasaan kompetensi penting bersama para pelatih guru belajar yang piawai di bidangnya

Kelas Kolaborasi

Kesempatan berjejaring dengan para pendidik dari berbagai daerah

Kelas Karier

Inspirasi berkarier dari para guru dan kepala sekolah yang telah mencapai karier impian dengan pendekatan karier protean

Kelas Global

Inspirasi pembelajaran, dan kepemimpinan dari narasumber mancanegara

Pameran Karya

Inspirasi berkarya dari karya murid, guru dan sekolah.

Tentu kesempatan yang sangat berharga bisa bertemu via online dengan insan pendidikan dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Menghadiri Temu Pendidik Nusantara VIII menghubungkan kita dengan praktik baik pembelajaran dari 1000 guru, kepala sekolah, dan penggerak pendidikan dari berbagai penjuru Indonesia. Keberagaman ide hasil dari buah pikiran dan tindakan para pembicara sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Bagi saya, pandemi memberikan kesempatan pendidik untuk mengembangkan pembelajaran yang bermakna untuk siswa.

Dengan berbagai model pembelajaran yang disesuaikan pandemi, tentu menjadi tantangan tersendiri untuk pendidik. Selanjutnya kita bisa membagikan pada pendidik yang lain agar semangat kolaborasi dan kontribusi bagi pendidikan Indonesia lebih terasa. Inilah semangat yang ingin dibangun dari gelaran Temu Pendidik Nasional VIII tahun ini.

Mari berkolaborasi dan berkontribusi 🤗

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar