18

Pak Sukani Berbagi pengalaman dengan guru-guru SMP Negeri 14 Depok (+4)

Pak Sukani @gurumelekIT February 16, 2014

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat sore guraruers, bagaimana kabarnya? Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Guraruers yang saya banggakan, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang “Berbagi pengalaman dengan guru-guru SMP Negeri 14 Depok”.

Sabtu, 15 Pebruari 2014 saya bagun lebih pagi untuk bersiap-siap mempersiapkan segala sesuatu dan berangkat ke SMP Negeri 14 Depok karena adanya undangan mengisi materi IHT (In House Training) “Sosialisasi dan implementasi kurikulum 2013 serta pemanfaatan blog menuju kota Depok berbasis cyber city”. Seperti biasanya saya senantiasa datang lebih awal agar tidak terlambat. Saya memang belum pernah ke SMP Negeri 14 depok Jl. Kemang Dalam 20 Komplek ARCO-Durenseribu Kecamatan Bojongsari sehingga harus mencarinya sendiri mengikuti petuntuk pak Subhan dan alhamdulillah tidak nyasar. He..he..he..

Sabtu merupakan hari libur bagi rekan-rekan guru di SMP Negeri 14 Depok namun tidak menyurutkan niat mereka untuk ke sekolah mengikuti kegiatan IHT. Luar biasa semangatnya! Inilah yang menjadi salah satu kekuatan guru-guru di sana. Disamping itu pula guru-gurunya ramah-ramah dan baik membuat saya nyaman dan betah. IHT hari ini (15/2/2014) merupakan hari ke-2 setelah sehari sebelumnya IHT diisi dengan materi pembuatan “Blog Pembelajaran” oleh Bapak Subhan, S.Pd.

Pukul 07.25 WIB saya sampai di tempat IHT dan merupakan yang paling awal. Kalau melihat jadwal di undangan kegiatan IHT dimulai pukul 08.00 WIB. Seperti biasa saya langsung melihat-lihat suasana dan lingkungan di SMP Negeri 14 Depok. Suasananya asri, nyaman, sejuk dan segar karena masih banyak pepohonan. Dua menit kemudian datanglah pak Budiyanto, S.Pdi (Kepala SMP Negeri 14 Depok) dan pak Sujai memberikan salam dan menuntun saya menuju ruang tamu. Selanjutnya di sana saya bertemu pak Subhan, Ibu Desi, pak Andi dan yang lainnya. Bercengkrama dengan penuh persahabatan.

Kegiatan IHT dibuka bapak Budiyanto,S.Pdi selaku kepala sekolah dengan moderator pak Sujai, memberikan motivasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas kesedian waktunya  mengikuti kegiatan IHT tersebut. Kegiatan IHT ini dalam rangka menambah pengetahuan guru dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar di SMP Negeri 14 Depok untuk menyongsong kurikulum 2013.

Akhirnya tibalah saya sharing pengalaman dengan guru-guru hebat di SMP Negeri 14 Depok. Adapun materi yang saya sampaikan adalah :

  1. Motivasi guru untuk meningkatan mutu sekolah
  2. Perubahan paradigma guru dalam pembelajaran dan penilaian
  3. Konsep penilaian pada kurikulum 2013
  4. Penggunaan Classdojo dalam presensi dan penilaian sikap
  5. Penggunaan Software Penilaian Digital
  6. Penggunaan Google Drive untuk penilaian
  7. Penggunaan Edu20 sebagai media pembelajaran dan penilaian
  8. Penggunaan blog sebagai media pembelajaran dan penilaian

Berikut ini adalah beberapa tampilan presentasi :

1

2

3

4

5

6

0000

00

Kegiatan IHT yang dimulai dari pukul 08.00 s/d 15.00 WIB dipimpin dan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 14 Depok bapak Budiyanto, S.Pdi alhamdulillah dapat berjalan lancar.

Berikut ini adalah beberapa foto kegiatan IHT tersebut :
0

1

1d

1e

2

3

Terakhir saya sampaikan rasa terimakasih kepada SMP Negeri 14 Depok yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berbagi pengalaman dengan guru-guru di sana. Khusus kepada bapak Subhan, pak Sujai, pak Andi dan ibu Desi saya ucapkan banyak terimakasih.

Kepada sahabatku bapak Taufik Opikibra, semoga lekas sembuh pak. Kemarin saya tidak bertemu dengan bapak. Gambar animasi ini saya persembahkan buat bapak Tufik Opikibra dan Pak Subhan.

ice sukani taufik subhan

Gambar Pak Sukani, Pak Taufik Opikibra dan Pak Subhan Jalan-jalan. he…he…

Demikian sharing saya guraruers. Semoga bermanfaat dan memberikan motivasi kepada kita semua.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Salam sukses buat kita semua..!!!

Pak Sukani dilukis2
pak sukani cooltext1242648442

About Author

Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (18)

  1. Senang…Sedih…Senang lagiii…! Tiga kata itu mewakili apa yang saya rasakan membaca artikel ini.
    1. Senang = Mas Sukani mau dan mampu berbagi lagi dgn guru2 di depok khususnya buat rekan2 saya di Devlas!

    2. Sedih = lagi-lagi saya gak sempat hadir di kegiatan Devlas tersebut dan juga masih sedih kehilangan “orang tua” saya Bpk.Moch.Nurdin (Sekdis Depok)yang wafat bbrp waktu yang lalu! :'(

    3. Senang lagi = Menyaksikan video kreatif dan kocak ala Mas Sukani! Tengkyu Mas Bro! 🙂

    http://taufikibrahim.wordpress.com/

  2. Terimakasih pak Taufik atas komentarnya. Bagaimana keadaan bapak, apakah sudah membaik? semoga lekas sembuh pak. Terimakasih sudah diberikan kesempatan berbagi pengalaman di SMP Negeri 14 Depok.

    Saya juga turut merasakan sedih atas meninggalkan bapak Nurdin (Sekdis Depok), beliau orang baik dan konsen banget mendorong guru-guru agar memanfaatkan IT untuk pembelajaran. Kita sama-sama kehilangan pak. Semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Amin ya Ra.

    Salam buat keluarga,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar