10

Belajar Bermusyawarah Sejak Dini (+2)

Ms. Resty October 8, 2013

img00188-20120119-1010

Kompetensi Dasar mata pelajaran PKn SD di semester dua salah satunya adalah menjelaskan arti musyawarah. Kali ini saya mengajak anak-anak kelas 2 untuk mengenal musyawarah lewat pengalaman nyata.

Anak-anak secara berkelompok diminta untuk bermusyawarah menyelesaikan masalah. Bukankah musyawarah itu adalah membicarakan atau menyelesaikan masalah secara bersama-sama? Nah, masalah yang harus mereka selesaikan adalah masalah yang dekat dengan dunia mereka yaitu dunia bermain.

Untuk itu saya tugaskan anak-anak secara berkelompok menentukan permainan apa yang akan dimainkan bersama kelompoknya.

Agar jalannya musyawarah itu lancar bu guru memilih satu anak sebagai pemimpin musyawarah dalam kelompoknya. Maka berkumpullah mereka di pojok kelas ataupun di halaman kelas.

Kemudian bu guru bertanya pada masing-masing kelompok apakah mereka sudah mempunyai keputusan?

Jika keputusan kelompok sudah tercapai, maka kelompok tersebut boleh memainkan permainan hasil kesepakatan bersama.Akhirnya keputusan tiap kelompok tercapai sudah. Mereka pun bermain dengan gembira.

Pembelajaran diakhiri dengan menjawab pertanyaan di papan tulis sbb:

1. Apa arti musyawarah?

2. Siapa yang boleh menyampaikan pendapat dalam musyawarah?

3. Bagaimana sikapmu jika teman sedang menyampaikan pendapat?

4. Apa hasil keputusan musyawarah kelompokmu?

5. Bagaimana sikapmu terhadap hasil keputusan musyawarah?

Hari ini anak-anak belajar bagaimana menghargai pendapat orang lain , mematuhi hasil keputusan musyawarah dan intinya mengenal musyawarah (Siapa tahu diantara mereka nantinya kelak menjadi anggota DPR/MPR yang mudah-mudahan paham akan peraturan berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat . Amin).

Tagged with: , ,

About Author

Ms. Resty

Anak-anak di sekolah memanggil saya Ms. Resty. Saat ini bekerja sebagai guru di SDN Sukasari 4 , Dosen FKIP -UNIS Tangerang dan tergabung dalam fasilitator USAID PRIORITAS Provinsi Banten. Menyukai dunia pendidikan khususnya pendidikan usia dini dan pendidikan dasar. Saat ini sedang berupaya mengembangkan kegiatan PAKEM - Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan berbasis ICT. Bekerjasama dengan MH Learning Center menyelenggarakan Paket Pelatihan Guru TK dan SD.

View all posts by Ms. Resty →

Comments (10)

  1. Hebat bu Resty, ya ya ya, berarti sejak dini sebenarnya anak sudah dilatih bermusyawarah. Ehmm … sungguh menyenangkan. Insya Allah murid-murid ibu akan menjadi anak yang siap menghadapi tantangan. Dengan berlatih musyawarah, nalar mereka terlatih juga bu. Selamat dan salam perjuangan bu.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar