2

“Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”. (+3)

wasridewi tambunan May 7, 2015

Topic: pengalaman belajar dan mengajar di luar kelas

BELAJAR LEBIH ASYIK DI LUAR RUANGAN
“kak wasri, ini namanya apa? Kok daunnya layu sendiri?”
“kak, anak laki-laki nangkepin bunglon tuh, padahal nggak boleh kan ya kak?
Celoteh anak-anak yang berada di sekelilingku hanya kutanggapi dengan senyuman dan dengan isyarat menyuruh mereka untuk bertanya satu persatu. Mengajar ternyata tidak harus dengan pakaian formal dan harus serta merta berdiri di depan kelas dengan rok atau celana bahan dengan kemeja yang membuat anak-anak semakin bosan dan mungkin takut dengan penampilan kita sebagai guru. Kegiatan belajar mengajar ternyata akan sangat menyenangkan bila berada di lingkungan yang berbeda dari biasanya. Kegiatan belajar mengajar di ruang terbuka seperti yang kami lakukan sekarang misalnya. Belajar di luar kelas atau di ruang terbuka justru akan sangat menyenangkan dan menambah semangat bagi anak-anak untuk belajar. Berikan mereka pengenalan akan betapa pentingnya menjaga lingkungan disamping belajar mata pelajaran utama hari itu. Berikan mereka ice breaking dengan kreasi yang mereka bisa di luar ruangan. Dulu belajar mungkin sangat identik dengan duduk rapi, diam , tenang di dalam kelas selama berjam-jam untuk mendengarkan penjelasan dari bapak/ibu guru mereka. Namun sejujurnya hanya sedikit anak yang akan tertarik dengan metode seperti itu. Bayangkan bila harus belajar di dalam ruangan pada saat jam 2 siang, siapapun akan merasa sangat mengantuk. Namun bila dilakukan diluar ruangan, maka akan beda ceritanya. Intinya adalah aktif dan bergerak. Anak-anak akan lebih aktif bila berada di luar ruangan, karena mereka bisa bergerak dengan bebas dan berekspresi dengan bebas.
Salah satu pengalaman belajar diluar kelas yang menarik adalah belajar di taman dengan banyak pohon di sekitarnya. Belajar di taman akan memberikan rasa nyaman kepada anak-anak sehingga mereka tidak akan cepat bosan. Banyak permainan yang dapat diciptakan untuk merangsang pikiran anak-anak lebih kreatif serta banyak hal-hal baru yang dapat dipelajari oleh anak-anak dari lingkungan yang secara langsung mereka dapat saksikan.
Akan ada banyak pertanyaan yang akan terlontar dari mulut anak-anak bila mereka menemukan hal-hal baru, namun bukankah hal yang sangat menyenangkan bagi seorang pengajar bisa menjawab pertanyaan yang terlontar dari anak didiknya?.mencoba memberikan anak-anak pandangan yang terbuka tentang dunia yang akan mereka jalani adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan. “ yang daunnya layu ketika kita sentuh itu namanya putri malu. Dia seperti itu kenapa hayo???”
“itu untuk melindungi diri kan kak?”
Dengan cara seperti itu kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan sebagai seorang pengajar. Tidak perlu berbusa-busa mengajarkan pelajaran, namun berikan mereka contoh yang nyata yang dapat mereka lihat atau bahkan mereka sentuh.

Selain bisa berekspresi dengan baik, belajar di luar kelas juga akan membuat anak-anak lebih banyak berinteraksi satu dengan yang lain yang akan membuat mereka bersosialisasi. Bukankah belajar akan sangat menyenangkan bila bersama-sama dengan teman-teman. selain itu akan sangat menyenangkan bila anak-anak bisa mengerti bahwa tidak selamanya kotor itu adalah hal yang tidak baik.
Belajar tidak serta merta hanya dari buku panduan yang tebal atau buku cetak, namun lebih dari itu, belajar justru lebih menyenangkan bila anak-anak mengalami sendiri apa yang akan mereka pelajari. Dari sana justru mereka akan mencari di buku cetak apa yang tidak mereka dapatkan hari itu. Bukan karena terpaksa, tapi karena mereka ingin tahu lebih banyak tentang apa yang mereka temukan.
Ternyata belajar di luar ruang kelas juga merupakan suatu pengalaman yang sangat menyenangkan. Ada banyak hal yang akan dapat kita pelakjari selain palajaran dari buku cetak.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar