6

Belajar dari Anak-anak (+3)

Surya Darma May 7, 2015

Menjadi guru itu, banyak senangnya. Senang ketika melihat anak didik dapat memahami apa yang diajarkan, melihat mereka berubah menjadi lebih baik, melihat kreativitas mereka dalam bermain, mengatasi permasalahan, beradaptasi, berkelompok, berdiskusi, dan sebagainya.

Hal itulah yang terkadang membuat saya berfikir, yang belajar itu sebenarnya siapa? Saya, atau mereka? Karena kenyataannya, saya memang guru yang mendidik mereka, tapi justru sayalah yang banyak belajar dari mereka.

Suatu ketika, saya dapati dua orang anak didik saya di kelas 3 bertengkar. Β Hebat betul pertengkarannya. Ujung-ujungnya saling cakar. Melihat kondisi waktu itu, seolah mereka tak akan saling memaafkan.

Usut punya usust, ternyata yang satu asyik menggambar. Satunya datang, mencoret-coret gambar temannya. Dikiranya tak mengapa, rupanya yang punya gambar tak terima.

JEDUAK!

Sebuah tinju mendarat di dada yang mencoret tadi. Merasa tersakiti, yang ditinju balas mencakar. Jadilah mereka, cakar-cakaran.

Saat saya datang menengahi, masing-masing membela diri.

“Dia nyoret gambar saya!”

“Dia nonjok dada saya!”

Setelah diberi penjelasan, mereka pun menjadi paham, lantas saling bermaafan.

“Maaf ya, saya udah nyoret gambar kamu.”

“Iya. Saya juga minta maaf, udah nonjok kamu.”

Kaku kah mereka setelah pertengkaran itu? Ternyata tidak. Tak sampai dua menit kemudian, mereka sudah terlihat asyik bermain catur. Ah, anak-anak. Bandingkan dengan orang dewasa. Sekali bertengkar, lama sembuhnya. Masih menyimpan ganjalan, kendati sudah saling memaafkan.

 

β€œArtikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”

About Author

Surya Darma

Saya adalah seorang guru di SDIT Permata Bunda Bandarlampung. Selain mengajar, saya juga senang menulis, terutama dongeng anak. Beberapa tulisan saya pernah dimuat di beberapa majalah dan koran seperti Majalah Bobo, SoCa Sinar Harapan, Radar Bojonegoro, dan Lampung Post.

View all posts by Surya Darma →

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar