7

APAKAH EVALUASI TELAH USAI? (+2)

Tri GP : @gurukimiaasyik December 16, 2013

SORRY I AM GALAU

Alhamdulilah ya Allah, “Evaluasi telah selesai” dilaksanakan di Sekolah. Tugas terakhir guru memeriksa/mengkoreksi jawaban siswa dan ternyata ada lagi siswa yang remedial. Yang menjadi pertanyaan saya, yang merupakan uneg-uneg dari pengalaman di sekolah?

  1. Apakah evaluasi ini telah selesai? Atau tidak akan pernah selesai?
  2. Apakah siswa sekarang harus wajib memenuhi KKM? Kalau tidak bagaimana?
  3. Dan apakah siswa yang tidak memenuhi KKM, nilainya harus dibuat tinggi lebih dari KKM? (dipaksakan.com)
  4. Apakah KKM ini sumber masalah siswa sudah tidak mau belajar lagi?
  5. Apakah KKM di sekolah lain emang harus tinggi-tinggi, padahal banyak siswa masih belum mampu untuk KKM >= 70 atau 75 untuk pelajaran Kimia?
  6. Oh KKM oh KKM, Mengapa KKM di sekolah dipaksakan harus tinggi?
  7. Apakah dengan KKM yang tinggi, SDM siswa kita tinggi juga?
  8. Apakah KKM tinggi membuat sekolah itu menjadi bagus SDM nya?

Adakah yang bisa menjawabnya?????

 Semoga Menjadi Renungan Kita Guru

“Apakah Evaluasi yang kita lakukan telah usai?”

 Untuk yang Remedial ini Link : SOAL EBSG KELAS X, XI, dan XII dapat dilihat dan diunduh di bawah ini:

  1. Kelas X (Link 1 atau Link 2)
  2. Kelas XI (Link 1 atau Link 2)
  3. Kelas XII (Link 1 atau Link 2)

 

Aamiin  🙂

Salam Blogger : Kimia SMK Asyik

Tri GPS

About Author

Tri GP : @gurukimiaasyik

BANGKINANG, RIAU, Indonesia. Saya Tri GP lahir pada tanggal 18 Agustus 1974 di Pematang Siantar, Medan. Seorang guru biasa yang memiliki motivasi untuk berbagi dengan sesama, mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, dan berbakti kepada orang tua. Passionnya adalah menulis, berkarya dan mengembangkan IT untuk Pembelajaran. Saya adalah guru kimia dan komputer, Trainer, Motivator, dan Narasumber/Instruktur terkait pemanfaatan IT untuk pembelajaran. Saya sangat giat mendorong Guru-guru agar Belajar IT dan aktif sharing/berbagi seputar pendidikan baik di website: guraru.org, kompasiana.com, web & blog pribadi: trigpss.com ; maupun media sosial. HP: 085271629875 e-mail: [email protected] PENDIDIKAN : SD NO. 104248 LUBUK PAKAM ; SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; S1 IKIP MEDAN ; S2 UPI BANDUNG

View all posts by Tri GP : @gurukimiaasyik →

Comments (7)

  1. Ehmm … dalam sharing Guraru bayak yang setuju bahwa siswa kita itu semua cerdas, tinggal cara kita memfasilitasi dan melayaninya. Pendidikan sendiri terjadi sejak janin, di rumah, kemudian dibantu di sekolah. Dengan layanan yang serba canggih, mahal, membuatnya juga perlu belajar, perlu waktu, dll, apakah kecerdasan anak tak dapat dibuka? Kalau KKM terlalu tinggi dan banyak anak nilainya di bawah KKM, berarti kecerdasan mereka belum bisa terbuka dengan layanan yang mahal. Bahkan banyak guru dan orang tua/wali anak yang mengeluh, hampir setiap UH hampir sekelas remidi. Remidi adalah Remedial Teaching. Namun banyak yang mengatakan kalau anak langsung di tes, dan tes banyak yang tak sesuai dengan bagian konsep yang anak tak mampu menjawab, hehehe.
    Saya ganti bertanya ya pak, nih kasus kan? Anak kita sebenarnya tak cerdas ya? Pertanyaa saya tak hanya yang terakhir, namun seluruh pertanyaan bapak, menjadi pertanyaan ulang setelah kasus umum yang saya uraikan di atas.
    Semua ini harus kita pikirkan, cari solusi, dan share solusi, kita laksanakan bersama. Insya Allah Guraru bisa. Maaf saya agak lama tak sharing karena masalah ini juga, jam terbang saya menjadi padat, baik melalui dunia maya maupun langsung, dengan siswa, guru, dan masyarakat. Terima kasih, sharig bapak amat urgent. Salam perjuangan.

  2. Terimakasih pak Tri Goesema Putra atas sharingnya. Teman-teman guru tidak perlu galau karena evaluasi merupakan salah satu kewajiban dan tugas guru. he..he…he…

    Laksanakan program remedial dan pengayaan. Jika anak-anak banyak yang belum tuntas dicari akar permasalahannya dimana, kalau perlu dibuat pengukuran, dan selanjutnya diperbaiki.

    Salam perjuangan,

  3. Pak Tri, yang bapak curhatkan itu terjadi di mana-mana, di kota juga. Saya masih melayani anak kota, UH sekelas yang tidak remidi kadang 3 anak, hehehe. Saya sendiri masih terus ikut mendampingi bangsa. Insya Allah sharing inipun bermanfaat. Salam super.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar