0

ARTI PENTING DEMOKRASI DI INDONESIA (0)

Rusmana January 31, 2021

ARTI PENTING DEMOKRASI DI INDONESIA
Ditulis pada November 2020
Rusmana, Januari 2021
Indonesia merupakan Negara Demokrasi sejak awal berdirinya tanggal 17 Agustus 1945. Dalam proses kerjanya, presiden bertanggung jawab kepada MPR. MPR merupakan badan yang dipilih oleh rakyat. Dalam hal itu berarti, pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat karena pemimpinnya dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu. Pada tahun 1956, diadakan pemilu untuk pertama kali di Indonesia. Demokrasi ini yaitu Demokrasi Pancasila. Setelah usai Demokrasi Pancasila ini, dilanjutkan oleh masa pemerintahan Soeharto yang menyelaraskan Demokrasi yang pertama. Dan dilanjutkan Demokrasi yang kedua pada tahun 2004.
Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dilandasi oleh konsep berpikir dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dalam menjalankan pemerintahan, pemerintah dikontrol dan diawasi oleh rakyat melalui undang-undang yang dibuat oleh wakil-wakilnya di parlemen. Sistem demokrasi juga mengenal sebuah konsep yang bernama “trias politika”. Dimana dalam sebuah sistem pemerintahan demokrasi terdapat 3 pemisah kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
Demokrasi Pancasila, Merupakan demokrasi yang ada di Indonesia bersumberkan pada nilai-nilai sosial budaya bangsa serta berazaskan musyawarah mufakat dengan memprioritaskan kepentingan seluruh masyarakat atau warga negara. Demokrasi pancasila fokus pada kepentingan dan aspirasi serta hati nurani rakyat. Sampai saat ini Indonesia menganut demokrasi pancasila yang bersumber pada falsafah pancasila.
Indonesia telah mengalami perubahan sistem demokrasi dari Demokrasi Liberal hingga Demokrasi Pancasila. Indonesia mengalami banyak perubahan Sistem Demokrasi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena banyaknya kekurangan – kekurangan yang ada pada sistem demokrasi sebelumya. Sehingga, bangsa Indonesia mencoba untuk memperbaiki kekurangan tersebut dengan beralih ke sistem demokrasi yang lain. Indonesia memilih Demokrasi Pancasila, karena Demokrasi pancasila melibatkan rakyat secara langsung dalam sistem pelaksanaanya. Selain itu, Demokrasi Pancasila juga bersumber dari nilai dan kepribadian bangsa sendiri yang sudah melekat dengan jati diri Bangsa Indonesia.
Sebagai bangsa demokratis, negara harus mengakomodasi aspirasi atau suara rakyat (khususnya kaum minoritas) karena dalam sistem demokrasi rakyat memegang kekuasaan penuh atas pemerintahan yang dijamin secara konstitusional.
Musyawarah untuk mencapai mufakat yang merupakan prinsip utama demokrasi juga harus dilakukan secara bertanggung-jawab karena dengan cara inilah rakyat dapat menentukan harapan bersama dengan tetap menjaga harmoni dan stabilitas sosial-politik.
Semoga bermanfaat, terimakasih…

DEMOKRASI PANCASILA DI INDONESIA
Ditulis pada November 2020
Rusmana, Januari 2021
Demokrasi Pancasila, Merupakan demokrasi yang ada di Indonesia bersumberkan pada nilai-nilai sosial budaya bangsa serta berazaskan musyawarah mufakat dengan memprioritaskan kepentingan seluruh masyarakat atau warga negara. Demokrasi pancasila fokus pada kepentingan dan aspirasi serta hati nurani rakyat. Sampai saat ini Indonesia menganut demokrasi pancasila yang bersumber pada falsafah pancasila.
Prinsip demokrasi Pancasila antara lain:
1.Hak asasi manusia setiap warga negara dilindungi.
2.Semua pengambilan keputusan harus didasarkan pada musyawarah.
3.Pemilihan umum yang kompetitif dan adil.
4.Apa yang menjadi cita-cita nasional dan tujuan negara Indonesia harus didukung dan dilaksanakan.
5.Hadirnya partai politik atau organisasi sosial politik adalah untuk menampung berbagai aspirasi rakyat.
6.Rakyat adalah yang menentukan kedaulatan negara ini dan kedaulatan negara harus terlaksana sesuai dengan UUD1945 yang tertuang pada pasal 1 ayat 2.
7.Pelaksanaan kedaulatan rakyat sifatnya bebas dan bertanggung jawab.
8.Dalam menjalankan sistem pemerintahan Indonesia, maka negara harus menjalankannya sesuai aturan hukum yang tertuang dalam UUD 1945, bukan hanya dilaksanakan sesuai dengan kekuasaan yang berlaku.
9.Kekuasaan paling tinggi semuanya ada di tangan rakyat dan tidak boleh ada yang mengganggunya, sekalipun itu pemerintahan tertinggi negara ini.
10.Negara menggunakan sistem konstitusi dalam menjalankan pemerintahannya dan tidak boleh ada absolutisme. Absolutisme adalah prinsip atau pelaksanaan kekuasaan penuh dan tidak terbatas dalam pemerintahan.

Ciri Ciri Demokrasi Pancasila
1.Sistem pemerintah yang dilaksanakan sesuai UUD 1945 sebagai konstitusi negara ini.
2.Terdapat pemilihan umum secara konsisten dan berkesinambungan.
3.Semua warga negara mempunyai hak asasi manusia yang dihormati secara hukum.
4.Adanya perlindungan untuk hak orang-orang yang masuk golongan minoritas.
5.Semua pemecahan masalah atau pengambilan keputusan, perlu didasarkan dengan musyawarah yang mufakat.
6.Solusi atau gagasan pemecahan masalah tidak berasal dari sumber suara terbanyak, namun gagasan yang dirasa paling baik.
Asas-asas Demokrasi Pancasila
Asas merupakan prinsip dasar yang menjadi acuan dalam mengambil suatu keputusan penting. Untuk memenuhi tujuan penting ini Demokrasi Pancasila menerapkan asas:
1.Asas Kerakyatan, merupakan asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat, serta memiliki jiwa kerakyatan, baik nasib maupun cita-cita. Pada asas kerakyatan, intinya adalah demokrasi pancasila ini memiliki dasar rasa cinta dan padu dengan rakyat, supaya tercipta cita-citanya yang satu.
2.Asas musyawarah, ialah asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat melalui forum permusyawaratan. Hal tersebut untuk menyatukan pendapat serta mencapai kesepatakan bersama atas kasih sayang, pengorbanan serta kebahagiaan bersama.
3.Asas Penjaminan Hak Asasi Manusia (HAM),demokrasi Pancasila sangat menjunjung tinggi HAM. Setiap warga negara dijamin semua HAM-nya dan tidak dibeda-bedakan atas status sosialnya.
Tujuan Demokrasi Pancasila antara lain:
1.Agar pemerintah bisa tahu bagaimana proses pengambilan keputusan ketika menyelesaikan permasalahan dengan konsep demokrasi.
2.Semua tatanan pemerintahan di Indonesia berjalan sesuai falsafah negara ini.
3.Menjamin pemerintah Indonesia bertanggung jawab sepenuhnya kepada tugasnya kepada rakyat.
4.Sistem konstituisonal di negara ini bisa dipatuhi dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.
5.Membuat semua warga negara Indonesia turut berpartisipasi dalam kehidupan negara dan mau melaksanakan pemilu dengan menggunakan hak suaranya.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar