3

Belajar Sejarah Asyik Membuat Infografis (0)

rusdi mustapa, s.pd October 28, 2021

Pandemi covid 19 menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini. Sebagai upaya untuk mencegah pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah meminta murid untuk belajar di rumah. Mulai 16 Maret 2020 hingga sekarang sekolah menerapkan metode pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring sebagai pilihan tunggal dalam kondisi pencegahan penyebaran Covid-19 memberi warna khusus pada masa perjuangan melawan virus ini. Bahkan bentuk pembelajaran ini juga dapat dimaknai pembatasan akses pendidikan. Pendidikan yang lumrah berlangsung dengan interaksi langsung antar unsur (pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik) beralih menjadi pembelajaran interaksi tidak langsung.

Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan murid tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun murid berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media online.

Pembelajaran daring yang menerapkan penggunaan teknologi menjadi kebutuhan di masa pandemi. Inilah yang saya laksanakan dalam pembelajaran sejarah membuat infografis menggunakan aplikasi Canva. Pemilihan media infografis dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa selama ini materi sejarah yang disampaikan hanya berupa file powerpoint atau video sejarah. Murid tinggal mempelajari atau menyimak secara mandiri sehingga menyulitkan memahami materi.

Di awal  pembelajaran daring, murid saya minta masukan pembelajaran sejarah daring seperti apa yang mereka inginkan. Banyak usulan yang disampaikan, ada yang menginginkan materi disampaikan lewat grup WhatsApp, Google Meet, Google Classroom, dan lewat gambar. Dari sekian usulan tersebut saya  memilih gambar sebagai media pembelajaran daring sejarah. Pemilihan gambar dirasa lebih efektif dalam menyampaikan materi sejarah karena ada visualisasi materi yang sedang dipelajari. Selain itu tidak dipungkiri siswa memang suka dengan gambar karena lebih mudah dipahami.

Flyer Kegiatan Membuat Infografis Sejarah

Pembelajaran daring sejarah membuat infografis dilaksanakan di kelas 11 IPA 1, 11 IPA 2, dan 11 IPA 3 semester ganjil 2021/2022 materi “Kolonialisme-Imperialisme” dan “Masuknya Bangsa Barat ke Indonesia”. Saya membuat kelas Canva yang menjadi tempat murid mengirim infografis. 

Infografis Sejarah di kelas Canva

Selain itu juga  membuat video tutorial cara membuat infografis yang diupload lewat  youtube (https://www.youtube.com/watch?v=IE9oA2zbMmk&ab_channel=pakRMChannel).

Proses kreativitas membuat infografis dimulai dengan membaca materi, membuat rancangan desain infografis, dan membuat infografis di kelas Canva. Dalam proses pembuatan infografis, semua murid diharuskan membaca buku materi sebagai sumber utama pembuatan infografis. Saya memberikan masukan-masukan terkait konten materi, sedang yang terkait unsur kreativitas sepenuhnya diserahkan pada siswa. Aspek yang dinilai adalah konsep dan konten infografis. Saya menekankan sebagus apa pun infografis jika tidak sesuai dengan konten maka hasilnya kurang maksimal. Karena itu membaca buku materi menjadi kunci keberhasilan membuat infografis.

Kompilasi Infografis Karya Siswa

Setelah melalui beberapa kali proses pendampingan secara daring melalui grup WhatsApp dan kelas Canva, seluruh murid berhasil menyelesaikan pembuatan infografis sesuai tenggat waktu yang saya berikan. Berbagai bentuk infografis tersaji dengan sangat indah. Murid mampu menterjemahkan apa yang saya harapkan yaitu mampu membuat infografis berdasarkan hasil pemahaman dari materi yang dibaca. Mereka berusaha membuat infografis yang terbaik karena rata-rata sebelumnya belum pernah membuat infografis.

Refleksi Pembelajaran Sejarah Membuat Infografis

Pembelajaran di masa pandemi memberikan pengalaman baru, baik untuk guru dan murid. Guru bisa mengembangkan pembelajaran daring dengan memanfaatkan berbagi sumber belajar online yang semakin terbuka sedangkan murid bisa mendapat pengalaman baru dengan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, sehingga bisa meningkatkan kompetensi dan kreativitasnya.

#KompetisiArtikelGuraru #HariGuruSedunia

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar