4

Belajar Makin Asik dengan Kartu Biner (+2)

cekgurizal September 28, 2013

Pembelajaran dengan permainan (game) adalah salah satu metode untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Dengan teknik gamification siswa lebih antusias, aktif, merasa ingin tahu, dan sudah pasti fisik bergerak sehingga rasa kantuk akan menghidar jauh dari siswa.

Materi dengan menggunakan kartu biner NOL dan SATU yang selalu berhubungan konversi bilangan membutuhkan pemahaman teori yang kuat karena materi tersebut akan berkelanjutan pada materi selanjutnya. Biasanya siswa SMK kurang menyenangi yang namanya angka-angka, mereka lebih senang dengan praktik langsung. Agar siswa merasa tertarik dengan materi ini, saya manfaatkan dengan memberi stimulus awal dengan menggunakan kartu biner ini untuk menebak tanggal dan bulan lahir salah satu siswa. Ketika antusias keingintahuan siswa memuncak baru kita jelaskan bahwa materi konversi biner inilah kunci pembuatannya.

Prinsip Belajar dengan Kartu Biner

Konversi bilangan biner ke bilangan desimal adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa khusunya siswa yang duduk di SMK Kejuruan teknik audio video. Materi ini berkutat pada bilangan NOL dan SATU untuk menghasilkan angka desimal. Pada penerapannya di rangkaian digital misalnya ada 3 buah saklar, yang masing-masing diposisikan NOL, SATU, NOL (catatan : Nol, saklar posisi off dan SATU, saklar posisi on) maka akan menghasilkan tampilan angka 2.

secara matematika ditulis :0 0 1 = 1

0 1 0 = 2
0 1 1 = 3 dst.
Materi teori diatas merupakan contoh pembelajaran konversi bilangan biner ke bilangan desimal. Karena hubungannya dengan hitungan dan angka-angka kadang merumitkan siswa dan mereka merasa kurang tertarik. Padahal mereka harus menguasai konsep ini sebelum membuat counter digital sederhana nantinya. Aplikasinya nanti di elektronika seperti gambar berikut ini :

Konsep biner to desimal : display angka 3
Counter Binet to Desimal
Dengan melakukan inovasi sebuah permainan Matematika, pembelajaran konversi bilangan semakin menarik dengan adanya Kartu Biner Penebak Tanggal lahir. Bukan hanya bisa menebak tanggal lahir, kartu biner juga bisa menebak bulan lahir.
Sebelum pembelajaran dimulai, saya melakukan demonstrasi untuk menebak tanggal lahir beberapa siswa dengan menggunakan kartu biner. Siswa mulai penasaran karena saya bisa menebak tanggal lahir mereka. Keingintahuan ini merupakan moment terbaik saya untuk menyampaikan materi konversi bilangan biner karena sesungguhnya saya bukan peramal apalagi dukun tetapi seorang Guru Elektronik yang menggunakan prinsip konversi bilangan biner dalam menebak tanggal lahir mereka.
Dengan menguasai materi konversi bilangan biner ini, mereka akan mampu membuat kartu penebak tanggal lahir sendiri sesuai dengan kreasinya masing-masing. Sehingga ketika diberi soal tentangĀ  biner siswa akan mampu menyelesaikannya. Memang ketika kita melakukan gamification kelas akan riuh karena semuanya beraktifitas mandiri. Cara membuat kartunya baca artikel disini : Cara membuat Kartu Biner
Hasil Buatan Siswa dengan kreasi sendiri

Berikut ini video yang pernah didokumentasikan :

video bermain dgn kartu biner

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar