0

Bapak Ibu Guru, Segini Biaya Ganti Plat dan Tune Up Mobil terbaru 2022! (0)

Anotherorion October 6, 2022

Untuk menunjang kebutuhan operasional sekolah, biasanya sekolah menyediakan fasilitas kendaraan berupa motor atau mobil inventaris yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan sekolah. Mulai dari kendaraan sarana prasarana operasional bapak ibu guru, kendaraan operasional sekolah, ambulance maupun unit produksi.

Kendaraan tersebut tentunya membutuhkan perawatan dan juga biaya pajak seperti bea balik nama atau pajak lima tahunan berikut penggantian plat mobil.

Biaya ganti, dalam mengurus kendaraan kadang dikenai biaya, atau kita butuh calo saat sibuk. Di era sekarang, sudah bisa diakses secara online, melalui jasa yang sudah ada dan terpercaya. Salah satunya, kamu bisa mengakses ganti plat dan tune up mobil dengan baik. 

biaya ganti plat mobil

Mengurus sendiri, kadang membutuhkan waktu lama dan harus ke lokasi, dan dengan jasa online, kita tidak perlu harga mahal, bahkan sampai gratis. Saat sudah waktunya diganti, mohon diperhatikan, jadi tidak tunggu-tunggu sampai jelek. Berikut ini adalah daftar harganya:

Biaya Ganti Plat Mobil

Biaya ganti plat mobil, sudah ada di Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dari situ, menjadi patokan dalam menentukan harga. 

Biaya ganti plat nomor secara umum adalah 100 ribu, dan ada juga biaya lain, seperti biaya penerbitan STNK dan biaya pengesahan STNK serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) jika dibutuhkan. Untuk lebih lengkapnya, bisa cek rincian biaya ganti plat mobil berikut.

Biaya ganti plat nomor di tahun ini, tidak terlalu besar, tetapi ingat, ini perlu dilakukan setiap 5 tahun sekali. Biasanya, dengan mengganti plat nomor, juga memperpanjang STNK. Sehingga harga yang dipatok nanti juga macam-macam, tergantung apa yang diurus. 

Ada yang mengurus ganti plat nomor dan perpanjang STNK saja, ada yang ganti plat nomor mobil sekaligus balik nama, dan lain sebagainya tergantung kebutuhan. Jadi, siap-siap dana tambahan untuk jaga-jaga, apa-apa yang sedang disiapkan. 

Syarat dan Langkah dalam Mengganti Plat Nomor Mobil

Berikut adalah syarat dalam mengganti plat nomor mobil, diantaranya:

1. KTP asli dan fotocopy-nya dari pemilik mobil. 

2. STNK asli dan fotocopy. 

3. BPKB asli dan fotocopy. 

Catatan: KTP pemilik mobil adalah identitas yang tertera dalam STNK, jadi harus sama kedua-duanya. Jika mobil yang dipunya, atas nama orang lain, maka KTP yang bersangkutan, harus dilampirkan juga. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menuju loket untuk daftar kepentingan, dalam hal ini mau ganti plat nomor. 

2. Melakukan cek fisik.

3. Menuju loket pendaftaraan untuk menyerahkan dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya. 

4. Melakukan pembayaran ganti plat dan perpanjangan STNK, dengan uang pas agar cepat mengaksesnya. 

5. Melakukan pengambilan STNK dan plat mobil baru

Biaya Tune Up Mobil 

Tune up adalah penawaran servis, yang dilakukan setiap 6 bulan sekali atau satu tahun sekali. Hal tersebut berguna untuk mengecek performa dari mobil, apakah masih bagus, atau ada kendala. Perawatan mobil ini, pastinya ada harga yang dipatok, apalagi di bengkel resmi. 

Terdapat biaya tune up mobil di bengkel resmi, yang secara rinci bisa kamu cek disini. Tune up sendiri, mencakup, penggantian beberapa komponen pada mobil berdasarkan masa pakai efektifnya. Kemudian, bisa dicek secara rinci mulai dari busi, filter udara dan filter oli, kampas rem dan masih banyak lainnya.

Setiap bengkel resmi, memiliki patokan yang berbeda, tergantung dari jenis dan merek mobilnya. Begitupun juga, dengan bengkel umum, beda harga dengan bengkel resmi. Harga lebih miring, dan kualitas belum tentu menjamin. 

Manfaat dari tune up mobil, selain update performa, adalah:

1. Meningkatkan performa mobil dengan baik. 

2. Menghindari kerusakan pada mobil. 

3. Menjaga kondisi mesin mobil agar tetap baik. 

4. Memastikan fungsi saringan udara berfungsi dengan baik

5. Memastikan seluruh komponen yang ada dalam mobil, dalam keadaan stabil

Nah, jadi jangan takut melakukan tune up mobil, maupun mengganti plat nomornya, karena harga yang dibandrol murah! Apalagi memilih jasa yang cukup berkompeten dengan biaya jasa yang terjangkau!.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar