0

Berbagi Berkolaborasi di TPN VIII (0)

rusdi mustapa, s.pd November 22, 2021

Alhamdulillah. Gelaran Temu Pendidik Nusantara (TPN) VIII telah usai dengan meninggal kesan mendalam untuk seluruh peserta. Gelaran tahunan yang digelar oleh Yayasan Guru Belajar bekerjasama dengan Wardah Inspiring Teacher 2021 dilaksanakan pada 20 – 21 Nopember 2021. TPN VIII merupakan sarana segenap insan pendidikan, baik guru, kepala sekolah dan pengawas, untuk berbagi dan berkolaborasi tentang pengalaman praktik baik yang telah dilakukan.

Alhamdulillah tahun ini saya ikut menjadi salah satu pembicara dalam TPN VIII terutama di kelas kemerdekaan yang terbagi dalam beberapa kelompok. Bersama lima pembicara yang lain, saya membagikan pengalaman pembelajaran sejarah di masa pandemi dengan membuat Infografis. Presentasi dipandu oleh mas Affan Darmawan melalui Streamyard. Ini pengalaman kedua saya presentasi dengan streamyard.

Pembelajaran sejarah membuat Infografis dilatarbelakangi oleh kenyataan siswa saya yang kurang antusias membaca buku materi. Padahal salah satu kunci keberhasilan siswa belajar sejarah harus rajin baca buku. Ada berbagai alasan siswa, mulai dari materi yang terlalu banyak harus dipelajari, tampilan buku materi yang kurang menarik serta kurang antusiasnya siswa. Tentu hal ini mengganggu dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Infografis saya pilih sebagai sarana belajar sejarah karena siswa bisa mempelajari materi dengan sajian yang lebih menarik. Di sana ada gambar, warna, bentuk dan konten materi. Sejarah yang ditampilkan dengan visualisasi akan lebih mudah dipahami. Namun dalam pembelajaran ini, siswa tidak hanya sekedar melihat Infografis yang sudah jadi, tapi mereka membuat sendiri. Hal ini saya lakukan agar siswa memiliki pengalaman baru dalam hal membuat infografis.

Langkah-langkah yang saya lakukan adalah, pertama, mengundang siswa bergabung di kelas Canva yang saya buat. Caranya membagikan link untuk bergabung kelas Canva. Kedua, saya membuat video tutorial membuat infografis menggunakan aplikasi Canva yang saya upload di channel YouTube ( bisa dilihat di sini ). Siswa membuat Infografis di kelas Canva masing-masing. Untuk membuat infografis, siswa saya wajibkan membaca buku materi terlebih dahulu. Hal ini untuk mendorong siswa mau membaca buku yang selama ini mereka kurang antusias ( materi presentasi TPN bisa dilihat di sini ).

Siswa bekerja dengan penuh semangat karena rata-rata belum pernah membuat infografis. Tentu menjadi pengalaman yang berkesan buat siswa. Bagaimana mereka menterjemahkan hasil membaca buku menjadi infografis yang menarik. Tentu sangat efektif ketika siswa membuat Infografis berdasarkan pemahaman materi yang telah mereka dapatkan dari hasil membaca. Infografis juga bisa mendorong daya kreasi dan inovasi siswa. Bagaimana mereka membuat desain infografis sesuai kreasi masing-masing. Saya berperan sebagai fasilitator siswa.

Dengan pembelajaran sejarah membuat infografis, siswa bisa lebih memahami materi karena mereka membaca kemudian memvisualkan dalam bentuk infografis. Hal ini juga sebagai wujud dari prinsip merdeka belajar.

Salam Merdeka Belajar 😀

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar