6

Beberapa Saran Untuk Situs Guraru (+6)

Fauzan Abdurrachman October 22, 2014

Assalamualaikum Wr Wb
Salam sejahtera bagi kita semua

 

Setelah kurang lebih seminggu bernavigasi dan mengeksplorasi situs Guraru, saya sedikit mencatat beberapa hal. Ada beberapa kekurangan yang saya temui, terkait dengan tampilan dan pengalaman pengguna ketika menggunakan situs Guraru. Tulisan ini saya harap dapat menjadi masukan bagi pengelola, dan saya harap semoga dapat ditindak lanjuti oleh admin situs.

Mudah-mudahan situs Guraru dapat terus menjadi lebih baik ke depannya, aamiin.

responsive_web_design

Adapun poin-poin saran saya adalah sebagai berikut:

  1. Responsive themes
    Saya masih pakai monitor dengan resolusi 1024 x 768 pada PC desktop jadul di rumah, masih butuh scroll kiri-kanan ketika menjelajah situs. Saya buka situs via perangkat mobile di rumah (smartphone dan tablet) juga kurang nyaman karena navigasi scroll kiri-kanan tadi. Penggunaan responsive themes saya rasa dapat mengatasi hal ini.
  2. Permalinks tidak terlihat dalam tulisan
    Permalinks (tautan keluar) tersamar sebagai content dalam artikel. Padahal permalinks dapat menjadi bahan tambahan dalam tulisan, dan menjadi pengaya bagi pembaca. Mungkin CSS untuk permalinksnya bisa ditambahkan ke dalam style sheet themes.
  3. Threaded Nested Comment
    Berguna buat saling berbalas ketika mengomentari artikel, ketimbang sistem komentar konvensional seperti yang saat digunakan. Ini tentunya agar diskusi mengenai suatu tulisan menjadi lebih menarik, karena jelas balasan komentar ditujukan kepada siapa.
  4. Profil Author di akhir tulisan
    Profil sang penulis dapat dimasukkan di akhir tulisan. Tujuannya, agar pembaca dapat saling mengenal dan mengetahui sosok sang penulis. Di sana penulis dapat menuliskan biografi singkatnya, atau memasang kontak. Siapa tahu di antara para guru ada yang berkenan untuk saling menjalin kerja sama, dsb.
  5. Related Post
    Fitur ini dapat dimasukkan ke bagian akhir tulisan, di mana Admin dapat memberikan tulisan terkait dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung.
  6. Center image
    Ketika memasukkan gambar ke dalam tulisan, posisinya tidak bisa di atur ke tengah, sehingga secara estetika menjadi kurang menarik. Hal ini dapat diperbaiki dengan penambahan stylesheet ke dalam themes.
  7. Upgrade core situs
    Notifikasi WordPress versi baru sudah muncul pada dashboard. Ada baiknya dilakukan pembaruan demi memaksimalkan berbagai fitur dan juga peningkatan keamanan.
  8. Deleted Revisions
    Saya sering menulis dengan sistem draft. Hal ini menyebabkan banyak jejak revisi yang ditinggalkan secara otomatis oleh sistem WordPress. Ada baiknya revisi ini dihapus karena membebani database situs.
  9. Sosial Network Jarang Dipakai
    Akun Twitter terakhir diupdate pada Agustus 2014, sementara Facebook terakhir dipakai pada Desember 2013. Penggunaan jejaring sosial dapat meningkatkan ketercapaian content situs, sehingga dapat menjadi lebih viral. Ada beberapa plugin WordPress yang dapat langsung mempost artikel yang dipublish ke situs jejaring sosial.

Mungkin baru segini dulu. Nanti kalau ada masukan, saya kan memberikan tambahan lagi kepada pengelola. Terima kasih ­čśÇ

Salam,

Fauzan Abdurrachman, M.Pd
Founder LoveIT E-learning

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar