7

Berbagi Ice Breaker: Penempatan Angka (+3)

Usep Saefuddin June 7, 2015

Pada kenyataannya, ice breaker sangat bermanfaat dalam proses belajar mengajar di kelas. Ice breaker berfungsi untuk melatih konsentrasi dan kesiapan belajar peserta didik. Dalam kesempatan ini saya akan mencoba berbagi salah satu ice breaker penempatan angka yang mudah-mudahan bermanfaat dalam melatih kemampuan pemecahan masalah dan logika peserta didik.

Disajikan angka 1,2,3,4,5,6,7,8. Peserta didik diminta untuk menempatkan angka-angka tersebut dalam gambar bentuk di bawah ini dengan ketentuan tertentu.

Jaring Aritmetika 1

Ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Setiap angka ditempatkan tepat pada satu persegi panjang (tidak boleh ada angka yang sama atau ditulis dua kali)
  2. Setiap angka yang berurutan tidak boleh ditempatkan berdekatan. Contoh: Angka 1 tidak boleh berdekatan dengan 2, angka 3 tidak boleh berdekatan dengan 4 dan 2, angka 4 tidak boleh berdekatan dengan 3 dan 5 dan seterusnya.
  3. Angka yang tidak berurutan, boleh berdekatan. Contoh: angka 1 boleh berdekatan dengan 3,4,5,6,7,8. Angka 2 boleh berdekatan dengan 4,5,6,7,8 dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan gambar berikut ini.

Jaring Aritmetika 3

Jaring Aritmetika 2

Dari penjelasan di atas, silakan rekan-rekan guru untuk mencobanya, agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Kata kuncinya adalah TUNGTENG (TUNGTUNG/UJUNG ditempatkan di TENGAH)…..Selamat Mencoba…..

Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar