0

Aplikasi Meeting untuk Pembelajaran Online (0)

Anotherorion March 21, 2022

Dengan adanya pandemi covid 19, para guru dan siswa terpaksa melakukan pembelajaran online. Para siswa belajar dari rumah, begitupun bapak dan ibu guru yang mengajar menggunakan perangkat digital dari rumah atau sekolah.

Selain menggunakan learning management system atau e-learning terkadang proses pembelajaran dilakukan dengan bantuan aplikasi meeting online.

Aplikasi meeting online ini sangat bermanfaat guna memantau kondisi belajar siswa, melakukan interaksi realtime antara guru dan siswa, memberikan dukungan pada siswa serta agar siswa dapat berkomunikasi dengan teman sekelasnya supaya tidak terlalu jenuh dengan pembelajaran online melalui platform e-learning.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi meeting online yang bisa bapak dan ibu guru gunakan untuk mensupport pembelajaran siswa selama di rumah.

Aplikasi Meeting Untuk Belajar Online

Zoom

Zoom Cloud Meetings adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Zoom Video Communications dan telah berumur 10 tahun. Sejak dikembangkan pada tahun 2012, Zoom telah menjadi idaman berbagai praktisi industri untuk mengadakan rapat internal, meeting client, maupun untuk melakukan press conference secara maya.

Sejak pandemi Covid 19, platform Zoom menjadi sangat diminati oleh masyarakat, utamanya sebagai media pembelajaran online bagi guru dan siswa untuk berinteraksi secara realtime.

Pengguna Zoom dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis guna melakukan sesi video meeting dengan durasi 40 menit dan jumlah peserta maksimal 100 orang.

Untuk keperluan yang lebih tinggi, baik durasi maupun jumlah peserta, pengguna harus berlangganan fitur Zoom Premium.

Google Meet

Aplikasi kedua yang tidak kalah populer dari Zoom adalah Google Meet, dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa software video call ini dibuat oleh Google Inc.

Google Meet sendiri merupakan pengembangan dari fitur video call terintegrasi dalam gmail yang sebelumnya dikenal sebagai Google Hangouts.

Menariknya, karena aplikasi ini merupakan buatan Google sehingga memudahkannya terintegrasi dengan berbagai layanan Google seperti Google Classroom, Google Docs, Google Scholar, Chrome Browser dan lain sebagainya

Microsoft Teams

Microsoft Teams dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada tahun 2017, merupakan kompetitor terhadap Google Meets yang juga diluncurkan pada tahun yang sama.

Sama seperti Google Meets, Microsoft Teams memiliki keunggulan karena sudah terintegrasi dengan berbagai layanan unggulan Microsoft, seperti Microsoft Office maupun Office 365. Dengan dukungan dari tim support Microsoft, produk ini layak dipertimbangkan bapak dan ibu untuk live interaction dengan siswa selama masa pandemi.

Jitsi Meet

Nama Jitsi Meet mungkin banyak yang belum mengenal. Hal ini dikarenakan aplikasi besutan perusahaan 8×8 ini memang kalah dengan tiga nama besar live meeting application sebelumnya.

Meski demikian, Jitsi memiliki keunggulan yang tidak bisa disepelekan. Dibangun dengan konsep open source software, membuat aplikasi ini memiliki dukungan dari para programmer di seluruh dunia untuk membantu pengembangan software.

Hal yang tidak kalah menarik, aplikasi ini bersifat gratis dengan jumlah peserta meeting yang dapat bergabung tidak dibatasi seperti aplikasi lainnya.

Skype

Pada awalnya, Skype merupakan aplikasi iP phone caller yang dikembangkan pada tahun 2003. Platform ini merupakan pesaing dari Yahoo Messenger yang sempat merajai dunia chat dan Voice over Internet Protocol.

Berbeda dengan Yahoo Messenger yang sekarang sudah sangat jarang digunakan, Skype justru mampu berevolusi di dunia digital dan mampu terus hadir di era smartphone ini. Saat ini Skype telah diakuisisi Microsoft dan bisa digunakan untuk melakukan virtual meeting baik oleh kalangan industri maupun dunia pendidikan.

Blue Jeans

Blue Jeans adalah aplikasi selanjutnya yang bisa bapak dan ibu guru gunakan untuk melaksanakan pembelajaran realtime dengan siswa. Dibuat oleh Verizon yang berpusat di California, Blue Jeans menawarkan biaya berlangganan dengan masa trial 14 hari.

Sayangnya, konsep langganan seperti ini mungkin kurang diminati oleh masyarakat Indonesia, terlebih dengan berbagai varian aplikasi lain yang memberikan layanan sama.

Cisco Webex

Sebagai salah satu pemain kuat di dunia networking, Cisco memiliki banyak solusi untuk kebutuhan infrastruktur jaringan maupun pendidikan. Misalnya ada Cisco Packet Tracer yang menjadi salah satu standar pembelajaran di Jurusan TKJ SMK, maupun sertifikasi Cisco CCNA, CCNP dll yang sangat bermanfaat untuk para pekerja profesional di dunia computer network.

Cisco juga memiliki aplikasi meeting conference call yang bernama Webex. Meski sama seperti Skype, yang tidak dikembangkan oleh induk perusahaan pada awal masa pembuatannya. Webex diakuisisi Cisco pada tahun 2007 setelah 12 tahun memberikan layanan meeting online.

Di Webex ini, bapak ibu guru bisa memanfaatkan fitur pooling guna melakukan interaksi tanya jawab yang terekam dalam aplikasi Webex.

Nah itulah 7 aplikasi meeting online yang bisa bapak ibu gunakan untuk membantu pembelajaran maya selama pandemi. Semoga bermanfaat.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar