11

Berhentilah Menulis untuk Membaca Tulisan Orang Lain (+3)

wijaya kusumah January 9, 2014

Kesalahan para penulis pemula adalah merasa yakin tulisannya akan dibaca banyak orang orang. Padahal belum tentu.

Tulisan itu akan dibaca oleh orang lain ketika tulisan itu menarik dan enak dibaca. Itulah kenyataannya.

Untuk bisa menulis yang enak dibaca dan menarik, tentu kita harus banyak membaca tulisan orang lain. Di situlah kita akan mempunyai bekal dalam menulis. Penulis yang baik adalah pembaca yang rakus.

Seringkali saya perhatikan, bagi mereka yang sedang suka-sukanya menulis, terkadang tak memperhatikan  tulisan orang lain, sehingga tulisannya datar dan biasa-biasa saja.

Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Pembaca yang baik adalah mereka yang mampu menangkap pesan dari sang penulis.

Berhentilah menulis untuk membaca tulisan orang lain. Lalu bersilahturahmilah kembali dengan tulisanmu sendiri. Di sana akan kau temui kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki bila tulisanmu ingin dirajut menjadi buku yang memikat hati.

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com 

Tagged with: , ,

About Author

wijaya kusumah

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Dosen STMIK Muhammdiyah Jakarta, dan Guru TIK SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : [email protected]

View all posts by wijaya kusumah →

Comments (11)

    • Ada satu resep rahasia Om Jay pas kami berjalan sepanjang Jalan Pemuda sepulang menonton film Sukarno beberapa waktu lalu, biarlah itu menjadi topik tulisan Om Jay berikutnya hehehe

  1. Benar bapak, sekarang saya sedang berhenti menulis, karena sedang membaca tulisan bapak dan tulisan yang lain. Terima kasih, Insya Allah saya memperoleh sesuatu yang amat berbeda dan menarik untuk dinalar dan dikembangkan, atau mungkin membuat saya teringat akan sesuatu. Hehehe, sip deh pak. Salam membaca dan menulis.

  2. Kalau ingin menulis terus padahal Anda sedang ingnin membaca? Ya, caranya baca tulisan yang sedang ditulis itu, hehe. Tapi maksud Om Jay tuh biar kita bisa melihat lebih dan kurangnya tulisan kita dibandingkan dengan tulisan orang lain. Begti kan Om Jay?

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar