10

Asyiknya Berbagi Inspirasi Dengan Sesama Guru (+5)

Namin Ibnu Solihin May 5, 2015

komunitas Sejuta Guru NgeBlog

Menjadi guru adalah impian saya sejak kecil, sejak saya masih sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) saya sudah mengelola TPA sekaligus menjadi gurunya. Namun secara formal saya mulai menjadi guru tahun 2004, perjalanan yang indah saya lalui lebih dari 10 tahun. Rasanya saya sangat menikmati menjadi seorang guru, kecintaan saya pada dunia pendidikan akhirnya mengantarkan saya menjadi kepala sekolah di usia yang relatif muda yaitu 28 tahun.

Untuk terus memantaskan diri menjadi sosok guru inspiratif saya tidak pernah berhenti untuk belajar. Membaca dan mengelola blog adalah bagian dari keseharian yang saya lakukan disela-sela aktivitas mengajar. Membaca merupakan agenda wajib bagi saya setiap hari, termasuk dengan membeli bukunya, saya selalu menginvestasikan sebagian dari gaji saya miliki untuk membeli buku. Tidak kalah semangatnya dengan belajar teknologi, agar menjadi bagian dari guru yang bisa memanfaatkan teknologi dan internet secara cerdas, sayapun terus mengupgarde diri dengan membaca, mengelola komunitas dan hadir dalam kegiatan yang berhubungan dengan teknologi.

Namun sebagai guru pembelajar, saya merasa harus ada sesuatu yang saya berikan kepada guru-guru yang lainnya. Saya ingin berbagi pengalaman bahwa menjadi guru itu sangat menyenangkan, apalagi jika guru bisa memanfaatkan teknologi secara cerdas.  Sebagai bukti konkrit sayapun terlibat dalam berbagai kegiatan pelatihan dan seminar, terutam pelatihan-pelatihan yang dilakukan secara gratis.

Selanjutnya saya ingin memaparkan bagaimana saya melakukan kegiatan secara nyata berbagi inspirasi dengan para guru, siswa dan karena saya juga sebagai dosen maka sayapun melakukan gerakan agar mahasiswa juga cerdas menggunakan teknologi.

Memberikan Pelatihan Guru NgeBlog Dan Menulis Secara Gratis

Menjadi seorang guru sekaligus sebagai seorang blogger adalah sesuatu yang menyenangkan bagi saya. Bahkan buat saya ini merupakan “Passion” saya,  saya sangat menikmati aktivitas sebagai seorang guru sekaligus sebagai seorang blogger, maka saya sering memperkenalkan diri sebagai seorang Educator, Blogger, Motivator dan Trainer Pendidikan. Bagi saya teknologi dan internet merupakan instrumen yang sangat penting dalam mendukung aktivitas saya sebagai seorang guru, bagi saya hal ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pemanfaatan Teknologi dan iternet sebgai media pembelajaran sesungguhnya adalah sesuatu yang menyenangkan atau dalam bahasa lain sangat mengasyikan. Namun karena tidak semua Guru memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi tersebut (Guru Gaptek) maka tidak banyak guru yang melakukannya. Sehingga teknologi canggih yang dimiliki oleh guru seperti Laptop, HP dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah seperti infokus dan jaringan iternet hanya dibiarkan begitu saja dan akhirnya semua tidak memiliki nilai manfaat.

Era digital sudah sepatutnya dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebaik-baiknya untuk peningkatan kualitas pendidikan, bukankah kemajuan teknologi seharusnya memberikan kemudahan kepada kita dalam aktivitas belajar dan pembelajaran akan lebih mengasyikan. Namun karena masih banyaknya guru yang memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi dan internet maka  sudah sepatutnya bagi kita yang memilki kemampuan dalam bidang teknologi untuk bisa berperan aktif membangun guru-guru agar melek IT dalam berbagai pelatihan.

Sebagai seorang guru dan juga blogger sayapun terpanggil untuk melakukan gerakan mencerdaskan guru, yaitu memberikan pelatihan guru ngeblog dan menulis secara gratis, kegiatan ini dilakukan untuk mengajak para guru agar bisa memanfaatkan teknologi dan internet sebagai secara cerdas. Materi yang diberikan cukup beragam diantaranya, membuat blog dengan wordpress.com, membuat soal online, membuat pernak pernik di blog, menulis konten kreatif di blog, motivasi ngeblog, mobile blogging dan materi yang lainnya.  Alhamdulillah sudah lebih dari satu tahun saya melakukan ini  bersama Komunitas Sejuta Guru NgeBlog. Adapun kota-kota yang pernah mendaptakan pelatihan dari saya atau dari komunitas sejuta guru ngeblog adalah  Jakarta, Surabaya, Bogor, Tanjung Balai, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Karawang, Kota Cianjur, Kab.Bandung, Kota Riau.

Karena animo guru sangat antusias, sehingga berdampak banyak permintaan dari guru-guru di daerah. Maka pada tahun 2015 saya bersama Komunitas Sejuta Guru NgeBlog (KSGN) akan mengadakan pelatihan yang sama diantaranya di kota Solo, Tanggerang, Subang, Medan, Depok dan kota-kota yang lainnya.

IMG_3256

Peserta PelatihanNgeBlog Al Ma'soem

Namin AB  IBNU SOLIHIN

namin ab dan peserta

Menginisiasi lahirnya Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional 

Tidak puas dengan kegiatan-kegiatan yang saya lakukan, maka saya pun mencoba menginisasi acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional 2015. Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional adalah sebuah acara kopi darat terbesar bagi guru blogger di Indonesia, Alhamdulillah acara ini mendapatkan dukungan dari blogger-blogger senior seperti Om Jay, Bang Dedi, dan juga tentu mendapat dukungan penuh dari pihak sponsor. Sebagai bagian dari apresiasi saya dan komunitas yang kami kelola, maka kamipun menghadirkan para blogger inspiratif seperti Mas Muhammad Subakri dan Mbak Amiroh Adnan untuk menjadi pembicara pada acara tersebut. Acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional sukses digelar, acara ini dihadiri oleh lebih dari 20 komunitas blogger di Indonesia dan kurang lebih 500 peserta hadir dalam acara tersebut.

Sungguh saya merasa bahagia telah mengambil peran bersama-sama guru-guru hebat dari seluruh Indonesia. Selanjutnya untuk terus berbagi inspirasi bersama-sama guru, pada tahun 2016 saya bermimpi mengadakan acara yang serupa yang tentu acaranya berharap bisa lebih baik. Inilah salah satu sisi kebahagian dan indahnya menjadi guru blogger.

Foto Bersama Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional

Terimakasih Pak Ono W Purbo dan Mas Imam Suwandi

Terimakasih Bu Amiroh dan Pak Subakri

Pelatihan Guru gaptek menuju melek IT

Mengkampanyekan guru cerdas menggunakan teknologi dan internet tidak hanya saya lakukan diluar, tapi juga pada lembaga saya tempat bertugas. Lembaga ini mengelola sekolah TK, SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Karena saya melihat para guru-guru yang ada dilembaga ini kurang cerdas terhadap teknologi, padahal jaringan internet ada, lab komputer sangat banyak, maka sayapun menginisasi untuk melakukan Pelatihan Guru Gaptek Menuju Melek IT.

Sudah lama saya sebenarnya menyampaikan gagasan ini yaitu sebuah pelatihan untuk membuat guru lebih melek IT, namun respon dari pihak yayasan kurang baik. Alhamdulilah dengan semangat saya untuk mengkapanyekan gerakan guru melek IT, akhirnya program pelatihan Guru Gaptek Menuju Melek IT pun disetujui oleh pihak yayasan. Kemudian program ini saya mulai dari materi yang sangat sederhana yaitu membuat email, membuat blog, membuat soal online dan membuat PPT Kreatif. Program pelatihan ini dilaksankan secara gratis oleh pihak yayasan dan setiap angkatan berjumlah 20 orang dengan lama pelatihan selam 3 bulan. Saya merasa bangga dan bahagia setelah pelatihan ini banyak guru yang merasakan “Asyiknya” mengajar dengan teknologi, semua kegiatan tersebut saya tulis dalam blog saya.

motivator pendidikan indonesia

Foto : Saya dan Peserta Pelatihan Guru Gaptek Menuju Melek IT (Kepala Sekolah SMK)

Motivator Pendidikan

Foto : Peserta Pelatihan Guru Gaptek Menuju Melek IT

Asyiknya mengenalkan Facebook sebagai media pembelajaran

Rasanya tidak adil, jika hanya guru-guru yang bisa bahagia bisa belajar dengan teknologi dan internet. Maka untuk membagi kebahagian dan asyiknya belajar dengan teknologi dan internet sayapun berbagi kepada para siswa bagaimana asyiknya belajar menggunakan facebook.

Awal tahun 2014 saya memulai pembelajaran yang berbeda dengan guru-guru pada umumnya yaitu belajar mengerjakan soal online melalui blog dan facebook.  Tentu untuk memulai yang baru tidaklah mudah, banyak siswa-siswa saya yang berkomentar “Pak Kok belajarnya pake kaya gini-ginian sih” (blog dan facebook). Tentu saya harus hati-hati memberikan penjelasan tentang sesuatu yang baru apalagi yang berhubungan dengan internet dan teknologi. Sayapun memberikan contoh langsung langkah-langkah apa yang harus mulai lakukan, seperti bagaimana membuka blog, mengisi soal dan mengirimnya.

Namun seiring berjalannya waktu akhirnya siswa saya pun menikmati pembelajaran online tersebut bahkan mereka “ketagihan” hampir setiap minggu siswa-siswa saya meminta dan menunggu soal online. “Pak, mana soal online, kok gak ada terus sih?” begitu komentar salah satu siswa saya.

Yang menjadi perhatian penting bagi saya sebagai guru yaitu tidak semua siswa memiliki kemampuan untuk mengakses jaringan internet karena berbagi faktor maka wajar hanya sekita 80%  siswa yang mengerjakan soal online diblog. Lalu bagaimana cara saya mengatasinya?, kemudian saya membawa laptop ke-kelas dan siswa yang sebanyak 20% tersebut saya berikan kesempatan untuk mengerjakan soal online di blog dan Alhamdulillah siswa sayapun sama-sama menikmati asyiknya belajar dengan teknologi.

belajar online

Foto : Siswa sedang mengerjakan soal Online di Blog

Mengajar TIK dengan 1 Laptop untuk 30 orang

Tidak ada lab komputer bukan alasan kita tidak mengajarkan TIK kepada para siswa, satu buah latpop bagi saya bisa mencerdaskan anak didik, karena pada dasarnya mereka harus bisa memahami bagaimana memanfaatkan TIK ini secara baik dan benar.

Apa yang akan anda lakukan jika anda harus dipindahkan disekolah baru, dimana disekolah tersebut belum ada lab komputer, sementara kurikulum sekolah kami mewajibkan adanya pelajaran TIK. Perlu dicatat saya mengajar SD, jadi walaupun pemerintah menghapus TIK dari kurikulum 2013 sekolah kami menganggap bahwa TIK adalah pelajaran yang penting.

Akhirnya saya pun berpikir cerdas agar Pelajaran TIK harus tetap diberikan kepada siswa-siswa saya yaitu kelas 1 dan 2 SD. Pelajaran TIK pun dimulai, saya mengajar TIK dengan 1 buah laptop saja untuk digunakan 30 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Ternyata cara seperti ini cukup efektif, karena saya bisa melatih sekaligus memantau langsungnya kemampuan siswa-siswa saya.

Tentu anak-anakpun merasa bangga disekolahnya anak-anak SD kelas 1 dan 2 sudah belajar komputer dengan menggunakan laptop dan mereka mengatakan bahwa belajar komputer itu sangat mengasyikan. Untuk siswa-siswa SD ada dua pembelajaran yang sangat mengasyikan yaitu pelajaran komputer dan pelajaran penjasorkes. Perlu diketahui kedua pelajaran itu saya yang mengajar.

Saya sesungguhnya bukan lulusan sarjana TIK melainkan lulusan sarjana Penjasorkes dan S2 sayapun juga bukan jurusan komputer melainkan jurusan Magister Administrasi Pendidikan. Lalu kenapa saya sekarang begerak dalam dunia IT dan Blog, itu semua karena sudah menjadi passion saya. Saya belajar otodidak tentang dunia blogger, website dan IT dan alhamdulillah kini setidaknya saya sudah cukup akrab dengan dunia ini. Maka saya katakan guru sekarang sangat beruntung bisa ikut pelatihan blog secara gratis sementara saya 7  tahun yang lalu binggung mau beajar kepada siapa.

Rafid Mumtaz sisswa sekolah akhlak

Foto : Salah satu siswa Sekolah AKhlak sedang Belajar Komputer Menggunakan Laptop

IMG_20140130_075600

Foto : Siswa Sekolah Akhla,sedang menikmati dengan asyiknya belajar TIK menggunakan Laptop

Memberikan Training dan Seminar bagi guru, pelajar dan mahasiswa karena jadi Guru Blogger

Sejak nama saya terkenal lewat google, selama lebih dari 1 tahun ini selain menjadi seorang guru, aktivis sosial bidang IT sayapun punya aktif sebagai seorang Trainer dan Motivator. Semua itu karena dampak dari aktivitas saya menjadi guru blogger, kini blog saya yang beralamat http://motivatorkreatif.wordpress.com telah menjadi blog motivator pendidikan no.1 di google.

Jika anda penasaran silahkan ketik di goole dengan kata kunci motivator pendidikan, motivator pelajar, motivator mahasiswa, trainer pendidikan, motivator pendidikan anak, maka google akan membawa anda pada blog saya diurutan pertama halaman google.

Sungguh beruntung rasanya menjadi guru yang cerdas menggunakan teknologi, jika anda mungkin mendapatkan keuntungan dari iklan diblog anda lewat pemasang iklan. Maka saya mendapatkan berkah (keuntungan) lewat poster-poster yang saya pasang diblog saya sendiri.

Jadi blog dan google telah mengantarkan saya untuk berbagi inspirasi bukan hanya dengan guru, juga bukan hanya pelatihan IT. Lewat blog kini orang mengenal saya sebagai motivator pendidikan, yang konsen pada bidang Public Speaking, Management Sekolah, Pelatihan Guru Inspiratif, Pengembangan diri dan lain sebagainya. Jadi kini mahasiswa dan pelajar adalah bagian dari orang-orang yang terus saya gugah untuk menjadi sosok inspiratif.

namin ab 7

nAMIN AB

 

Dari blog jadi buku “Saya Mau Jadi Guru GoBlog”

Menulis buku rasanya tidak pernah terbayang dalam kehidupan saya, walau cita-cita ini pernah terbesit hanya dalam kilatan saja dan itu berlalu begitu saja. Tapi kini kenyataan justru berbeda karena menjadi seorang guru sekaligus menjadi seorang blogger dan juga trainer sebuah buku tentang ngeblog akhirnya bisa saya terbitkan walaupun masih selfpublishing.

Buku “Saya Mau Jadi Guru GoBlog” sebenarnya saya buat karena kebutuhan sebagai seorang trainer dalam bidang pelatihan blog dan IT,  buku ini dibuat sebagai motivasi sekaligus panduan bagi para guru untuk bisa memanfaatkan Teknologi dan Internet untuk media pembelajaran. Buku “Saya Mau Jadi Guru GoBlog” kini menjadi keuntungan tersendiri bagi saya yaitu menjadi Personal Branding dan tentu juga untuk para peserta pelatihan.

Alhamdulillah saya bersyukur banyak kalangan menyambut baik dengan hadirnya buku “Saya Mau Jadi Guru GoBlog” ini, walau pernah ada buku yang serupa, namun buku ini lebih bergizi karena ada nilai motivasinya, begitu kata salah satu sahabat saya yang berkomentar dalam buku tersebut.

_MG_0416

Dari mahasiswa melek teknologi  sampai komunitas guru inspiratif

Untuk terus berbagi inspirasi saat ini saya juga terus melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah dengan mengajarkan model perkuliahn berbasis IT, yaitu dengan menungaskan mahasiswa untuk membedah buku, membuat silde ppt, menguploude slide ppt di slidshare.net, merekam aktivitas disuksi menggunakan handphone dan menguploudnya di youtube serta disuksi perkuliah lewat group yang dibuat di graouf  facebook.

Walaupun awalnya tidak mudah, karena mahasiswa hampir sama dengan sebagian besar guru yaitu masih gaptek. Tapi saya terus berusaha untuk melakukan gerakan ini, tentu dengan tujuan agar mahasiswa juga cerdas menggunakan teknologi dan internet.

Melalui fanspage facebook Komunitas Guru Inspiratif hampir setiap hari saya berbagi tulisan-tulisan yang saya posting diblog , dengan seperti maka apa yang saya tulis akan dirasakan manfaatnya oleh banyak guru.

Sebagai bagian dari mempermudah gerakan sayapun aktif sebagai Sekretaris Jendral Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN)  dan Sekretaris Jendral Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI).

???????????????????????????????

IMG_0339

Tentu apa yang saya tuliskan ini tidak ada apa-apanya degan guru-guru hebat yang lainnya. saya merasa harus terus belajar memperbaiki diri namun juga tidak berhenti untuk terus berbagi kepada guru-guru yang lainnya.

Semoga tulisan pengalaman saya tentang betapa bahagia dan mengasyikannya bisa menjadi seorang guru, sekaligus bisa berbagi sesama guru, bisa menginspirasi teman-teman yang lain. Terimakasih atas kesedian anda membaca tulisan yang cukup panjang ini.

Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

FB-KV-1

Comments (10)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar