55

Awal tahun baru 2014 : Sukani Membangun E-training Guru Indonesia 2014 (+13)

Pak Sukani @gurumelekIT January 1, 2014

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat sore guraruer bagaimana kabarnya? Semoga guraruer selalu sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, rahmad dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat dipertemukan kembali pada tahun 2014 ini. Saya ucapkan :

>>>> Selamat tahun baru 2014 <<<<

Semoga di tahun 2014 yang baru ini Allah SWT meluaskan rejeki kita, diberikan kebahagiaan, dijauhkan dari segala penyakit, fitnah dan musibah serta diterima amal ibadah kita. Insyaallah kelak menjadi penghuni surgaNya. Amin.

Mengawali kegiatan di awal tahun 2014 ini saya memiliki inisiatif untuk membangun sebuah E-training Guru Indonesia 2014. Sebuah E-training guru yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong guru-guru melek IT dan memanfaatkan IT tersebut untuk pembelajaran. Adapun alamat e-training tersebut adalah http://e-trainingguru.edu20.org/

Di bawah ini adalah tampilan website “E-training guru Indoensia 2014” :

gambar tampilan e-training guru Indonesia 2014

Pada tahap awal, dilakukan membangun database, ujicoba terbatas dan persiapan materi, modul, video dan lain-lain. Setiap peserta e-training akan mendapatkan website replika sehingga memiliki akun sendiri dan kerahasiaannya terjamin. Adapun fitur-fitur dalam e-training guru Indonesia ini, antara lain :

1. Attendance : mengatur kehadiran setiap peserta e-training dan mereportnya.

2. Lessons : berisi berbagai materi yang akan ditrainingkan (sesuai jadwal).

3. Forums : untuk diskusi antar peserta e-training maupun peserta dengan instruktur.

4. Chat : untuk melakukan percakapan antar sesama peserta e-training maupun dengan instruktur sehingga tidak perlu menggunakan tool tambahan dari luar seperti facebook maupun twitter.

5. Resources : berisi berbagai materi e-training baik dalam bentuk file, HTML, web resources, folder maupun library.

6. News : untuk memberikan pengumuman / informasi penting / terbaru.

7. Assignments : tempat melakukan pre-tes maupun pos-tes e-training.

8. Gradebook : berisi tingkatan nilai / grade peserta dalam mengikuti e-training.

9. Calender : berisi informasi jadwal materi, penugasan, pre-tes dan pos-tes e-training.

10. Blogs : memungkinkan peserta e-training untuk menulis dan berbagi jurnal web / blog secara aman.

Peserta (guru) yang akan mengikuti e-training ini maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada form yang telah disediakan untuk mengaktifkan accountnya. Setiap peserta akan mendapatkan user id dan pasword-nya masing-masing pada tahap awal dan setelah sign in maka pasword bisa diubah sesuai dengan keinginan peserta. Peserta dapat mengganti avatar profilnya dan mengirimkan tugas-tugasnya dengan cepat. Pre-tes maupun pos-tes dapat langsung diketahui hasilnya setelah proses tes diselesaikan (Finished).

Saat ini, materi yang akan ditrainingkan sedang dipersiapkan, baik dalam bentuk modul, powerpoint, video dan lain-lain. Setelah semua persiapannya selesai termasuk ujicoba terbatas maka E-training guru Indonesia 2014 ini akan dilaunching. Instruktur akan menawarkan paket-paket e-training dan peserta dapat menentukan paket mana yang akan dipilih.

Mohon doanya bapak/ibu Guraru. Semoga apa yang saya inginkan ini bisa terwujud. Amin ya ra.

Tunggu info selanjutnya guraru. he..he..he..

Demikianlah sharing saya pada sore hari ini. Semoga dapat memberikan penyegaran buat bapak/ibu sekalian. Saya menyadari bahwa tulisan saya ini banyak kekurangannya, oleh karena itu saya terus melakukan perbaikan dan belajar. Tak ada gading yang tak retak, semua manusia pasti memiliki kekurangannya. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan Allah SWT jualah yang menentukan. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Salam,

PICT0023

pak sukani cooltext1242646689
http://okemat.blogspot.com

Tagged with: ,

About Author

Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (55)

  1. Pak Karjono : Nah, hal tersebut merupakan salah satu pilihan paket e-training yang akan saya tawarkan. he..he..he…Silahkan dibuat pak dan sekaligus untuk memasarkan hasil karya excel bapak. he..he..

    Terimakasih atas komentar, apresiasi, dan kunjungannya.

  2. Saya sudah cek bahwa pak Nuel sudah mendaftar di website “e-training guru Indonesia” melalui Catalog lalu enrollment (daftar) secara mandiri namun bapak belum bisa mengikuti e-training karena account kelasnya belum saya aktifkan. Hal ini ada kode tersendiri pak untuk bisa mengikuti e-training. he..he..he… Tunggu info selanjutnya pak.

    Terimakasih sudah mendaftar secara mandiri, tinggal nanti saya undang saj dan aktifkan account bapak di kelas e-training.

    Salam,

    Sukani
    http://okemat.blogspot.com

  3. Terimakasih pak Subakri atas komentar, doa dan kunjungannya. Alhamdulillah pak jika bapak berniat untuk gabung. Amin ya Ra.

    Yang mana ya gubernur DKI-nya? he..he..he…

    Itu nunjuk “omahku neng kono”. he..he..he.. (#memori di pantai Jimbaran, Bali)

    Salam perjuangan,

  4. @gus-holis : untuk mendaftar bisa melalui “katalog” lalu pilih kelas yang akan di e-trainingkan. Namun, bapak belum bisa masuk ke kelas e-training sebelum saya mengaktifkan akun bapak di kelas tersebut. Ada kode tersendiri pak agar bisa masuk. Insyaallah nanti kalau semuanya sudah siap, saya kabari.

    Terimakasih,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar