5

Asyiknya Setengah Hari Menjadi Mahasiswa UGM (+6)

rusdi mustapa, s.pd May 7, 2015

Judul di atas mungkin agak provokatif ya? Kok bisa jadi mahasiswa UGM dalam waktu setengah hari ? Bagaimana caranya ? Ini bukan rekayasa dan bukan sihir tapi nyata dan tentu saja “Sempurna”. Inilah yang dialami oleh siswa/siswiku program Boarding School MAN 1 Surakarta. Ketika dalam waktu setengah hari mereka bisa “jadi mahasiswa UGM”, merasakan suasana kampus UGM dengan segala aktivitasnya. Masih bingung ? Baiklah biar tidak semakin bingung inilah berita yang sebenarnya.

1430362609011

Jadi pada tanggal 30 April 2015 yang lalu, siswa/siswiku dari  MAN 1 Surakarta dari program Boarding School mengadakan kunjungan studi ke UGM yaitu di Fakultas MIPA Kimia. Apa itu program Boarding School ? Boarding school adalah salah satu program unggulan yang ada di MAN 1 Surakarta yang menitikberatkan pada bidang sains (IPA). Jadi saat pertama kali siswa diterima di program ini mereka langsung dimasukkan di jurusan IPA. Tujuan dari program ini adalah untuk membentuk siswa/siswi yang unggul di bidang sains sekaligus dibekali dengan pengetahuan agama yang kuat. Siswa/siswiku ini di asramakan selama menempuh pendidikan. Tujuan akhirnya adalah agar banyak lulusan madrasah aliyah yang bisa menembus bangku perguruan tinggi yang favorit. Karena selama ini muncul anggapan bahwa lulusan madrasah aliyah “tidak mungkin” di terima di PTN favorit. Alhamdulillah sudah banyak alumni program Boarding School MAN 1 Surakarta yang diterima di PTN favorit termasuk di UGM. Kalau ingin tahu info seputar program Boarding School bisa dilihat di laman www.boardingschool.wordpress.com.

1430371462177

Kegiatan studi yang dilakukan siswa/siswi program Boarding School MAN 1 Surakarta (kemarin), merupakan kegiatan kesekian kali yang telah dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan program rutin setiap tahun khususnya bagi siswa kelas XI. Tahun ini adalah kunjungan kedelapan kalinya di UGM dengan tujuan fakultas yang berbeda-beda. Tahun ini kebetulan mengunjungi F MIPA Kimia UGM dan dalam kunjungan ini siswa/siswi tidak hanya sekedar berkunjung namun juga mengadakan kegiatan praktek langsung di laboratorium kimia UGM. Pada kegiatan kali ini, siswa/siswiku mengadakan kegiatan praktek dengan materi penentuan kadar asam cuka perdagangan, salah satu materi praktek yang terbilang “sulit”.Yang membanggakan dalam kegiatan praktek ini siswa/siswiku dibantu oleh asisten dosen “istimewa” yaitu Firda Aulia’i Rahmani Ma’ruf, salah satu alumni program Boarding School yang sudah kuliah di Kimia UGM. Hal ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi semua siswa karena mereka dibimbing oleh kakak alumninya sehingga akan memunculkan motivasi yang tinggi untuk bisa diterima di kimia UGM, nantinya. Kegiatan praktek dimulai sejak pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00. Alhamdulillah, menurut Dr. Winarto Hariyadi, M.Si, siswa/siswi program Boarding School bisa mengikuti kegiatan praktek dengan lancar walaupun masih ada yang belum sempurna. Pengalaman yang sangat berharga bagi siswa bisa praktek langsung di salah satu laboratorium kimia terbaik di Indonesia. Mereka bisa mengenal macam-macam alat yang (mungkin) belum ada di laboratorium  kimia MAN 1 Surakarta. Semoga dari kegiatan ini memunculkan motivasi yang kuat dari siswa untuk melanjutkan kuliah dan semakin  banyak siswa/siswi MAN 1 Surakarta yang bisa diterima di UGM.

1430371469049

* “Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar