10

Belajar Sambil Main, Main Sambil Belajar (+6)

Rama Wibi May 8, 2015

Tahun Pelajaran ini sungguh keren banget menurut saya, selain banyak aplikasi pendidikan yang baru, saya juga diberi kepercayaan untuk memberi materi Simulasi Digital untuk jenjang SMK, materi Sim_Dig adalah mata pelajaran reinkarnasi untuk semua guru di SMK, dengan mengganti namanya saja tetapi materi didalamnya tidak banyak berubah dengan mata pelajaran terdahulunya.

Media pembelajaran ini saya “temukan” saat lagi malas-malasan untuk bermain internet, muncul di salah satu web berita luar negeri CNN, yang awalnya malas seketika saya langsung bersemangat untuk melakukan sign in dan mempelajarinya. Sebagian atau hampir semua peserta didik saat ini memang sudah tergila-gila dengan yang namanya game online yang makin marak, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di game online, lebih asik, lebih keren. Sama seperti kita yang dijamannya tergila-gila dengan permainan dindong ataupun game boy, hehehehehhehe.

Dilarang gak mungkin, dibatasi apa lagi, jadi salah satu jalannya adalah di akomodir dengan mengikut sertakan tugas dan tanggung jawab didalam game online tersebut. Adalah classcraft.com yang mengerti itu semua, game yang diciptakan oleh guru di Kanada ini menjawab semua tantangan guru-guru dan para orangtua untuk membebaskan anaknya bermain game online tetap dengan adanya tanggung jawab dan peran serta pendidikan didalamnya.

classcraft

Menggunakan clascraft mengingatkan saya dengan model pembelajaran RPG (Role Playing Games) sebagai pendidik kita pasti pernah melakukan model pembelajaran tersebut, namun kali ini wadahnya seperti tersalurkan dan lebih nyata tampilannya, saat pertama kali saya publish ke anak-anak di kelas X TKJ 2 mereka tidak terlihat suka, mereka malah sangat antusias dan mau langsung memilih mau jadi apa mereka didalam permainan tersebut.

Senang pastinya saat satu kelas semuanya mau aktif dan bukan hanya sekedar aktif malah bisa disebut overreaktif setiap pembelajaran saya dengan materi-materi dan project-project yang saya berikan. Media classcraft ini memang baru saya uji cobakan kepada 1 kelas dahulu, mengingat program ini yang baru berjalan di Juni 2014, takutnya jika saya menggunakan ke seluruh kelas pihak dari classcraft-nya belum siap dalam hal server dan segala macamnya. Namun dengan mendapatkan 1 kelas yang sangat antusias ini, rasanya sudah lebih dari cukup bagi saya untuk menggunakan media pembelajaran ini, terlebih lagi di bulan Februari kemarin pihak classcraft sudah membuatkan versi mobile untuk Android dan iOs, jadi bisa lebih mudah lagi digunakan diluar ruang kelas.

 

classcraft.com

Kurikulum 2013 “memaksa” kita untuk lebih mengerti dengan para peserta didik, dan melalui game online ini pula para peserta didik merasa lebih ADA didalam kelas, mereka bisa menginginkan apa yang mereka inginkan didalam kelas, seperti membawa makanan, dapat mendengarkan musik, mendapatkan poin tambahan ketika ulangan dan macam-macam lagi “kebebasan” yang dapat mereka gunakan dengan menggunakan kekuatan mereka masing-masing.

 

classcraft_1

Untuk mendapatkan kekuatan mereka harus bisa menambah HP dan AP, untuk meningkatkan hal tersebut kita sebagai guru yang menentukan, melalui project, melalui pembelajaran didalam kelas atau diluar kelas, melalui tingkah laku para peserta didik dan juga kekompakan mereka sebagai suatu tim dalam permainan tersebut.

Dengan pembelajaran sudah mendekati akhir semester genap ini, maka mereka semakin berlomba-lomba lagi untuk menyelesaikan misi yang saya berikan. Akhirnya mereka dapat bermain game online baik itu didalam kelas atau dirumah tanpa harus saya khawatir project / tugas dan misi yang saya berikan tidak lagi dilaksanakan. Dan saya tidak sabar untuk menunggu T.P tahun depan dengan hal-hal yang baru pastinya.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

 

~r4,20150508~

Comments (10)

  1. sayang di negara kita game online seperti classcraft belum begitu booming…
    tapi yang offline juga ada yang menarik seperti
    HARVEST MOON yaitu game yang mendidik dan mengenalkan pada gamer untuk bisa mengatur waktu dalam mengelola pertanian mulai dari bercocok tanam hingga merawat ternak.
    SIM sebuah game simulasi kehidupan yang mengharuskan pemain untuk bisa berinteraksi dengan sesama sebagai makhluk sosial
    ada lagi yang lain?

  2. @UmarTholib : Alhamdulillah sampai akhir semester genap ini mereka ketagihan meminta project dan materi karena bisa menambah kekuatan mereka dalam game tersebut.

    @M.Subakri : sampai saat ini ketagihannya karena mereka menginginkan project / tugas yang terus menerus untuk menambah kekuatan mereka.

    @Iwan : terima kasih pak Iwan

    @Windy : yuupp,,itu tujuannya untuk lebih fun dan menyenangkan.

  3. sekedar ingin tahu saja
    untuk menentukan keberhasilan siswa apakah dilihat dari hasil “kekuatan’ yang ada dalam game?
    lalu apabila ada siswa yang curang misalnya jual beli chip apakah ketahuan oleh guru?
    terima kasih sebelumnya

  4. @Umar : keberhasilan dalam hal apa dahulu pak? kalau keberhasilan dalam hal raport, tentunya dari ulangan yang diberikan dan juga nilai project, tetapi keberhasilan selain itu saya melihat dari kerjasama, komitmen, disiplin dan juga kerjasama. Selain itu antusiasme mereka untuk mengikuti setiap materi dari mata pelajaran saya merupakan keberhasilan yang sesungguhnya pak ~IMHO~

    tenang pak, classcraft ini sepenuhnya tidak ada chip seperti game online yang lainnya, kita sebagai guru yang berperan besar untuk menentukan kekuatan yang dapat mereka gunakan di kelas.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar