2

Bahasa Jawa Sempat Terlupakan (0)

FitriyaniElHasan January 21, 2021

Pada Wikipedia dijelaskan bahwa Bahasa Jawa adalah bahasa Austronesia yang utamanya dituturkan oleh penduduk bersuku Jawa di wilayah bagian tengah dan timur pulau Jawa. Bahasa Jawa juga dituturkan oleh diaspora Jawa di wilayah lain di Indonesia, seperti di Sumatra dan Kalimantan; serta di luar Indonesia seperti di Malaysia. Sejarah tulisan bahasa Jawa bermula sejak abad ke-9 dalam bentuk bahasa Jawa Kuno, yang kemudian berevolusi hingga menjadi bahasa Jawa Baru sekitar abad ke-15. Bahasa Jawa awalnya ditulis dengan sistem aksara dari India yang kemudian diadaptasi menjadi aksara Jawa, walaupun bahasa Jawa masa kini lebih sering ditulis dengan alfabet latin. Bahasa Jawa memiliki tradisi sastra paling tua di antara bahasa-bahasa Austronesia.

Dari sejarah singkat Bahasa Jawa ini menandakan betapa pentingnya belajar Bahasa Jawa dengan tujuan untuk melestarikan bahasa daerah dan juga membanggakan bahasa sendiri.

Tidak semua orang bisa berbahasa Jawa meski dirinya sendiri adalah orang Jawa. Malah kebanyakan negara asing ingin mempelajarinya lebih dalam tentang bahasa Jawa ini. Lalu kita sendiri bagaimana??

Disekolah saya sebelum ada pendemi ini, sempat menghapus mata pelajaran Bahasa Jawa dalam daftar pelajaran disemua kelas. Salah faktornya adalah tidak adanya guru yang bisa mengampu pelajaran ini. Faktor lainnya adalah cukup banyaknya muatan lokal yang akhirnya membuat pelajaran Bahasa Jawa dihapus.

Hal ini sempat membuat kami bertanya-tanya apakah boleh memberi pelajaran bahasa jawa sebagai kegiatan ekstra sekolah. Kami ingin murid kami tau akan dasar bahasa daerah mereka.

Kemudian setelah beralih pada kurikulum 13 lalu, kebijakan dari pemerintah mulai menggalakkan lagi adanya mata pelajaran Bahasa Jawa dalam daftar kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

Kamipun sibuk dengan mencari guru yang ahli dibidangnya. Alhamdulillah meski bukan murni lulusan Bahasa Jawa, guru yang kami rekrut juga ahli bahasa jawa. Baiklah kita mulai!

Cukup sulit untuk membiasakan mereka berbicara bahasa daerah mereka sendiri. Sungguh beruntung, pelajaran ini mulai diajarkan lagi. Ternyata sangat penting mempelajari Bahasa Jawa untuk pengenalan dini ditahap sekolah.

Menurut saya pribadi, mengapa belajar bahasa jawa ini penting tentunya memiliki beberapa alasan. Karena saya tinggal di Jawa sudah sepatutnya saya bisa berbicara Bahasa Jawa bahkan sampai ke jenis yang sering disebut Bahasa Jawa Halus meskipun jujur sekarang saya jarang berbicara dengan Bahasa Jawa karena banyak yang tidak paham.

Bagi saya, Bahasa Jawa itu Bahasa yang nguwongke. Semisal saya membeli sebuah benda di toko atau warung, saya lebih suka menggunakan Bahasa Jawa niki pinten? Daripada “ini berapa?” Karena saya ingin memberikan penghormatan dengan bahasa saya.

Selain itu, bahasa Jawa penting dipelajari karena ini merupakan bahasa daerah dengan jumlah penutur terbesar di Nusantara. Bahasa Jawa adalah satu-satunya bahasa di Nusantara yang memiliki sejarah sastra selama 12 abad yang berkelangsungan tanpa jeda. Jadi bahasa ini tidak hanya menarik ditilik dari sejarah kesusastraan, tetapi juga dari sejarah ilmu perbandingan bahasa atau linguistik komparatif.

Menurut anda bagaimana bapak dan ibu guraru?? Jangan dilupakan ya 😊

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar