4

Belajar Mandiri dari Youtube (0)

Rakhmad November 14, 2020

Belajar dari siapa saja dan dimana saja. Ungkapan itu bisa menjadi motivasi bagi kita untuk selalu belajar dengan siapa saja dan dimana saja. Apalagi saat masa seperti ini kita lebih banyak belajar melalui media online. Dari webinar hingga tutorial online bisa kita ikuti kapanpun tanpa jarak dan waktu.

 Pada kesempatan ini penulis berbagi pengalaman belajar mandiri dari media online youtube. Youtube merupakan media berbentuk video yang sudah lengkap dengan kebutuhan yang kita butuhkan. Dari Tutorial hingga pembahasan soal juga sudah ada.

Belajar dari Youtube bagi penulis pada hal-hal yang bersifat tutorial atau teknis yang bersifat langkah-langkah. Diantara yang sering penulis kunjungi adalah materi komputer dan matematika. Dari berapa tutorial komputer dan matematika di youtube bisa  menghasilkan karya.

Belajar Komputer dari Youtube

Banyak ilmu komputer yang penulis pelajari dari Youtube dari mulai desain, pembuatan video pembelajaran  hingga aplikasi. Diantaranya adalah desain grafis menggunakan photoshop dan coreldraw. Aplikasi yang pernah penulis fokus pelajari adalah materi excel yang hasilnya bisa membuat aplikasi rapor.  Video pembelajaran yang pernah dipelajari adalah Kinemaster, Filmora dan Camtasia.

Aplikasi rapor yang pernah penulis buat adalah aplikasi rapor K-13 dan Rapor Pengembangan Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an di madrasah. Aplikasi untuk kelas khusus juga pernah penulis buat menggunakan excel.

Desain grafis sangat bermanfaat bagi sekolah/madrasah untuk meningkatkan hubungan masyarakat dan sosialisi. Penulis banyak belajar youtube untuk membuat baner, ucapan selamat, twibbon, cover, brosur dan lainnya.

Video pembelajaran yang dipelajari dari youtube dengan aplikasi Kinemaster, Filmora dan camtasia bisa dikolaborasikan. Dari mulai pembuatan intro pembuka dan akhir, memasukkan gambar dan video, green screen, music track dan lainnya. Sehingg video pembelajaran bisa penulis  buat tanpa kesulitan.  

Belajar Olimpiade Matematika dari Youtube

Mungkin  guru yang baru belajar olimpiade matematika menjadi aneh dan gagap saat melihat soal-soalnya. Apalagi kita rata-rata adalah guru kelas yang harus lebih ekstra belajar untuk bisa membimbing siswa-siswi.

Materi dan pembahasan soal di youtube bisa menjadi salah satu solusi untuk belajar olimpiade matematika. Dari pembahasan dari lokal Indonesia hingga soal-soal internaional ada di youtube.  Dari kelas 1 hingga kelas 12 juga ada. Dari materi matematika, sains dan sosial juga sudah ada.

Penulis sering belajar jika kesulitan ada beberapa soal yang memang sulit. Ada beberapa pembahasan yang persis dan hampir mirip model soalnya. Minimal bisa menjadi pembahasan alternatif dalam beberapa soal yang memang sulit.

Jika  kita bisa belajar dan memilihat beberapa pembahasan soal di youtube. Mungkin pemberdaharaan soal dan pembahasan yang dimiliki akan bertambah. Pemahaman kita juga akan bertambah.

Dari uraian di atas sebenarnya sebagai guru bisa menggunakan turorial yang ada di youtube bisa menjadi alternatif untuk menambah keilmuan kita. Khususnya materi yang bersifat teknis, langkah-langkah dan praktik bisa dijadikan alternatif untuk belajar.  Media online di youtube bisa menjadi bahan literasi kita untuk kemajuan pendidikan. Semoga

Comments (4)

  1. Lebih ke otodidak ya pak??

    Kalau anak saya sukanya belajar dari nonton video offline youtube yang sudah saya download. Mulai dari kosakata, lagu dan juga cerita dalam Bhs Inggris dan Bhs Indonesia.

    Alhamdulillah, saya kaget ketika tiba² tau akan kemampuannya 😀

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar