1

BELAJAR AGAMA ? NGGAK MESTI SERIUS, BISA HAVE FUN KOK (0)

Maria Yacintha October 15, 2020

Berlakunya pembelajaran jarak jauh sejak pertengahan Maret, mengubah semua rancangan pembelajaran yang semula tatap muka menjadi daring. Tentu ini bukanlah hal yang mudah bagi guru maupun siswa. Saya sebagai guru agama di salah satu SD swasta di Jakarta memang sudah terbiasa mengajar agama dengan metode yang serius tapi santai. Kami biasa menyanyi dengan gerak dan lagu pujian, menonton film, dan bermain games sebagai review dari materi yang sudah diajarkan.

            Bagaimana menjalankan metode ini sejak berlaku pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat ini? Metode ini tetap saya terapkan hanya bedanya dengan menggunakan screen atau layar dan dengan aplikasi. Dengan belajar secara daring melalui aplikasi zoom meeting, saya bisa bertatap muka melalui layar laptop. Materi saya buat di dalam power point, dengan gambar-gambar agar menarik siswa. Untuk menyanyi lagu pujian dengan gerak dan lagu bisa menggunakan YouTube yang memiliki banyak pilihan video lagu pujian yang bisa ditampilkan. Untuk bacaan Alkitab, saya gunakan situs komikalkitabanak.com, karena gambar menarik dan sudah disertai keterangan. Cerita komik Alkitab ini juga bisa dicari di YouTube, jadi apabila ingin ada variasi dalam pengajaran bisa juga dengan menonton film dari YouTube.

                Setelah menjelaskan tentang bacaan Alkitab, review pelajaran bisa dilakukan dengan permainan yang menarik walaupun melalui daring. Ada beberapa contoh situs yang saya pakai untuk permainan. Salah satunya kuisalkitab.id yang berisi empat jenis permainan yang dapat dipilih judulnya sesuai dengan bahasan bacaan Alkitab yang sedang dipelajari, yaitu teka teki silang Alkitab, permainan mencari kata Alkitab, permainan cari perbedaan gambar, dan maze Alkitab.

                Ada juga pilihan me-review pelajaran dengan permainan di educandy.com. Di situs ini kita bisa masukkan pertanyaan dari materi yang sudah diajarkan dan nanti akan ada berbagai bentuk permainan yang bisa dimainkan seperti noughts and crosses, crosswords, match up, memory, word search, hang man, dan sebagainya. Tetapi untuk bisa memasukkan pertanyaan di situs ini hingga bisa menjadi bentuk permainan, kita harus sign up dulu dengan alamat email kita. Setelah itu baru bisa login dengan nama yang sudah kita daftarkan. Nanti setiap nama permainan yang kita buat, akan ada link-nya. Link ini bisa dibagikan juga ke siswa apabila kita ingin siswa bisa memainkannya di rumah masing-masing.

Me-review pelajaran juga bisa dilakukan dengan metode tanya jawab seperti biasa. Dengan aplikasi zoom meeting metode tanya jawab bisa lebih seru bila menggunakan forum chat-nya. Jadi setelah diberikan pertanyaan, siswa bisa menuliskan jawabannya di forum chat. Siapa yang menjawab dengan cepat namanya akan muncul paling atas dan dialah yang dapat point.

Permainan-permainan ini biasanya membuat suasana belajar daring jadi tidak membosankan dan membuat siswa bersemangat karena sambil berkompetisi dengan teman-temannya juga. Yang jelas metode me-review pelajaran jadi lebih menyenangkan dengan permainan secara daring ini. (my)

#WritingCompetition

#NewNormalTeachingExperience

Comments (1)

  1. Selamat malam Ibu Maria 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Wah sangat menarik! pastinya para murid akan semangat belajar nih! Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar