33

Belajar Fisika ala Pameran (+25)

Rudy Hilkya May 15, 2013

Sementara kelas XI berkutat dengan mainan tiup-tiupan menggunakan nafas dan tekanan udara, kelas X saya rencanakan sebuah kegiatan pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Yakni mereka belajar secara expo atau membuat pameran menggunakan media majalah dinding yang berisi topik-topik tentang Listrik Dinamis yang dibagi secara random menurut kelompok kerjanya masing-masing. Dengan jumlah siswa yang ada di kelas X ini saya bagi menjadi 11 kelompok dan mereka masing-masing memilih anggota kelompoknya dengan proporsi tidak boleh beranggotakan jenis kelamin yang sejenis atau harus ada terdiri anggota laki-laki dan perempuan dengan dua kelompok boleh memiliki anggota sebanyak empat orang sementara yang lainnya cukup bertiga saja.

Prosedurnya, kelompok siswa membuat paparan di styrofoam atau karton manila berukuran besar berisi cuplikan atau penjelasan penting dari topik yang saya pilih untuk masing-masing kelompok sebagai berikut :

1a 1d 1c 1b

Selanjutnya setiap kelompok (sebenarnya) bukan bersaing mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya, tetapi memberi penjelasan sebagai expert kepada rekan-rekannya yang lain yang bertindak sebagai pengunjung untuk bertanya (belajar menyerap informasi) dari paparan yang ditempel tersebut. Selanjutnya masing-masing anggota kelompok siswa juga mengunjungi stand (booth) pengetahuan kelompok lain, karena di akhir pelajaran semua siswa akan mengerjakan soal tentang paparan yang dipajang dan mereka dapat mengunjungi booth tersebut untuk menyelesaikan soal evaluasi pelajaran hari ini yang diberikan setiap kelompok penyaji. Selain siswa mendapatkan penjelasan langsung dari setiap tim penyaji, pengunjung juga mendapatkan brosur penjelasan sehingga yang dijabarkan secara lisan juga tercatat di brosur pengetahuan.

page

 

Penilaian dilakukan oleh masing-masing kelompok (karena hari ini ada lima topik yang disajikan, maka setiap siswa yang bertindak sebagai pengunjung mengerjakan lima topik soal, sementara yang bertindak sebagai penyaji hanya mengerjakan soal dari tim siswa lainnya atau cukup mengerjakan empat topik). Indikator penilaian selain dari nilai jawaban, juga dilihat dari keaktifan setiap peserta menggunakan pengamatan daftar cocok secara afektif. Karena tujuan pembelajaran seperti ini selain mengaitkan kemampuan kognisi juga lebih mematangkan kemampuan non-akademis untuk memberi penjelasan, argumentatif, kemampuan menyajikan pendapat atau informasi dalam bentuk carta, mendokumentasikan kegiatan, memberikan penilaian atas kerja siswa lainnya, kerja sama, bertanggung jawab, empati dan simpatik, komunikasi untuk mengampanyekan stand yang mereka buat, selain belajar dengan gembira dan bermakna.

Minggu mendatang akan ditampilkan tiga kelompok yang membahas bahan lainnya sesuai urutan pembahasan Listrik Dinamis di kelas X.

Berikut cerita melalui foto-fotonya :

2a 2b2e 2c 3a  3b 3c 3d 3e Berikut adalah foto saat evaluasi berlangsung :

4f 4e 4d 4c 4b 4a

Belajar menggunakan mode expo, kelas menjadi seru, ramai, dan belajar menjadi lebih menyenangkan dan akhirnya bermakna. Siswa dapat bereksplorasi menurut kehendaknya dan keinginannya.

Testimoni siswa yang melakukannya :

testimoni

About Author

Rudy Hilkya

Guru Fisika di SMAN-2 Palangka Raya, aktif berkicau di http://twitter.com/fisikarudy, juga menulis di blog pribadi http://fisikarudy.wordpress.com, mendirikan klub Fisikarudy di facebook selain bisa ditemui bertwitter di @fisikarudy - line, whatsapp juga SMS ke 0811-5204-209 sekarang aktif menjadi reviewer di http://rudyhilkya.com/ juga pada blog abal-abal http://rudykit.blogspot.com, rudyhilkya.wordpress.com

View all posts by Rudy Hilkya →

Comments (33)

  1. Semuanya keren …
    Saya bangga dengan karya teman-teman saya .. Semoga karya kelompok saya juga sebagus mereka.. 🙂
    Kemarin ialah hari yang paling menyenangkan buat saya ..
    Terima kasih, pak Rudy …
    Semoga semua karya anak-anak WTF menjadi yang terbaik .. 🙂
    >:)

  2. Semuanya keren …
    Saya bangga dengan karya teman-teman saya .. Semoga karya kelompok saya juga sebagus mereka.. 🙂
    Kemarin ialah hari yang paling menyenagkan buat saya ..
    Terima kasih, pak Rudy …
    Semoga semua karya anak-anak WTF menjadi yang terbaik .. 🙂
    >:)
    [email protected]

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar