5

Belajar Sejarah (lebih asyik) dengan Permainan Make A Match (+5)

Rusdi Mustapa May 15, 2015

Belajar sejarah sambil bermain ? memang bisa ? Barangkali inilah pertanyaan yang muncul saat membaca judul di atas. Tapi inilah yang sudah saya lakukan bersama-sama dengan siswa/siswi MAN 1 Surakarta. Pembelajaran sejarah yang sudah terlanjur identik dengan ceramah ternyata bisa dikemas dengan suasana yang menyenangkan. Hal ini merupakan upaya agar siswa mendapatkan suasana baru dalam pembelajaran sejarah. Sehingga rasa bosan dan mengantuk yang sering menghinggapi siswa saat pelajaran sejarah akan berubah dengan suasana yang menyenangkan, menggembirakan dan tentu saja membangkitkan minat siswa mempelajari sejarah.

SAM_1941

Permainan yang saya lakukan bersama siswa/siswi bernama permainan Make a Match ( mencari pasangan). Idenya adalah seperti menjodohkan. Jadi antar siswa saling mencari pasangan di antara mereka. Tapi jangan salah lho ya….pasangan di sini adalah antara pernyataan dan jawaban. Tentu saja pertanyaan dan jawaban dari materi sejarah yang telah mereka terima. Bisa dikatakan ini juga evaluasi materi yang telah saya sampaikan, hanya bentuknya berupa permainan.

Nah, bagaimana langkah-langkah melaksanakan permainan make a match ?

1) Menentukan materi

Kalau bisa materi yang digunakan adalah materi yang telah selesai disampaikan. Dalam kesempatan permainan kali ini saya mengangkat materi Pengantar Ilmu Sejarah. Sebelum permainan saya sudah menyampaikan agar siswa mempelajari materi tersebut.

2) Mempersiapkan alat-alat

Alat-alat yang diperlukan dalam permainan make a match, di antaranya kertas karton untuk membuat kertas pernyataan dan kertas jawaban. Kalau bisa warna kertasnya berbeda. Selain itu juga mempersiapkan peluit dan stop watch.

3) Melaksanakan permainan

SAM_1938

Suasana permainan make a match

Karena permainan ini merupakan permainan yang memerlukan tempat luas, maka siswa di ajak ke luar kelas. Permainan dilaksanakan di halaman sekolah. Teknisnya adalah sebagai berikut :

– Siswa dikumpulkan di halaman sekolah untuk diberikan penjelasan tentang aturan permainan make a match

– Guru membagikan kertas pernyataan dan kertas jawaban secara acak kepada siswa

– Guru meniup peluit tanda permainan dimulai. Sebelumnya disampaikan bahwa batas waktu permainan adalah 5 menit. Siswa yang setelah batas waktu yang ditentukan belum menemukan “pasangan“nya maka akan diberi sangsi. Sangsi ditentukan bersama oleh seluruh siswa. Sangsi bukan dalam bentuk fisik tetapi yang menghibur, misalnya disuruh menyanyi, menari, baca puisi atau yang lainnya.

– Siswa mulai mencari “pasangan” nya masing-masing. Siswa yang memegang kartu pernyataan dan kartu jawaban saling mencari “pasangan” nya. Setelah menemukan “pasangan” nya, siswa memisahkan diri dari siswa yang belum menemukan “pasangan” sambil menunggu “pasangan” yang lain.

SAM_1937

Siswa bersama ” pasangan” nya

SAM_1947

– Setelah waktu yang ditentukan berakhir, siswa dikumpulkan guru dengan membentuk lingkaran oleh guru. Kemudian guru menanyakan “pasangan” siswa secara urut. Jika “pasangan” tepat maka siswa yang lain memberi tepuk tangan. Jika ternyata “pasangan” salah maka siswa yang lain memberi sangsi yang menghibur, misalnya di suruh bernyanyi, menari, baca puisi bersama “pasangan“nya, dan begitu seterusnya hingga habis.

– Di akhir permainan guru menyimpulkan bersama siswa tentang kegiatan yang telah dilakukan

SAM_1942

Suasana permainan yang menyenangkan

Dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan permainan make a match terbukti siswa lebih enjoy dalam mempelajari sejarah dan tentu saja mereka mendapatkan pengalaman  baru yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Akhirnya diharapkan prestasi belajar siswa juga akan lebih meningkat. Apa yang telah saya lakukan bersama siswa/siswi MAN 1 Surakarta merupakan ikhtiar agar kualitas pembelajaran lebih meningkat. Semoga bisa memberikan warna baru dalam pembelajaran sejarah di sekolah khususnya dan pendidikan Indonesia umumnya.

SAM_1966

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar