1

Apel Virtual Al Qudwah. Menyelami Hikmah dari Musibah (0)

Supadilah S.Si March 9, 2021

Apel Virtual Al Qudwah: Menyelami Hikmah Dari Musibah Untuk menumbuhkan kesiapan guru Al Qudwah dalam dan menjalankan aktivitasnya, Yayasan Islam Qudwatul Ummah menggelar apel virtual.

Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai bagian pembinaan diri guru-guru Al Qudwah. Bukan itu saja, apel ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman guru Al Qudwah terhadap kehidupan.

Menilik ke belakang sebelum, apel dilakukan di waktu yang lebih pagi daripada kegiatan belajar mengajar (KBM).

Jika KBM dilakukan pukul 07.00 WIB, apel dilaksanakan pukul 06.00 WIB. Nah, selama masa pandemi, apel dilakukan secara virtual lewat zoom meeting.

Apel virtual bulan ini diadakan pada Senin, 8 Maret 2021. Mengambil tema Menyelami Hikmah Dari Musibah, kegiatan ini diisi oleh KH. Samson Rahman, MA dan KH. A’la Rotbi, LC.

Ustadz Samson mengatakan seorang Mukmin harus memiliki sikap yang tepat dalam menyikapi masalah. “Ujian atau musibah yang tidak disikapi dengan benar, malah akan menimbulkan masalah-masalah baru. Musibah itu meningkatkan daya tahan kita untuk menghadapi ujian selanjutnya,” ujarnya.

Ustadz Samson Rahman juga mengingatkan bawah orang berima pasti akan diuji. Sebagaimana dalam surat Al Ankabut ayat 2, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?”

Maka, setiap kita pasti akan diuji dengan banyak hal, termasuk ujian berupa musibah.Sementara itu, Ustadz A’la Rotbi, LC sekaligus pimpinan yayasan Qudwatul Ummah mengatakan ada 4 hal yang diperhatikan dalam mengambil hikmah dari musibah.

”Perhatikan etika kita saat menerima musibah bahwa sikap kita harus dibingkai dengan keimanan kepada Allah. Lalu bersabar, tawakkal, dan berdoa kepada Allah agar diperlihatkan hikmah apa yang di dapat dari musibah,”

Ada tiga kesabaran yang harus kita miliki yaitu sabar mendapatkan musibah, sabar saat mengelola nikmat, dan sabar mengikuti syariah.

“Menjalankan aturan-aturan syariat juga membutuhkan kesabaran karena butuh energi untuk melaksanakannya. Kalau tidak sabar membuat manusia jadi ingkar,” ungkapnya.

dalam hidup manusia memang selalu banyak musibah yang dihadapi. musibah yang kecil sedang maupun musibah yang berat rasanya. manusia tentu tidak bisa menolak musibah itu yang bisa dilakukan adalah mengubah sikap dalam menghadapi musibah itu.

kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru. Banyak nasehat serta ilmu yang didapat. Semakin bertambah pengetahuan guru dari sebelumnya. meskipun sebelumnya sudah merasa mendapatkan ilmu serupa tapi setelah mengikuti kegiatan ini saya akan mendapatkan ilmu baru.

banyak ilmu yang disampaikan dalam lebih dari itu namun saya tidak bisa menuliskannya dengan lengkap isi lebih dari itu jauh lebih sempurna dari catatan kecil saya ini.

Semoga dengan kegiatan ini guru-guru dapat semakin meningkatkan kualitas dirinya sehingga dapat menjalankan aktivitasnya dengan lebih baik lagi.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar